Hi Leader! Apakah Tim Kerja Anda Berkualitas? Coba Cek di Sini

Tim kerja yang dibentuk di sebuah perusahaan menjadi pondasi utama guna meraih kesuksesan. Tak heran jika tim kerja yang solid dan berkualitas jadi penentu suatu perusahaan itu bakal maju atau justru mengalami kemunduran.

Oleh sebab itu, dalam setiap tim kerja itu juga harus diisi orang-orang yang mumpuni alias berkualitas. Sehingga tim kerja mampu bersama-sama mewujudkan kesuksesan yang diinginkan perusahaan.

Berbekal keterampilan yang dimiliki setiap karyawan, tim kerja yang baik juga harus didukung oleh visi yang sama pula untuk maju bersama. Jadi selain hard skill setiap karyawan juga harus memiliki soft skill agar tim kerja berjalan dengan baik.

Lalu, sudahkah tim kerja Anda memiliki kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan? Sudahkah tim kerja Anda memiliki pemahaman yang sama untuk membangun dan memajukan perusahaan tempat di mana para karyawan dan tim Anda ini berkarya dan mencari nafkah?

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Untuk tahu jawabnya, simak ciri-ciri bahwa tim kerja Anda memang sudah berkualitas dan layak dibanggakan. Jika belum, sudah saatnya melek mata dan tunjukkan kepemimpinan Anda sebagai bentuk komitmen Anda pada perusahaan.

1. Punya Integritas Tinggi

Integritas Kerja
Ilustrasi integritas dalam bekerja

Tim kerja yang berkualitas adalah setiap anggotanya memiliki integritas tinggi. Seluruh anggota di dalam tim harus tahu apa saja tugas dan tanggung jawab yang diembannya.

Dengan demikian tidak ada namanya salah satu anggota tim yang diam saja atau bahkan bekerja sesukanya karena merasa tidak memiliki tanggung jawab apapun. Atau melakukan tugasnya dengan asal-asalan. Asal jadi dan asal selesai tanpa melihat kualitas.

Tidak hanya mengetahui apa saja tanggung jawab yang dimiliki, setiap anggota juga harus memiliki integritas tinggi pada semua pekerjaan yang dibebankan kepada mereka. Jika ada kesulitan selama memenuhi tanggung jawab tersebut, bisa dibicarakan bersama dan mencari jalan keluarnya. 

Jangan sampai anggota tim yang tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya malah lari dari tanggung jawab dan melimpahkannya pada anggota tim lain. Jika terjadi hal seperti itu maka proyek dan kerja sama tim yang telah dibangun akan terhambat, hasilnya tidak maksimal.

2. Fokus dengan Tujuan Bersama juga Hasil

Karyawan
Ilustrasi bekerja dengan tujuan yang sama dan meraih hasil sesuai harapan

Dibandingkan menghitung kuantitas, tim harus mampu untuk fokus terhadap kualitas dari apa yang dikerjakan sehingga tujuan ataupun hasilnya sesuai dengan harapan. Menentukan tujuan sebelum mengerjakan proyek sangat perlu dilakukan. Jadi semua anggota tim bisa tahu apa saja tanggung jawab yang harus mereka selesaikan.

Ketika mengatur sebuah tujuan pada awal proyek, anggota tim paham apa saja kontribusi yang bisa diberikan. Dengan begitu, hasil dari proyek yang dijalankan bisa lebih maksimal dan memuaskan semua anggota tim serta perusahaan.

3. Menghargai Perbedaan

Tim Kerja
Ilustrasi perbedaan dalam sebuah tim namun saling bekerja sama

Perbedaan di sini adalah dalam cara pandang, cara berpikir, skill atau kemampuan, pola kerja, ide, sudut pandang, dan kreativitas. Mengapa dibutuhkan perbedaan pada elemen-elemen tersebut? Supaya tim bisa saling melengkapi sehingga jadi selangkah lebih sempurna.

Sebagai contoh anggota A memiliki kemampuan dalam membuat laporan di mana hasilnya lebih detail dan bagus, sedangkan anggota B mampu melakukan presentasi dengan baik. Kemudian anggota C bisa berkomunikasi secara baik pula, sehingga bisa melakukan follow up pada klien. 

Dari contoh tersebut terlihat bahwa adanya perbedaan malah bikin tim menjadi lebih kompak dan solid dalam bekerja sama. Selain itu, adanya perbedaan ide dan gagasan juga bisa membuat satu ide hebat dan besar sehingga proyek berjalan dengan sukses.

4. Cara Berkomunikasi yang Baik

Bekerjasama
Ilustrasi berkomunikasi dalam sebuah tim

Salah satu hal yang menjadi kunci kesuksesan tim adalah komunikasi. Sebuah tim yang berisi banyak anggota pasti memiliki gagasan dan ide berbeda pula. Untuk menyatukan gagasan serta ide dari tiap anggota maka perlu adanya komunikasi yang baik.

Tidak hanya gagasan, antar anggota juga harus saling terbuka dengan menyampaikan opini, kritik, ataupun ide-idenya. Komunikasi juga perlu dilakukan pada saat memonitor pekerjaan yang sedang dilakukan sehingga bisa berjalan sesuai task list. Jika tim tidak mampu berkomunikasi dengan baik maka akan banyak terjadi konflik tak berujung.

Baca Juga: Mau Sukses Kerja Tim? Tiru Teamwork ala Avengers: Endgame

5. Ada Dukungan pada Setiap Anggota

Pekerja
Ilustrasi pekerja

Sebuah tim yang baik akan tercipta dengan mudah jika seluruh anggota mampu mendukung anggota lainnya dengan baik. Anggota tim harus saling membantu apabila anggota lainnya mengalami kesulitan.

Jangan sampai malah menjatuhkan karena merasa ada persaingan. Adanya saling menolong dan saling mendukung dalam sebuah tim bahkan bisa membuat tim tersebut bekerja lebih produktif sehingga hasilnya lebih memuaskan.

Dukungan dari anggota tim terkadang juga mampu meningkatkan suasana hati (mood) seseorang sehingga bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Tidak hanya pertolongan saja, menanyakan progres pekerjaan juga termasuk dukungan.

6. Tercipta Suasana Kerja Menyenangkan

Kerja di Perusahaan Startup
Ilustrasi istirahat sejenak usai bekerja

Dalam mengerjakan sebuah proyek, keseriusan memang dibutuhkan agar bisa selesai sesuai rencana. Namun terlalu serius juga bisa membuat anggota tim menjadi stres dan malah berpengaruh pada hasil kerja mereka. Maka menebarkan suasana menyenangkan sesekali pada anggota tim bukanlah hal yang salah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat suasana yang menyenangkan. Bahkan bisa dengan cara yang simpel misalnya seperti nonton film atau makan bersama. Hal tersebut juga bisa membantu mempererat hubungan antar tim serta mengurangi konflik antar anggota.

7. Pemimpin Menunjukkan Leadership yang Bagus

Pekerja Kantor
Ilustrasi pekerja kantor

Setiap tim membutuhkan pemimpin. Namun tim yang sukses harus memiliki pemimpin yang baik. Tugas pemimpin adalah menyatukan seluruh anggota dan mengatur tim agar proses pengerjaan bisa berjalan dengan teratur. 

Selain itu, pemimpin juga wajib memberikan semangat dan motivasi setiap anggota agar bisa menyelesaikan pekerjaan mereka. Pemimpin yang baik harus percaya dan menghargai seluruh anggota timnya. Jika sikap kepemimpinan (leadership) kurang, siap-siap saja tim kerja amburadul.

Baca Juga: 7 Hal Sederhana yang Ternyata Bisa Bikin Orang Sukses

Lalu, Sudahkah Tim Kerja Anda Berkualitas?

Pemimpin dan Tim Kerja
Ilustrasi tim kerja yang unggul

Nah, sekarang bagaimana? Apakah tim kerja Anda sudah memenuhi syarat-syarat yang harus ada dalam sebuah tim? Jika tim Anda sudah memiliki tujuh kualitas tim kerja di atas, maka Anda patut berbangga dan terus menjaga tim kerja yang berkualitas tersebut. Namun jika ternyata masih jauh dari kriteria tim kerja berkualitas, maka mulailah benahi diri dan tunjukkan leadership Anda sekarang juga.

Baca Juga: Inilah Ciri-ciri Pemimpin Idaman, Anda Termasuk?