Hindari 5 Kebiasaan Sepele Ini yang Bikin Daya Tahan Tubuh Menurun

Masa pandemi yang berkepanjangan akibat Covid-19, membuat kehidupan yang tadinya berjalan normal harus berubah hingga 180°. Dulu, kita bisa berkumpul dengan siapa saja tanpa khawatir dan tak perlu repot memakai masker, kini semuanya akan sulit dirasakan kembali.

Apalagi, penularan virus Covid-19 yang terbilang cukup cepat menjadi salah satu penyebab mengapa pemberlakuan PPKM diperpanjang. Sebenarnya ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghalau virus ini jauh-jauh dan jangan sampai masuk ke tubuh.

Salah satunya dengan membuat daya tahan tubuh meningkat. Misalnya saja dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi vitamin yang cukup. Meskipun demikian, ternyata masih banyak yang mengabaikan anjuran tersebut.

Bahkan tak sedikit yang menganggap sepele hal tersebut dan justru mengabaikan kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa membuat daya tahan tubuh menurun.

Penasaran dengan kebiasaan sehari-hari apa saja yang memicu daya tahan tubuh menurun? Dilansir dari situs Eat This, simak rangkuman informasi menariknya hanya disini!

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Tidak Peduli dengan Kebersihan Gigi dan Mulut

loader
Tidak peduli dengan kebersihan gigi dan mulut

Perlu kita ketahui bahwa virus Covid-19 dan sistem pernapasan pada manusia memiliki keterkaitan yang cukup erat. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kesehatan organ mulut sebaik mungkin. 

Salah satu caranya dengan rajin-rajin sikat gigi, baik di pagi hari setelah bangun tidur maupun setelah makan. Hal ini agar tubuh dapat terhindar dari bahaya paparan virus Covid-19 yang bisa menyerang siapa saja yang daya tahan tubuhnya menurun.

Banyak yang belum tahu jika kebiasaan sikat gigi jarang-jarang bisa mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh seseorang. Ketika seseorang jarang menyikat giginya, ini akan memicu reaksi inflamasi di bagian mulut akibat sisa makanan yang tertinggal. 

Reaksi inflamasi yang terjadi kemudian bekerja lembur, akibatnya lama-kelamaan hal tersebut memicu penurunan pada sistem daya tubuh seseorang. Hal inilah yang bisa memicu seseorang mudah terpapar virus dan jatuh sakit. Untuk itu, pastikan untuk rajin-rajin sikat gigi, minimal dua kali sehari, ya!

2. Malas Bergerak 

Masa pandemi memang membuat segala sesuatu harus dilakukan di rumah saja. Misalnya saja, bekerja, berbisnis, olahraga dan lain sebagainya. Tetapi, bukan berarti kita harus terus-menerus tinggal di kamar saja dan malas bergerak. 

Selain bisa membuat imun tubuh menurun, ketika kita hanya berdiam diri di kamar dan malas bergerak sirkulasi udara di dalam kamar lama-lama bisa jadi tidak sehat. Karenanya, dianjurkan untuk tetap aktif bergerak meski hanya di rumah saja. 

Misalnya saja dengan beres-beres kamar, mengganti seprai, mengepel lantai, senam kecil untuk meregangkan otot-otot maupun berjemur di bawah matahari pagi. Dengan tetap aktif bergerak, tubuh akan jadi lebih sehat dan daya tahan tubuh semakin bertambah.

Baca Juga: Generasi Millennial Wajib Olahraga ini, Alasannya?

3. Cemas Berlebihan

Punya kebiasaan menggigit kuku setiap hari? Jika ya, maka segera hentikan! Karena kebiasaan ini menandakan bahwa seseorang tersebut adalah sosok yang tengah mengalami stres dan kecemasan berlebih atau anxiety.

Jika dibiarkan, perasaan cemas yang berlebihan tersebut akhirnya bisa memicu imunitas tubuh menurun secara drastis. Pasalnya, ketika kita merasa cemas, perasaan tersebut akan memicu detak jantung lebih cepat. Tubuh pun kemudian menjadi lebih cepat capek dan mudah jatuh sakit karena daya tahan tubuh menurun.

Satu hal yang harus dipahami, bahwa siapapun pasti punya masalah dalam hidupnya. Apapun yang terjadi jangan sampai kehilangan tujuan yang membuat diri terlalu cemas berlebihan.

Merasa cemas adalah hal yang wajar, namun kita tidak boleh larut dalam kecemasan tersebut yang akhirnya justru menurunkan imunitas. Alhasil, tubuh jadi rentan terserang penyakit atau virus dari luar tubuh yang justru bisa membahayakan kesehatan.

4. Suka Begadang

loader
Suka begadang

Dengan waktu tidur yang cukup, ini akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh agar bekerja dengan optimal. Jika saat ini, kebiasaan begadang di malam hari masih dilakukan terus-menerus, bisa dipastikan tubuh akan lebih rentan terserang penyakit. 

Ini karena waktu istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk metabolisme tidak cukup, dan tubuh dipaksa untuk terus bekerja di waktu istirahatnya. Akibatnya, kinerja dan daya tahan tubuh pun berkurang hingga memicu munculnya penyakit. Mulai dari pusing, darah tinggi, stroke, jantung, dan lain sebagainya. 

Nah, di masa pandemi seperti saat ini sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit. Tapi jika kebiasaan begadang di malam hari tetap saja dilakukan, maka siap-siap penyakit datang tanpa permisi.

Baca Juga: Bisa Meningkatkan Imun Tubuh? Inilah Manfaat Jeruk Nipis yang Tidak Banyak Orang Tahu

5. Kerap Bersendawa 

Bagi seseorang yang memiliki gangguan pencernaan atau penyakit maag, bersendawa bisa jadi hal yang wajar dan sering dialami. Ketika jumlah asam lambung meningkat, sendawa menjadi salah satu pengingat bahwa tubuh sedang bermasalah.

Hal tersebut juga bisa memicu berkurangnya daya tahan tubuh, terlebih ketika penyakit bawaan lainnya. Maag sendiri termasuk salah satu jenis penyakit yang membuat sistem imunitas tubuh mudah berkurang. Itulah mengapa, ketika mengalami sendawa terus-menerus, segera lakukan aktivitas lain yang dapat membuat imun tubuh meningkat, ya!

Jauhi Kebiasaan Buruk Demi Kesehatan

Imunitas atau daya tahan tubuh menjadi sangat penting untuk dijaga, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Beberapa kebiasaan di atas bisa kita hindari agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Pastikan juga untuk menjaga asupan makan yang kaya nutrisi, berolahraga ringan dan jaga pikiran agar tidak stres. Kalau bukan kita yang aware dan menjaga kondisi tubuh sendiri, lalu siapa lagi?

Baca Juga: Cegah Virus Corona dengan Jaga Imun Tubuh, Begini Caranya!