Hanya Punya Modal 5 Juta, Dirikan Usaha Ini Saja!

Berniat untuk memulai sebuah usaha demi mendapatkan penghasilan tambahan, Anda tentu berpikir keras untuk menemukan jenis usaha yang paling tepat dan bisa menghasilkan. Ketatnya persaingan yang ada, menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan sejak awal, sebab jika salah memilih sebuah usaha maka bisa saja Anda tidak mengalami perkembangan ketika menjalankannya. Sebagian besar orang akan memilih untuk memikirkan hal ini sejak awal, sebagai bentuk antisipasi dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis di depan nanti.

Di lain sisi, jumlah modal yang Anda miliki tentu wajib mendapatkan perhatian juga, mengingat hal ini juga akan menentukan jenis usaha apa yang bisa Anda jalankan dengan sejumlah modal yang Anda miliki sekarang. Modal seringkali menjadi kendala bagi banyak orang untuk bisa berkembang, terutama bagi mereka yang baru akan terjun ke dunia bisnis untuk pertama kalinya.

Hal ini cukup banyak membuat orang mengurungkan niat untuk menjalankan usahanya, hanya karena alasan minimnya modal usaha yang mereka miliki saat ini. Lalu bagaimana dengan Anda, siapkan Anda memulai usaha dengan sejumlah modal yang terbatas?

Sebenarnya ada banyak jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal usaha yang terbatas, bahkan meski hanya sebesar Rp 5 juta saja. Anda tetap bisa memilih berbagai jenis usaha yang Anda anggap memiliki peluang yang bagus ke depannya, apalagi jika ternyata Anda memiliki kemampuan yang baik dalam membidik pasar, maka kemungkinan usaha tersebut untuk berkembang akan semakin besar. Simak beberapa ide usaha di bawah ini, yang bisa dijalankan dengan mengandalkan modal Rp 5 jutaan saja:

1. Membuka Counter Pulsa

loader

Counter Pulsa via blogspot.com

 

Jika Anda tinggal di wilayah yang cukup padat penduduknya atau bahkan di sekitar kampus dan sekolah yang selalu ramai, maka usaha ini akan sangat tepat untuk Anda jalankan di rumah. Namun meskipun lokasi rumah Anda tidak begitu strategis, Anda masih bisa menyiasatinya dengan menyewa sebuah kios kecil di area yang Anda anggap tepat untuk menjalankannya.

Kebutuhan orang akan pulsa seolah tidak pernah berhenti, semua orang akan selalu mencari dan membelinya, dan inilah peluang bisnis Anda untuk mendatangkan keuntungan yang besar. Bisnis dengan modal Rp5 jutaan ini bisa Anda jalankan dengan bekerja sama dengan agen pulsa terpercaya dan memiliki penawaran harga yang cukup baik, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis tersebut.

Selain menjual pulsa, Anda juga bisa menyediakan berbagai macam kartu perdana di counter tersebut, sebab ini juga menjadi produk yang banyak dicari oleh pembeli, terutama kartu perdana yang khusus berisi kuota internet.

2. Membuka Salon Kecil-kecilan

Tidak perlu dalam skala besar sebagaimana sebuah salon modern yang memiliki sejumlah peralatan yang canggih, Anda bisa memulai usaha ini dalam skala kecil dengan modal Rp 5 jutaan yang Anda miliki. Di sini Anda akan membutuhkan keahlian untuk memotong rambut dan melakukan perawatan lainnya, seperti: melakukan creambath, luluran, dan yang lainnya. Namun jika ternyata Anda tidak memiliki kemampuan untuk hal tersebut, Anda bisa mempekerjakan seseorang yang ahli dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal ini.

Meski menyediakan beberapa layanan di salon tersebut, namun Anda tetap bisa melengkapi segala sesuatunya dengan berbagai perlengkapan yang sederhana saja, dan pastinya sesuai dengan modal yang Anda miliki saat ini. Usaha ini cukup menjanjikan, terutama jika Anda memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik kepada para pelanggan, di mana mereka bisa merasa nyaman dan senang ketika mengunjungi salon Anda.

Baca Juga : 7 Ide Usaha dengan Modal Ringan Hanya 1 Juta

3. Membuka Jasa Laundry

loader

Jasa Laundry via squarespace.com

 

Dengan modal Rp5 jutaan yang Anda miliki, maka Anda bisa membeli satu atau dua unit mesin cuci untuk memulai usaha ini. Jika memang membutuhkan beberapa unit sekaligus, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli mesin cuci dalam kondisi bekas saja. Ini akan jauh lebih hemat, terutama jika ternyata Anda bisa menemukan mesin cuci bekas yang masih dalam kondisi bagus dan layak.

Usaha laundry memiliki peluang pasar yang cukup cerah belakangan ini, sebab sebagian besar orang lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry daripada mencuci pakaian mereka sendiri. Gaya hidup praktis dan modern, itulah yang banyak dijalankan sebagian besar orang, terutama kaum muda zaman sekarang. Anda tidak akan kesulitan mencari pelanggan, sebab usaha ini hampir tidak pernah sepi dan selalu dicari oleh banyak orang.

4. Membuka Toko Baju Kecil-kecilan

Berjualan baju dan berbagai jenis pakaian lainnya juga dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, sebab semua orang akan selalu membutuhkan produk ini. Anda bisa memulai ini dengan cara membeli sejumlah baju di grosir atau produsennya secara langsung, di mana harga yang mereka tawarkan pada umumnya jauh lebih murah jika Anda membeli dalam jumlah tertentu.

Baju-baju ini bisa Anda jual di rumah Anda, yang Anda tata sedemikian rupa menjadi toko kecil yang menarik. Jika memiliki sejumlah waktu yang luang, Anda juga bisa menawarkannya dengan berkeliling ke rumah-rumah tetangga di sekitar tempat tinggal Anda. Anda bahkan bisa menjualnya kembali secara online di internet untuk menambah angka penjualan Anda.

Ini termasuk bisnis yang menjanjikan, sebab sepanjang waktu orang akan selalu mencari dan membeli baju. Tidak perlu memulainya dalam skala besar dan sejumlah modal yang besar, Anda bahkan bisa menjalankan bisnis ini dengan modal Rp 5 juta saja. Jangan lupa untuk selalu mengikuti trend yang ada, sehingga pelanggan akan selalu kembali dan membeli barang terbaru yang Anda jual di sana.

Baca Juga : 5 Ide Bisnis yang Menjanjikan dan Cara Memulainya

5. Menjual Aksesoris dan Souvenir

loader

Menjual Aksesoris via santmagazine.com

 

Bagi anda yang memiliki hobi untuk membuat berbagai macam aksesoris dan souvenir, ini bisa dijadikan sebagai lahan bisnis yang menjanjikan. Berbagai barang ini akan selalu dicari, terutama oleh kaum hawa yang begitu hobi menggunakan dan mengoleksinya.

Namun meskipun Anda tidak memiliki kemampuan untuk membuat berbagai aksesoris dan juga souvenir ini, Anda tetap bisa menjalankan usaha di bidang tersebut dengan cara membelinya dari pusat grosir atau secara online lewat internet. Temukan berbagai barang yang unik, sehingga Anda mudah menjualnya kembali dan mendapatkan sejumlah keuntungan dari hal tersebut.

6. Membuka Toko Kelontong

Semua orang akan selalu membutuhkan berbagai macam bahan pokok dan juga kebutuhan dapur lainnya, itulah mengapa peluang usaha toko kelontong tidak pernah sepi dari pengunjung. Pastikan lokasi Anda berada di tempat yang strategis, sehingga pembeli tidak akan pernah sepi mendatangi toko Anda ini.

Sediakan berbagai bahan kebutuhan harian dan juga barang-barang lainnya yang sering dicari oleh para pembeli, agar usaha Anda selalu ramai dan berjalan dengan lancar. Namun, harga juga menjadi hal yang selalu harus diperhatikan, sebab pembeli enggan datang ke toko yang mematok sejumlah harga yang tinggi, terutama jika di sekitar Anda ada toko lainnya yang jauh lebih murah. Pastikan harga yang Anda kenakan pada setiap barang di toko tersebut cukup masuk akal, agar pembeli tidak lari ke toko sebelah  dan membelanjakan uang mereka di sana.

7. Membuka Usaha Fotokopi dan ATK

loader

Usaha Fotokopi dan ATK via modalusaha.net

 

Ini juga pilihan usaha yang bisa Anda jadikan sebagai sumber pendapatan, meskipun pada awalnya keuntungan yang akan didapatkan terlihat sangat kecil. Namun usaha ini terbilang sangat menjanjikan, terutama jika Anda membukanya di sekitar area perkantoran, kampus, atau bahkan sekolah. Selain jasa fotokopi, lengkapi juga usaha Anda dengan berbagai ATK yang memadai, sebab ini juga menjadi barang yang sering dicari oleh pembeli.

8. Jual-beli Barang Bekas

Usaha ini menjadi begitu populer selama beberapa tahun terakhir, terutama setelah beberapa situs menyediakan layanan tersebut. Dengan modal Rp5 jutaan Anda juga bisa meraih keuntungan dengan cara menjalankan usaha tersebut di rumah. Lakukan pemasaran melalui internet, agar orang dengan mudah mengetahui dan membeli berbagai barang yang Anda jual di sana.

Jalankan, Meski Modalnya Hanya Pas-pasan

Berniat untuk memulai sebuah usaha sampingan, Anda seringkali akan terbentur pada masalah modal. Namun jika dicermati dengan baik, sebenarnya ada banyak usaha menjanjikan yang bisa dijalankan dengan modal terbatas, bahkan dengan Rp5 jutaan saja. Pilih jenis usaha yang tepat bagi Anda, rencanakan dan jalankan dengan cerdas, sehingga niat untuk mendatangkan penghasilan tambahan bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga : 11 Cara Gampang Mencari Modal Usaha