Cegah Virus Corona dengan Jaga Imun Tubuh, Begini Caranya!

Berdasarkan data yang dikutip dari situs worldometers.info, virus corona atau nama lainnya Covid-19 ini telah menyebar cepat ke 192 negara, termasuk Indonesia. Alhasil, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah corona sebagai pandemi. Hal ini tentunya membuat semua warga Indonesia merasa khawatir dan panik akan dirinya terinfeksi virus yang bisa mematikan ini.

Menurut Immune Deficiency Foundation, virus yang menyerang sistem pernapasan ini mudah menular melalui kontak perorangan secara langsung. Apalagi bagi orang yang memiliki imunitas sangat rendah, maka berisiko tinggi terinfeksi Covid-19.

Untuk itu, bagi setiap orang saatnya mulai menjaga sekaligus meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah penularan Covid-19. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh seperti ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari Instalasi Gizi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dan sumber media kesehatan lainnya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Rajin Cuci Tangan

cuci tangan
Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Selain itu, penting juga untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan melakukan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir setiap saat. Siapkan hand sanitizer di dalam tas, apabila jika sedang dalam perjalanan tidak menemukan tempat cuci tangan. 

Cuci tangan dengan rutin setelah memegang benda, bersentuhan dengan fasilitas umum, saat hendak makan, mempersiapkan dan mengolah makanan, setelah memegang hewan peliharaan  dan sebagainya.

Jika Anda habis bepergian dari tempat umum seperti kantor, tempat makan dan lainnya, segera langsung bersihkan badan (mandi) dan jangan lupa untuk segera cuci baju yang dipakai.

2. Jaga Jarak dengan Orang Lain

Jaga jarak atau social distancing dengan orang lain untuk sementara waktu juga perlu dilakukan. Cara ini juga menjadi bagian dari menjaga imun tubuh. Sebab, kita tidak pernah tahu orang yang berada di sekitar kita sedang sakit atau tidak.

Mawas diri dan pastikan jarak Anda dengan orang lain sejauh 1 meter. Jika ada orang disekitar Anda sedang batuk atau flu, sebaiknya menghindar.

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi

makanan bergizi
Mengonsumsi makanan bergizi tinggi

Konsumsi makanan bergizi yang baik sangat penting dalam membentuk sistem imun tubuh yang kuat. Dengan gizi yang baik, maka sistem kekebalan tubuh akan lebih kuar sehingga bisa memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh Anda dari berbagai virus penyakit.

Ada beberapa bahan makanan yang mengandung gizi tinggai dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh, di antaranya:

  • Kandungan Protein: telur bebek, susu full cream, kerang, ikan mas, udang, daging kambing, ikan kembung, daging sapi dan daging ayam.
  • Kandungan vitamin A: minyak ikan, hati sapi, hati ayam, wortel, kuning telur, mentega, bayam, labu kuning, kangkung dan ubi jalar.
  • Kandungan vitamin C: jambu biji, brokoli, pepaya, jeruk, lemon, strawberry
  • Kandungan vitamin E: minyak zaitun, margarine, minyak jagung, almond, kuaci bunga matahari, minyak bunga matahari.
  • Kandungan zat besi: hati sapi, hari ayam, susu full cream, kacang merah, kuning telur, tempe, daging ayam, kacang hijau, udang dan tahu.

Baca Juga: 45 Cara Hidup Sehat

4. Atur Asupan dengan Baik

Jika sebelumnya, Anda terbiasa dengan porsi asupan yang sembarangan, maka mulai sekarang aturlah asupan dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar gizi dalam tubuh bekerja menghasilkan imun dengan optimal.

Berikut hitungan aturan asupan sehari-sehari per piring makan yang perlu diperhatikan dengan baik:

  • 30% makanan pokok: beras, jagung, singkong, ubi, sagu, dan produk olahan lain seperti roti, pasta, mie, bihun dan lainnya
  • 20% lauk-pauk: pangan sumber protein hewani dan nabati yang berasal dari daging, ikan, telur, tahu, tempe dan kacang-kacangan
  • 30% sayur-sayuran: menjadi pangan yang memiliki sumber vitamin dan mineral terutama karoten, vitamin A, C, zat besi dan fosfor yang berguna untuk antioksidan
  • 20% buah-buahan: sumber berbagai vitamin, mineral dan serat yang berperan sebagai antioksidan

5. Terapkan Pola Makan Harian secara Teratur

waktu makan
Terapkan pola makan harian secara teratur

Dengan pola makan yang tidak teratur, artinya memberikan kesempatan kepada berbagai macam virus untuk menghinggap pada tubuh yang nantinya akan berujung penyakit. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, maka terapkan pola makan harian secara teratur. Misalnya:

  • Pukul 06.00 WIB: sarapan pagi
  • Pukul 09.00 WIB: snack pagi dengan mengonsumsi buah 1 porsi
  • Pukul 12.00 WIB: makan siang
  • Pukul 15.00 WIB: snack sore dengan mengonsumsi buah 1 porsi
  • Pukul 18.00 WIB: makan malam

6. Hindari Makanan Cepat Saji

Nyemil atau jajan makanan cepat saji seperti burger, ciki, minuman bersoda, dan lainnya memang sangat nikmat. Akan tetapi, makanan atau minuman seperti ini hanya akan menimbulkan penyakit baru.

Lebih baik, mulai dari sekarang biasakan diri untuk mengganti camilan atau jajanan dengan buah-buahan atau menu makanan ringan yang dioleh sendiri di rumah. Dengan begitu, camilan yang dikonsumsi akan lebih higenis dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

7. Banyak Minum Air Putih

air putih
Banyak minum air putih

Kebanyakan orang lebih mengincar minuman yang berwarna dan berasa ketimbang air putih. Padahal air putih ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti melumasi sendi, memberikan oksigen ke seluruh tubuh, meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, sebagai bantal otak, sumsum tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya, mengatur suhu tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan memberikah zat-zat negatif yang terdapat dalam tubuh.

Dengan banyaknya khasiat yang bagus ini, maka banyaklah minum ait putih. Pastikan dalam sehari kamu meminum air putih sebanyak delapan gelas atau dua liter dalam sehari. Bagi yang belum terbiasa, tak ada salahnya buat jadwal minum air putih.

8. Olahraga Rutin

Mengonsumsi asupan bergizi tinggi saja belum cukup. Untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh, sebaiknya Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin. Misal di pagi hari, seminggu 3 atau 7 kali. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan jalan cepat, jogging, melakukan peregangan anggota tubuh di halaman rumah, yoga dan olahraga ringan lainnya.

Baca Juga: Generasi Millennial Wajib Olahraga ini, Alasannya?

9. Waktu Istirahat yang Cukup

tidur
Waktu istirahat yang cukup

Kesehatan tubuh juga tergantung dari waktu istirahat setiap harinya. Jika biasanya Anda begadang untuk menyelesaikan pekerjaan atau hanya bermain game, sebaiknya ubah pola tersebut. Pastikan pekerjaan selesai tepat dan tidak bermain game pada malam hari.

Gunakan malam hari Anda hanya untuk beristirahat. Berikut waktu istirahat yang ideal berdasarkan usia:

  • Usia 14 – 17 tahun: 8 – 10 jam
  • Usia 18 – 25 tahun: 7 – 9 jam
  • Usia 26 – 64 tahun: 7 – 9 jam
  • Usia 65 tahun ke atas: 7 – 8 jam

10. Konsumsi Suplemen Vitamin Tambahan

Tak ada salahnya Anda menyiapkan sumplemen vitamin tambahan. Konsumsi sumplemen vitamin tersebut jika dalam seharian atau semingguan ini jarang mengonsumsi sayur atau buah-buahan. Dengan begitu kebutuhan nutrisi untuk tubuh tetap terpenuhi.

Untuk mendapatkan suplemen vitamin tambahan ini, sebaiknya Anda perlu konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. Meski hanya suplemen, tapi tetap saja tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Jika berlebihan atau salah dan tubuh tidak bisa menyesuaikan, maka bisa berujung sakit.

11. Buang Pikiran Stres

stres
Buang pikiran stres

Tubuh yang sehat juga berasal dari pikiran yang sehat. Artinya terbebas dari hal-hal negatif yang membuat pikiran menjadi stres. Hindari kondisi seperti ini dengan terus berpikir positif bahwa kita akan sehat, meski sekarang ini dihadapi dengan wabah penyakit.

Dengan pikiran yang positif, tanpa disadari kita akan melakukan hal-hal yang positif juga dalam menjaga kesehatan. Jika adanya permasalahan yang sedang dihadapi, sebaiknya segera temukan solusi terbaiknya.

Segera ke Dokter Jika Muncul Gejala

Siapapun bisa tertular virus corona ini, jika Anda atau orang terdekat menunjukan gejala seperti deman, batuk, flu dan kesulitan bernapas, sebaiknya segera bawa ke rumah sakit rujukan corona yang telah disiapkan pemerintah. Khusus masyarakat DKI Jakarta bisa langsung menghubungi layanan Jakarta Tanggap Covid-19 di nomor 112, 081 112 112 112 atau di 081 388 376 955.

Untuk menghadapi wabah penyakit corona ini masyarakat tak perlu takut. Yang terpenting tetap jaga kesehatan dengan gaya hidup sehat agar imun tubuh tetap terjaga dengan baik, ikuti kebijakan pemerintah untuk penegahan penyebaran virus corona dengan melakukan kegiatan di rumah saja atau work from home.

Baca Juga: RS Covid-19 di Pulau Galang, Fakta Rumah Sakit Khusus Corona di Indonesia