Hari Valentine di Arab Tak Lagi Haram. Seperti Apa Perayaannya di Sana?

Hadiah Valentine
Ilustrasi menerima hadiah valentine di Arab Saudi

Cermati.com, Jakarta – Kendati tanggal 14 Februari sudah lewat beberapa hari lalu, namun suasana kehangatan momen Hari Valentine masih terasa. Tak terkecuali perayaan Hari Kasih Sayang di Kerajaan Arab Saudi.

Arab Saudi yang merupakan cikal bakal penyebaran agama Islam sudah melegalkan perayaan Hari Valentine sejak tahun 2016. Namun perayaan hari kasih sayang secara meriah di Arab Saudi ini beru dilakukan pada 2018.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sekelumit Proses Legalitas Peryaan Hari Valentine di Arab Saudi

Arab Saudi
Ilustrasi warga Arab Saudi

Mantan Presiden Komisi untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan di Makkah, Syekh Ahmed Qasim Al-Ghani, pada tahun 2019 mengumumkan bahwa merayakan Hari Valentine tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Ia mengingatkan, Hari Valentine dirayakan di seluruh dunia laiknya seperti merayakan momen Hari Ibu. Dengan demikian, bagi warga Arab Saudi yang beragaman Islam, maka merayakan Hari Valentine memiliki arti merayakan aspek positif dari manusia.

“Perayaan Hari Valentine tak bertentangan dengan ajaran Islam. Merayakan cinta, kasih sayang, tidak terbatas pada nonmuslim. Setiap muslim juga harus merayakan cinta,” kata Syekh Ahmed Qasim seperti dikutip dari Suara yang melansir Arab News.

Lalu, seperti apa perayaan Hari Valentine di Arab Saudi ini? Berikut Cermati.com ulas perayaan Hari Valentine di negeri yang memiliki lautan pasir ini.

Baca Juga: Cara Jitu Berhemat di Hari Kasih Sayang

Perayaan Hari Valentine di Arab Saudi

Hari valentine di Arab Saudi
Ilustrasi momen Valentine bersama pasangan via ArabNews

Secara umum merayakan Hari Valentine kurang lebihnya hampir sama di seluruh dunia, karena memang hari kasih sayang seolah sudah identik dengan ornamen berbentuk hati, lalu beraneka makanan dan minuman berbahan cokelat, kemudian rangkaian bunga, hingga aksesoris, dan lainnya. Berikut perayaan Hari Valentine di Arab Saudi yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Ornamen Berbentuk Hati Bertebaran

Ornamen Valentine di Arab Saudi
Berbagai ornamen berbentuk hati di Hari Valentine di Arab Saudi via ArabNews

Seperti perayaan momen hari kasih sayang di berbagai negara lainnya, warga Arab Saudi juga memeriahkan Hari Valentine ini dengan ada banyak ornament berbentuk hati di berbagai tempat, seperti pusat perbelanjaan dan lainnya menjelang perayaan hari spesial kasih sayang ini.

2. Membeli Hadiah Khusus di Hari Valentine

Hadiah Valentine di Arab Ssaudi
Boneka beruang merah untuk hadiah valentine di Arab Saudi via Bloomberg

Masyarakat Arab Saudi merayakan Hari Kasih Sayang dengan membeli berbagai jenis hadiah untuk diberikan kepada orang-orang terkasih. Hadiah khusus di Hari Valentine ini mulai dari bunga, balon lucu, boneka beruang, dan cokelat tentunya, serta masih banyak lagi yang lainnya.

3. Melakukan Perjalanan Romantis

Pasangan Warga Arab di Pantai
Pasangan warga Arab Saudi yang liburan di pantai

Dalam momen perayaan Hari Valentine ini, media Arab Saudi juga mennyarankan pembaca untuk melakukan perjalanan romantik Bersama pasangan, atau menyewa yacht di Laut Merah. Bukan hanya itu, rekomendasi perjalanan romantis bersama pasangan ini juga bisa dengan menginap di hotel warisan budaya Oasis yang berada di wilayah Eastern Province di Arab Saudi.

4. Menikmati Kuliner Bersama Pasangan

Pasangan Arab Kuliner di Hari Valentine
Ilustrasi pasangan Arab Saudi menikmati kuliner bersama

Tak ubahnya dengan perayaan momen Hari Kasih Sayang di seluruh penjuru dunia, Hari Valentine di Arab Saudi juga disambut menikmati santap kuliner Bersama dengan pasangan atau orang-orang terkasih. Menikmati hidangan bersama dan menciptakan kehangatan, baik itu keluarga besar hingga pasangan ataupun sahabat.

5. Banyak Restoran Beri Promo ‘Couples’

Makanan Khas Arab Saudi
Nasi biryani khas Arab Saudi

Demi memeriahkan momen Hari Valentine ini pula banyak restoran-restoran Arab Saudi yang berpartisipasi dengan memberikan berbagai diskon dan promo paket couples yang ekonomis untuk menikmati hidangan bersama pasangan.

Geliat Bisnis Arab Saudi di Momen Hari Valentina

Penjualan Bunga di Hari Valentine Arab Saudi
Penjualan bunga di momen Hari Valentine di Arab Saudi via Al-ArabiyaEnglish

Masih seperti dikutip dari Arab News, momen Hari Valentine di Arab Saudi yang dirayakannya sejak empat tahun lalu ini memberikan arti tersendiri bagi para pebisnis di negeri jazirah ini. Hari Valentine yang identik dengan cokelat dan bunga membuat bisnis sektor ini menggeliat.

Salah satu pebisnis cokelat, Abdulaziz Al-Noman, mengaku telah bekerjasama dengan para pengecer untuk menawarkan cokelat dan bunga gratis khusus di Hari Valentine kepada para pelanggannya. Bukan hanya itu, beraneka aksesoris seperti gelang dan liontin cinta bertebaran dalam perayaan hari kasih sayang di Arab Saudi.

Tak luput, pedagang kartu ucapan pun meraup untung di Hari Valentine ini. Kartu ucapan Valentine ditulis dengan kutipan ayat Al-Quran maupun bertuliskan kutipan-kutipan dari penyair terkenal seperti Al Mutanabi maupun Kahlil Gibran.

Baca Juga: Valentine Tiba! Ini Pilihan Hadiah Romantis untuk Si Dia

Bagaimana Momen Valentine Anda?

Momen Valentine Bersama Keluarga
Momen Valentine bersama keluarga

Tentu saja, kasih sayang memang sudah seharusnya terus dilakukan kepada keluarga, kerabat, sahabat, dan sesama di sekitar kita. Namun untuk memberikan kesan istimewa, Hari Valentine menjadi momen perayaan untuk menunjukkan kasih sayang kita kepada orang-orang di sekeliling. Sehingga hari kasih sayang ini terasa semakin bermakna dan semakin mendekatkan ikatan kekeluargaan maupun persahabatan. Lalu, bagaimana momen Valentine kamu kali ini? Semoga menyenangkan, ya!

Baca Juga: 8 Ide Kencan Hemat Saat Hari Valentine