Berkenalan dengan Aktris Muda Hanggini Purinda Retto, Pemeran Ann dalam Film Geez & Ann

Hanggini Purinda Retto alias JeHa (Jeng Hanggini), telah dikenal sebagai aktris muda berbakat Tanah Air. Sejak awal kemunculannya di tahun 2007, pesona kecantikannya telah menarik perhatian pemirsa pertelevisian Indonesia.

Dara muda kelahiran Jakarta, 21 September 1999 ini memulai kariernya sebagai koki cilik di acara Koki Cilik (2007). Hingga kini, ia telah bertransformasi menjadi aktris, penyanyi, dan YouTuber tenar yang dicintai para penggemar. 

Putri tunggal dari Retto Samento dan Trinil Moerby ini juga telah merambah dunia tarik suara lewat single bertajuk Lebih Darinya (2018). Di bawah agency yang bernama FS Management, wanita yang memiliki hobi fotografi ini terus berkarier sebagai bintang muda yang kian bersinar.

Baca Juga: Menilik Karier Shenina Cinnamon, Pacar Angga Yunanda

Mantan Pemandu Acara Cilik

View this post on Instagram

A post shared by JeHa (@hanggini)

Hanggini Purinda Retto pernah muncul dalam acara televisi yakni Koki Cilik pada tahun 2007 hingga 2011 lalu. Awalnya, JeHa kecil mengikuti ajang pencarian bakat tersebut sewaktu ia masih berumur 12 tahun.

Dalam ajang tersebut, Hanggini Purinda Retto berhasil menarik perhatian masyarakat. Bukan hanya karena skill memasaknya yang terbilang jago. Ia juga rupanya berbakat sebagai pembawa acara. 

Sebagai host cilik, ketika itu JeHa ditemani oleh aktris Prilly Latuconsina. Berkat keakraban keduanya, JeHa dan Prilly bahkan sempat membentuk sebuah band format duo yang bernama Duo Jelly.

Ketika itu, Duo Jelly sempat menelurkan sebuah single bertajuk Batu di tahun 2013. Adapun selain Koki Cilik, almamater Homeschooling Kak Seto ini juga hadir dalam Opera Anak di tahun 2010.

Aktif Bermain Sinetron di Layar Kaca

Kebolehan JeHa dalam berakting di depan kamera sudah tak perlu diragukan lagi. Terbukti, sekian judul FTV dan sinetron telah berhasil ia bintangi. 

Pada tahun 2012, JeHa membintangi sebuah film televisi berjudul Cinta Monyet di Kantin Sekolah. Dalam FTV tersebut, ia berperan sebagai Laras. 

Kemudian di tahun 2012, ia bermain dalam sinetron Badil dan Blangkon Ajaib sebagai Peri Sakura. Pada tahun yang sama, ia juga melakoni Garuda Impian (sebagai Aura) dan Putih Abu-Abu (perankan tokoh Cherry).

Sebagai bintang muda, nama Hanggini pun jadi semakin melejit hingga dikenal masyarakat luas. Memasuki tahun 2013, JeHa sukses memerankan karakter Hartati dalam Tukang Bubur Naik Haji The Series. Ia pun membintangi sinetron beken tersebut hingga tahun 2016.

Adapun di tahun 2014, JeHa bermain untuk empat judul sinetron. Selain melakoni Menari Bersamaku, ia juga bermain dalam Bintang di Langit. Kemudian ia memerankan tokoh Flora dalam Bastian Steel Bukan Cowok Biasa. Sementara dalam Bidadari Takut Jatuh Cinta, JeHa berakting sebagai Raisa. 

Memasuki Ranah Film Layar Lebar

View this post on Instagram

A post shared by JeHa (@hanggini)

Film perdana yang dibintangi Hanggini Purinda Retto ialah Matchalatte 2. Dalam film pendek garapan Gritte Agatha Production tersebut, JeHa berperan sebagai Kara.

Beranjak ke tahun 2021, ia membintangi Geez & Ann yang diproduksi MVP Pictures. Dalam film tersebut, JeHa memerankan tokoh bernama Keana Amanda (Ann). Film inilah yang kian melambungkan namanya.

Masih di tahun yang sama, JeHa juga turut melakoni Pesan di Balik Awan. Aktingnya yang apik sebagai Kirana pun sukses menarik perhatian publik. Sedangkan di tahun 2022 ini, JeHa akan memerankan tokoh bernama Malika Elleana (Kika) dalam film Cek Ombak (Melulu).

Membintangi Web Series

Di tahun 2021, Hanggini kembali menampilkan kebolehannya berakting. Ia diketahui bermain dalam serial web berjudul Ustad Milenial. 

Dalam web series yang diproduksi IM-A-GIN-E tersebut, ia memerankan tokoh bernama Aisyah. Ustad Milenial sendiri ditayangkan di saluran iflix dan WeTV.

Menurut jadwalnya, Hanggini akan bermain dalam My Comic Boyfriend. Serial web ini akan tayang di Vision+ dalam waktu dekat.

Baca Juga: Sukses di Usia Belia, Kisah Perjalanan Prilly Latuconsina Bisa Jadi Inspirasi

Masuk Nominasi Penghargaan Prestisius

View this post on Instagram

A post shared by JeHa (@hanggini)

Di sepanjang kariernya, nama JeHa telah masuk nominasi Pasangan Terbaik dalam Indonesian Movie Actors Awards 2021. Nominasi tersebut diraih JeHa bersama Junior Roberts.

Keduanya juga kembali menjadi nominator kategori Pasangan Terfavorit dalam ajang yang sama. JeHa dan Junior Roberts masuk nominasi lantaran akting keduanya dalam film romantic drama berjudul Geez & Ann. 

Diketahui, film yang tayang di Netflix pada tanggal 25 Februari 2021 ini diangkat dari novel karya Nadhifa Allya Tsana. Geez & Ann yang turut menampilkan bintang muda lainnya, Shenina Cinnamon. 

Selain itu, film yang diproduseri oleh Raam Punjabi ini juga menghadirkan sejumlah bintang senior Indonesia, seperti Ersa Mayori, Dewi Rezer, hingga Indra Brasco. 

Aktif Sebagai Beauty Vlogger

Seiring berjalannya waktu, wajah cantik Hanggini semakin jarang terlihat di televisi. Memiliki kesibukan lain, rupanya Hanggini senang mengeksplor makeup dan menjadi beauty vlogger.

Di kanal YouTube yang bernama Hanggini P. Retto, JeHa sering mengunggah beragam konten seputar kecantikan. Salah satunya berkenaan dengan riasan dan perawatan wajah.

Poninya yang khas kini sudah tak lagi menutupi keningnya. Gaya rambut dan penampilannya pun tampak semakin dewasa. 

Seringkali, JeHa membagikan tips merias wajah sesuai tren yang tengah hits. Salah satunya seperti tampilan yang dewy hingga look yang bernuansa peachy atau kawaii.

Merambah Dunia Tarik Suara

View this post on Instagram

A post shared by JeHa (@hanggini)

Memasuki tahun 2018, Hanggini merilis sebuah single manis berjudul Lebih Darinya. Dengan warna suara emasnya yang ringan nan lembut, Hanggini sukses membawakan lagu perdananya dalam alunan Pop dengan nuansa orchestra yang indah.

Menggandeng musisi talenta Dimas Wibisana, Hanggini menawarkan karya berkualitas yang turut meramaikan belantika musik Indonesia. Dimas Wibisana tak hanya berperan sebagai salah satu pencipta, tapi juga merangkap sebagai arranger dan produser musiknya.

Terlebih, Hanggini juga ikut berperan dalam proses penciptaan lagu tersebut. Diketahui, lagu Lebih Darinya diciptakan oleh Dimas Wibisana, Bianca Nelwan, dan juga Hanggini. 

Dari Cinlok Hingga Viral Diselingkuhi

Beberapa waktu lalu, nama Hanggini sempat menjadi trending topic di Twitter. Pasalnya, jalinan cinta antara dirinya dan Junior Roberts dikabarkan putus di tengah jalan.

Yang lebih pahit lagi, dara cantik ini mengaku dirinya telah menjadi korban perselingkuhan sang kekasih. Sebelumnya, JeHa dan Junior Roberts terlibat cinta lokasi setelah keduanya menjadi lawan main dalam film Geez & Ann.

Namun rupanya kisah cinta mereka tak bisa dipertahankan. JeHa yang merasa sudah lelah secara emosional tersebut lantas memilih untuk mundur.

Cuitan JeHa kala itu praktis menarik perhatian dan simpati netizen seantero Nusantara. Tak jarang, banyak yang menyayangkan tindakan tak adil Junior. Banyak juga dukungan moril dari para netizen yang bersimpati kepada Jeng Hanggini.

Adapun berdasarkan berbagai isu yang beredar, nama Rebecca Klopper tercuat ke permukaan. Banyak yang menduga nama tersebut ialah penyebab keretakan hubungan yang telah dijalani oleh JeHa dan Junior Roberts. 

Diduga, Junior Roberts dan Rebecca Klopper mulai dekat sewaktu kerjasama dalam sebuah series, Moza dan Chiko. Menurut pemberitaan berbagai media, Junior diduga telah menjalin kasih dengan Rebecca sejak Agustus 2021. 

Sementara JeHa memutuskan hubungannya dengan Junior pada November 2021. Tepatnya satu hari setelah kekasihnya itu berulang tahun. Yang menggegerkan, JeHa mempunyai barang bukti berupa video Junior dan Rebecca yang sedang berciuman.

JeHa tegas harus memutuskan Junior, lantaran disebut-sebut mantan kekasihnya itu berhubungan terlalu intim dengan selingkuhannya di tempat umum. Tak pelak, kehebohan ini pun menjadi santapan massa dan menarik perhatian jagat internet Indonesia.

Sering Disebut Mirip Aktris Senior

View this post on Instagram

A post shared by JeHa (@hanggini)

JeHa memang diberkahi dengan paras yang cute dan menawan. Tak jarang, wajahnya yang cantik itu kerap disebut mirip dengan dua orang aktris kawakan. 

Mereka ialah Ersa Mayori hingga Cut Tari. Keduanya dikenal sebagai bintang yang berada di puncak pamornya pada tahun 90-an. Alhasil, JeHa pun semakin dikenal luas oleh banyak orang dari lapisan umur.

Dalam salah satu film yang dibintanginya, Hanggini dan Ersa Mayori pun akhirnya berkesempatan beradu akting dan tampil dalam satu frame. 

Makin terkenal, hingga kini, akun Instagram @hanggini telah diikuti oleh lebih dari 2 juta followers. Sementara itu, channel YouTube miliknya memiliki sekitar 800 subscribers. 

Sukses terus untuk Hanggini Purinda Retto alias JeHa. Semoga kariernya semakin bersinar dan diberikan jodoh terbaik yang setia di waktu yang lebih tepat. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Alyssa Daguise, Selebriti Cantik Calon Istri Al Ghazali