Hati-hati, Klaim Bisa Ditolak karena Kelebihan Muatan

Mengapa saat ini produk asuransi kendaraan semakin banyak dibicarakan di tengah-tengah masyarakat? Sebab, asuransi ini sendiri sangat membantu meringankan pengeluaran. 

Jika dikalkulasikan dalam satu tahun, biaya perbaikan mobil yang minor sekalipun bisa berjumlah lumayan, apalagi kalau perbaikannya besar. 

Namun perlu diingat, tidak semua klaim asuransi diterima oleh perusahaan. Salah satu yang kerap kali mengalami penolakan adalah apabila kendaraan rusak akibat kelebihan muatan. 

Misalnya, kapasitas mobil seharusnya 8 orang, tapi digunakan untuk mengangkut 10 orang, maka kerusakannya tidak dapat diklaim. 

Bagaimana Solusinya Kalau Klaim Ditolak?

Apabila klaim yang diajukan ditolak oleh perusahaan asuransi, mau tidak mau Anda harus menanggung biaya perbaikan yang sudah dibayarkan kepada bengkel rekanan. 

Penting untuk memperhatikan kerusakan apa saja yang masuk dalam kategori penggantian perusahaan, jadi tidak asal klaim saja.

Jika nyatanya kerusakan yang terjadi pada kendaraan saat ini di luar ketentuan yang ada pada polis, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan dokumen untuk klaim. Klaim sudah pasti ditolak. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

Mau Membeli Asuransi yang Pas? Ini Kiatnya

Kendati asuransi dimaksudkan untuk melindungi kendaraan dari risiko yang terjadi di tengah perjalanan, tidak semua perusahaan menawarkan manfaat maksimal. Penting untuk memilih asuransi yang pas sesuai kebutuhan kendaraan. Berikut ini kiat-kiatnya. 

1. Mintalah rekomendasi dari dealer

loader

Sewaktu membeli mobil dari dealer, Anda bisa meminta rekomendasi perusahaan asuransi yang memiliki kinerja terbaik. Dealer pasti memiliki beberapa rekomendasi tempat dimana mereka maupun pembelinya mengasuransikan mobil. 

Saran dari dealer bisa dijadikan bahan pertimbangan karena tidak sedikit dealer yang sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan asuransi. 

Agar tidak salah pilih, alangkah baiknya lagi luangkan waktu untuk mencari tahu informasi tentang dealer yang bersangkutan di internet. Dari mesin pencari, Anda bisa tahu tentang penilaian masyarakat yang telah menjadi nasabah perusahaan tersebut.

2. Mintalah rekomendasi keluarga atau teman

Jika kurang percaya terhadap rekomendasi dealer karena adanya kerjasama yang dijalin sejak lama, Anda bisa beralih meminta rekomendasi orang-orang terdekat. 

Sebut saja keluarga atau teman yang sudah lama mempercayakan perlindungan mobil kesayangan kepada perusahaan asuransi.

Saran dari keluarga maupun teman jauh lebih bisa dipercaya karena tidak adanya kerjasama yang terjalin di antara mereka. Semua penilaian diberikan berdasarkan pengalaman pribadi saat mengasuransikan mobil.

Mengingat rekomendasi perusahaan yang diberikan kemungkinan lebih dari satu, sebaiknya nilai juga kinerja perusahaan berdasarkan kacamata pribadi. 

Dengan demikian, Anda tidak menyalahkan keluarga maupun teman yang merekomendasikan perusahaan tersebut kalau sewaktu-waktu ada hal yang kurang mengenakkan saat klaim.

Baca Juga: Asuransi Motor: Manfaat, Jenis, dan Produk Asuransi Kendaraan Terbaik

3. Pilih yang wilayah cakupan klaimnya luas

loader

Tidak semua perusahaan asuransi tersebar merata di Indonesia. Ada yang cuma tersedia di kota-kota besar saja. Maka penting untuk memperhatikan persebaran wilayah dari perusahaan guna memudahkan proses klaim di kemudian hari.

Hal ini penting dipertimbangkan, terutama oleh Anda yang sering melakukan perjalanan bisnis ke luar kota. Jangan sampai manfaat asuransi tidak dapat digunakan karena adanya keterbatasan wilayah cakupan klaim.

4. Pilih yang preminya terjangkau

Premi menjadi hal lain yang patut dipertimbangkan sebelum membeli asuransi yang pas untuk kendaraan. Pilihlah premi yang terjangkau di kantong, sehingga proses pembayarannya selalu lancar setiap tahun.

Kelancaran pembayaran premi sangat mempengaruhi proses klaim. Apabila pembayaran macet, ada kemungkinan proses pengajuan klaim menjadi lama karena Anda sendiri tidak memenuhi kewajiban sebagaimana mestinya.

Kemungkinan terburuknya adalah polis asuransi menjadi lapse atau dibekukan oleh perusahaan. Akibatnya, proses klaim benar-benar terhambat. 

Baca Juga: Mobil yang Dimodifikasi Sulit Diklaim Asuransinya? Ini Tipsnya!

5. Lakukan perbandingan

loader

Saat memilih asuransi kendaraan, sebaiknya jangan mudah termakan rayuan atau iming-iming manfaat yang ditawarkan oleh agen asuransi. Tidak semua agen memberikan informasi yang benar. 

Ada agen yang sengaja melebih-lebihkan manfaat dari asuransi untuk menarik minat masyarakat, makanya harus ekstra hati-hati. Sebaiknya mintalah waktu kepada agen yang bersangkutan untuk pikir-pikir dahulu sebelum memutuskan untuk menjadi nasabah. 

Di sela-sela waktu ini, Anda bisa manfaatkan untuk membandingkan produk asuransi dari perusahaan yang satu dan lainnya. Dengan demikian, kemungkinan untuk salah pilih menjadi lebih kecil.

6. Manfaat yang dapat diperluas

Sebagai nasabah, Anda pasti menginginkan perlindungan maksimal bagi kendaraan. Hal yang wajar kalau sewaktu-waktu ingin memperluas manfaat asuransi yang didapatkan. 

Misalnya dari yang dulunya cuma menanggung biaya kerusakan akibat kecelakaan, sekarang diperluas dengan mengikutsertakan kerusakan karena bencana alam, aksi demonstrasi, dan lain sebagainya.

Perluasan ini sejatinya bisa dilakukan dengan syarat adanya penambahan biaya premi. Sebaiknya tanyakan kepada perusahaan yang bersangkutan untuk mengetahui hitungan yang lebih terperinci.

Penuhi Kebutuhan Perlindungan Kendaraan

Bukan hanya diri sendiri saja yang perlu mendapat perlindungan, tapi juga kendaraan pribadi Anda. Maka dari itu, penuhi kebutuhan perlindungan kendaraan agar lebih maksimal. Kendaraan terlindungi, kantong pun aman. 

Baca Juga: Berapa Besar Premi Kendaraan yang Harus Dibayar?