Memahami Harga Diskon: Tujuan, Tipe, dan Cara Menerapkannya

Harga diskon selalu menjadi hal menarik bagi para pembeli, bahkan ini kerap menjadi salah satu alasan mereka untuk berbelanja. Diskon akan membuat pembelian menjadi lebih hemat, sehingga uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan sebuah barang akan menjadi lebih sedikit, dan hal ini akan menyenangkan bagi pembeli. 

Sebaliknya, diskon bisa mendatangkan banyak angka penjualan bagi yang menjalankan bisnis. Hal ini jelas akan sekaligus mendatangkan potensi keuntungan yang besar di saat bersamaan. Lalu, apakah kamu sudah memahami dan menerapkan diskon atau promo ini dengan cara tepat di dalam bisnis? 

Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Diskon dalam Bisnis 

Pada dasarnya, kegiatan promo dengan memberikan harga diskon merupakan hal yang sangat biasa dilakukan di dalam bisnis. Namun sebagaimana rencana bisnis lainnya, hal ini tentu harus dilakukan dengan cara yang tepat, agar bisa memberikan manfaat maksimal di dalam bisnis itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan penerapan diskon di dalam bisnis: 

Kelebihan Penerapan Harga Diskon Kekurangan Penerapan Harga Diskon
Meningkatkan angka penjualan dan keuntungan di dalam bisnis tersebut. Nilai produk/ bisnis akan berkurang di mata pelanggan, sebab pelanggan biasanya berpandangan bahwa produk yang didiskon merupakan produk dengan kualitas yang rendah.
Menghasilkan respon positif dari para pelanggan, sebab kebanyakan pelanggan akan senang saat mendapatkan kupon atau voucher diskon. Risiko mengalami penurunan laba, sebab harga jual yang ditawarkan kepada pelanggan menjadi lebih rendah, apalagi jika diskon yang diberikan terbilang besar.
Membantu memenangkan ketatnya persaingan bisnis, sebab kebanyakan pelanggan akan lebih senang membeli berbagai barang yang didiskon. -

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Tujuan Penetapan Harga Diskon di dalam Bisnis 

loader

Kebijakan pemberian diskon atau promo lainnya di dalam bisnis tentu harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Jangan sampai hal ini menimbulkan masalah atau bahkan kerugian di dalam bisnis yang sedang dijalankan tersebut.

Selain merencanakannya dengan baik, menentukan tujuan pemberian diskon ini juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Hal ini akan membantu program tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal di dalam bisnis itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa dijadikan sebagai tujuan penetapan harga diskon di dalam bisnis: 

1. Mendatangkan Pelanggan Baru 

Promo merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mendatangkan pelanggan-pelanggan yang baru di dalam bisnis. Hal ini banyak dilakukan, baik itu dalam bisnis yang besar maupun bisnis yang berskala kecil. 

Pelanggan baru pada umumnya senang dengan barang diskon, sebab hal tersebut memberi mereka risiko yang rendah dan juga kesempatan untuk menghemat pengeluaran. Diskon dalam batas waktu tertentu bahkan bisa membuat pelanggan baru memiliki alasan untuk segera membeli. 

2. Meningkatkan Angka Penjualan 

Penggunaan promo diskon di dalam bisnis juga akan secara otomatis bisa meningkatkan angka penjualan. Harga yang lebih murah akan membuat pelanggan cenderung melakukan pembelian dalam jumlah yang lebih besar. Hal ini bahkan berlaku untuk semua pelanggan, baik itu pelanggan baru maupun pelanggan tetap. 

3. Mendapatkan Pelanggan Tetap yang Setia 

Bukan hanya mendatangkan pelanggan baru saja, harga diskon juga bisa membuat pelanggan lama menjadi loyal. Diskon seperti ini pada umumnya diberikan melalui program loyalitas pelanggan, di mana tujuannya tentu untuk mempertahankan pelanggan lama dan tidak fokus pada pelanggan baru. 

4. Menghabiskan Stok Gudang

Penerapan harga diskon juga kerap dilakukan dengan tujuan untuk menghabiskan stok barang lama yang ada di gudang. Hal ini biasanya dilakukan secara berkala, misalnya saat produk baru akan diluncurkan atau bahkan untuk mengosongkan gudang di akhir tahun. 

Menghabiskan stok barang lama seperti ini biasanya tidak dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Namun aktivitas ini akan difokuskan untuk menghabiskan seluruh stok lama yang ada di dalam gudang, bahkan meski dijual dengan harga yang murah sekalipun. 

Baca Juga: Bisnis Cuci Sepatu: Cara Memulai, Modal, dan Tips Suksesnya

Tipe Strategi Diskon yang Banyak Dijalankan

Jika sudah menentukan tujuan penerapan harga diskon yang tepat, maka sudah saatnya untuk memilih caranya. Pada dasarnya, terdapat beberapa strategi diskon yang lazim digunakan. Tidak harus selalu satu saja, pebisnis bisa saja menerapkan lebih dari satu tipe strategi ini sekaligus di dalam bisnis. 

Berikut ini adalah beberapa tipe strategi diskon yang lazim diterapkan di dalam bisnis: 

Tipe Strategi Diskon Penjelasan
Diskon Bundel

Diskon ini biasanya digunakan untuk menurunkan harga beberapa produk sekaligus, di mana produk tersebut akan dijual secara bersamaan dalam bentuk paket (bundle). Misalnya: diskon bundle untuk produk sereal, kopi, dan juga beberapa kukis lainnya. 

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari promo diskon bundle seperti ini, antara lain: 

  • Meningkatkan jumlah penjualan dengan lebih cepat.
  • Menjual produk yang awalnya tidak begitu populer secara bersamaan dengan produk yang populer. 
  • Memberi kesempatan bagi pelanggan untuk mencoba berbagai produk yang sebelumnya mungkin belum pernah mereka beli dan gunakan.
Diskon di Muka Cara ini biasanya dilakukan dengan memberi potongan pembelian bagi pelanggan yang melakukan pembayaran di awal, misalnya pre-order untuk produk baru yang akan segera dikeluarkan. Namun diskon di awal tidak bisa diterapkan pada semua jenis bisnis, biasanya ini berlaku untuk produk yang pembayarannya dilakukan secara berulang.
Diskon Volume Diskon yang satu ini diberikan bagi pelanggan yang melakukan pembelian dalam jumlah besar. Pelanggan biasanya akan melakukan pembelian besar ini untuk memenuhi stok atau kebutuhan mereka untuk beberapa waktu ke depan. Misalnya, diskon 15% untuk pembelian dalam jumlah 15 kotak. Diskon ini cocok dilakukan oleh pebisnis yang ingin menghabiskan stok gudang.
Diskon Musiman/ Event Tertent Promo diskon yang satu ini terbilang populer dan biasanya dilakukan dalam jumlah yang besar-besaran. Misalnya: diskon akhir tahun (natal dan tahun baru), diskon lebaran, diskon black Friday, dan yang lainnya.
Gratis Biaya Pengiriman Diskon gratis ongkir ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan angka penjualan. Pada umumnya, pelanggan akan enggan membayar biaya pengiriman belanjaan mereka, sehingga program diskon seperti ini akan sangat disukai.
Beli Satu, Gratis Satu Ini menjadi salah satu promo diskon yang paling disukai oleh pelanggan, sebab pada umumnya pelanggan akan menyukai promo gratis seperti ini daripada potongan harga. Pastikan untuk menggabungkan produk yang tepat, sehingga diskon ini menarik dan tetap bisa mendatangkan keuntungan dalam bisnis.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Rumah Makan, Dijamin Sukses!

Cara Menerapkan Harga Diskon yang Tetap Menguntungkan 

loader

Saat memberikan promo diskon kepada pelanggan, penting untuk tetap memperhitungkan dan memastikan bahwa penjualan tersebut tetap bisa mendatangkan keuntungan. Jangan sampai tujuan bisnis menjadi tidak tercapai, hanya karena diskon yang sejak awal tidak tepat sasaran.

Berikut ini adalah beberapa cara penerapan diskon dalam bisnis, agar tetap menguntungkan: 

1. Perhitungan Keuntungan 

Apapun jenis diskon yang akan diterapkan dalam bisnis, pastikan hal tersebut masih bisa mendatangkan keuntungan. Lakukan perhitungan dengan baik sejak awal. Jangan lupa untuk tetap menjaga keuntungan dengan beberapa langkah berikut: 

  • Tetap kelola biaya pemasaran dengan ketat. 
  • Fokuslah pada segmen pasar yang dituju dalam promo diskon tersebut, agar target yang diharapkan bisa tercapai dengan baik.
  • Tetap tawarkan barang dengan konsisten, termasuk yang tidak masuk program diskon. 

2. Perhitungkan Biaya Akuisisi Pelanggan

Program diskon biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan pelanggan baru, di mana hal ini tentu dilakukan dengan sejumlah kegiatan promo yang membutuhkan sejumlah dana. Hitung dan pastikan biaya akusisi pelanggan baru ini tidak lebih besar dari nilai keuntungan yang didapatkan dari program diskon itu sendiri. 

Untuk mendukung hal tersebut, lakukan beberapa tindakan berikut ini saat program diskon: 

  • Konversikan pelanggan yang baru jadi pelanggan tetap di dalam bisnis. 
  • Memaksimalkan keuntungan dari pembelian pertama yang dilakukan oleh pelanggan baru.
  • Batasi pembatalan yang dilakukan oleh pelanggan.

3. Atur Target Volume Penjualan 

Jangan lupa untuk mengatur target volume penjualan yang akan dicapai melalui program diskon yang diberikan. Hal ini akan mempermudah untuk mencapai angka penjualan maksimal, termasuk keuntungan yang bisa didapatkan dari hal tersebut.

Pahami dan Terapkan Promo Diskon yang Tepat 

Memberikan harga diskon merupakan salah satu cara untuk mendapatkan banyak pelanggan dalam bisnis. Bukan hanya itu saja, hal ini juga akan sekaligus mendatangkan banyak angka penjualan di saat bersamaan. Pelajari dan terapkan promo diskon yang tepat, agar aktivitas tersebut bisa memberikan keuntungan yang maksimal di dalam bisnis.

Baca Juga: Kalkulasi Untung Rugi Bisnis Kontrakan, Berapa Modal yang Dibutuhkan? Ikuti Kiat Suksesnya Agar Usaha Propertimu Semakin Menguntungkan