Hidden Gem di Indonesia

Istilah “hidden gem” kini mulai banyak bermunculan di media sosial maupun platform lainnya, terutama jika sedang membahas hal-hal yang berhubungan dengan traveling. Lalu, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan “hidden gem”?

Sederhananya, hidden gem dapat didefinisikan sebagai tempat yang keberadaannya jarang diketahui oleh khalayak. Alasan tempat tersebut jarang diketahui biasanya yaitu karena lokasinya yang tidak strategis dan tersembunyi namun memiliki daya tarik tersendiri, sesuai dengan nama istilahnya.

Untuk mengetahui tentang hidden gem lebih jauh, berikut adalah pengertian, ciri-ciri, dan beberapa contoh destinasinya yang ada di Indonesia. Simak informasinya, ya!

Baca Juga: 20 Aktivitas Seru Ini Wajib Dilakukan selama Jalan-jalan di Gold Coast

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa Itu Hidden Gem?

loader

Apa Itu Hidden Gem?

Tak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali tempat di seluruh dunia yang keberadaannya hanya diketahui sebagian kecil orang saja. Seiring berjalannya waktu, tempat-tempat tersebut mulai ditemukan, baik sengaja ataupun tidak dan mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Hidden gem tidak hanya terbatas pada tempat wisata seperti, pantai, pegunungan, atau padang rumput, lho. Berbagai tempat unik lainnya yang kurang mendapat sorotan namun memiliki daya tarik tersendiri juga bisa dikategorikan sebagai hidden gem, contohnya adalah kafe atau rumah makan.

Apa Ciri-ciri Hidden Gem?

  1. Lokasi yang Tersembunyi

    Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, hidden gem merupakan tempat menakjubkan yang lokasinya tersembunyi, sehingga tidak banyak orang yang tahu. Nah, karena lokasinya tersembunyi, tidak jarang akses menuju tempat hidden gem cukup sulit, sehingga membutuhkan effort lebih. 

    Wisata alam yang masuk kategori hidden gem biasanya memiliki akses yang terbatas untuk kendaraan. Jadi, untuk bisa mencapainya kamu harus berjalan kaki melewati berbagai rintangan seperti hutan, jalanan terjal, sungai, dan lain sebagainya.

    Begitu pula dengan cafe atau tempat hidden gem lainnya. Untuk menuju tempat ini biasanya akses yang harus dilewati antara lain gang kecil, berada di dalam bangunan lain, harus menempuh jalanan di pelosok pedesaan, dan lain-lain.

  2. Tidak Banyak Orang yang Tahu Keberadaannya

    Nah, karena akses menuju hidden gem biasanya tidak mudah, tidak banyak pula orang yang mengetahui keberadaannya. Bahkan, kadang hanya warga lokal yang tahu keberadaan dari tempat tersebut. 

    Lalu, bagaimana bisa tempat itu viral sebagai hidden gem? Di era yang serba modern ini, media sosial memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi dengan lebih cepat. Jadi, informasi tentang keberadaan hidden gem pun dapat tersebar luas alias viral ketika ada orang yang mengunggahnya di akun mereka.

  3. Tempat yang Dibiarkan Apa Adanya

    Hidden gem rata-rata merupakan tempat yang sengaja tidak dibuat viral. Jadi, tidak heran jika akses menuju lokasinya cukup sulit dan tidak banyak orang yang mengunjunginya. Oleh sebab itu, biasanya hidden gem tampil apa adanya tanpa banyak pengembangan di sana-sini layaknya tempat wisata pada umumnya.

    Walaupun dibiarkan apa adanya, tempat-tempat tersebut memiliki estetikanya tersendiri, sehingga tak kalah dengan tempat instagramable lainnya, lho.

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan

List Hidden Gem Indonesia

  1. Puncak Cartenz

    loader

    Sumber: www.pesonaindo.com

    Papua memiliki Puncak Cartenz, yaitu hidden gem yang mungkin hanya satu-satunya yang ada di Indonesia, yakni puncak bersalju. Puncak Cartenz ini tentu sangat istimewa mengingat Indonesia adalah negara tropis dengan dua musim saja, yaitu hujan dan kemarau.

    Berada di ketinggian 4884 meter di atas permukaan laut, pendakian menuju Puncak Cartenz tentu memakan waktu sampai 12 hari. Kendati demikian, pemandangan dari hidden gem yang satu ini pastinya akan membuat kamu terkesan!

  2. Danau Sentani

    loader

    Sumber: www.idntimes.com

    Masih di wilayah Papua, tepatnya di Jayapura, terdapat satu hidden gem berupa danau seluas 9.360 hektar. Saking luasnya, di dalam Danau Sentani terdapat pulau-pulau berpenghuni juga, lho

    Apabila kamu menyukai wisata alam khususnya perairan, cobalah untuk mengunjungi Danau Sentani setidaknya sekali saja. Tanpa adanya banyak campur tangan manusia untuk mengkomersialkan hidden gem ini, pemandangan yang masih sangat asri ini tentu menjadi daya tarik Jayapura yang sayang jika dilewatkan.

  3. Bukit Asah

    loader

    Sumber: www.tripadvisor.co.id

    Bali merupakan salah satu tempat di Indonesia yang terkenal akan wisatanya. Walaupun identik dengan tempat wisata yang tak pernah sepi pengunjung, baik domestik maupun mancanegara, Bali memiliki tempat tersembunyi untuk kamu yang menyukai ketenangan.

    Bali mempunyai Bukit Asah, yaitu hidden gem di mana kamu bisa menikmati pemandangan perairan laut dari puncak. Bukit ini adalah sebuah bukit di dekat pantai yang letaknya lumayan curam. Di bukit ini pula, kamu bisa merasakan ketenangan karena lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk manusia.

  4. Pantai Ngetun

    loader

    Sumber: wisato.id

    Ketika membahas tentang pantai di Yogyakarta, sebagian besar orang mungkin akan langsung teringat pada Pantai Parangtritis. Nah, jika kamu bosan dengan wisata mainstream di Yogyakarta, cobalah untuk mengunjungi Pantai Ngetun.

    Berpasir putih dan dikelilingi bukit, Pantai Ngetun menawarkan keindahan alam yang masih sangat terjaga. Dipadukan dengan birunya air laut, bisakah kamu membayangkan secantik apa pemandangan di Pantai Ngetun?

Kunjungi Spot Wisata Hidden Gem untuk Dapatkan Pengalaman Lebih Mengesankan

Mengunjungi spot-spot wisata terkenal memang hal yang menyenangkan. Namun, sesekali cobalah untuk mengunjungi hidden gem yang tersebar di nusantara untuk mendapatkan pengalaman berbeda yang pasti mengesankan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera agendakan jelajahi hidden gem Indonesia!

Baca Juga: 7 Desa Wisata Dunia Terbaik yang Menarik untuk Dijelajahi!