Ibu Rumah Tangga, Ini Resepnya agar Selalu Bahagia dan Semangat

Saat sudah menikah, seorang wanita biasanya dihadapkan dengan dua pilihan yang sulit. Apakah dirinya akan berkarier atau fokus mengurus rumah tangga. 

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, buat kamu yang sebelumnya sudah bekerja, kemudian berganti peran menjadi ibu rumah tangga penuh, tentu perlu adaptasi.

Menariknya, perbedaan peran ini tak lantas membuat kamu kehilangan semangat dalam menjalani keseharian. Penasaran dengan rahasianya? Yuk, simak dalam poin-poin berikut!

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

loader
Menyalurkan hobi di rumah

1. Sesekali keluar rumah

Banyaknya pekerjaan rumah yang mesti dibereskan sungguh menyita waktu. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk menghabiskan seluruh waktu di rumah saja.

Sesekali, pergi keluar rumah, seperti supermarket, mal, pasar, atau mengantar anak ke sekolah. Silaturahmi ke rumah tetangga juga bisa asalkan tidak untuk bergosip.

Tidak perlu lama-lama. Cukup luangkan waktu 30-60 menit setiap harinya untuk menghirup udara segar atau ‘cuci mata’.

Suasana yang berbeda dapat memberi semangat baru. Membuat kamu tidak cepat merasa bosan menjalani peran menjadi ibu rumah tangga. 

2. Menyalurkan hobi di rumah

Menjadi ibu rumah tangga memang hampir selalu mengerjakan hal yang sama setiap harinya. Agar tidak menjemukan, coba selingi dengan aktivitas yang berkaitan dengan hobimu di rumah.

Contohnya memasak, berkebun, menghias ruangan, atau karaoke. Hobi ini setidaknya dapat sedikit mengobati jenuhmu, membuat pikiran kembali rileks, dan pastinya biar tetap waras.

Lakukan hobimu setelah pekerjaan rumah selesai. Dengan begitu, kamu dapat melakoni hobi tersebut dengan leluasa tanpa memikirkan pekerjaan rumah.

3. Mencoba tampil cantik setiap saat

Siapa bilang tampil cantik hanya saat di luar rumah saja? Di rumah juga harus agar suami betah dan tidak melirik wanita lain.

Kalau kamu di rumah penampilan lusuh, cuma pakai daster terus, tidak pernah menggunakan make up, sangat kurang menarik. Dipandang diri sendiri saja tidak enak, apalagi dilihat suami.

loader
Ikut pelatihan atau kursus

4. Ikut pelatihan

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti berhenti menimba ilmu. Jika tidak mungkin melanjutkan pendidikan, kamu dapat mengikuti pelatihan apapun yang sesuai dengan minatmu.

Misalnya kursus masak, membuat kue, atau pelatihan lainnya. Untuk hal ini, kamu dapat meminta izin suami. Bentuk pelatihannya bisa offline maupun online, atau berbayar dan gratis.

Dengan begitu, kamu punya kesibukan lain yang dapat meningkatkan kompetensi, selain mengurus rumah tangga.  

5. Bersosialisasi dengan tetangga

Hal paling sederhana yang bisa ibu rumah tangga lakukan, namun terbukti memberikan semangat lebih adalah bergaul dengan tetangga. Ya, bersosialisasi di lingkungan masyarakat sangat penting.

Sosialisasi yang dibangun nantinya akan menguntungkan kamu juga. Jika sewaktu-waktu butuh bantuan, kamu dapat meminta tolong kepada tetangga. Pun sebaliknya.

loader
Bekerja paruh waktu atau jualan online

6. Bekerja paruh waktu di rumah

Kalau bosan, kamu dapat meminta restu suami untuk bekerja paruh waktu di rumah. Entah itu freelance, atau jualan online.

Jadi, kamu tetap dapat membantu ekonomi keluarga tanpa melupakan tugasmu mengurus rumah dan anak. Kegiatan ini dapat membuatmu bersemangat karena kamu bisa menghasilkan uang sendiri.

7. Melanjutkan pendidikan

Menjadi seorang ibu rumah tangga memang tidak perlu gelar atau pendidikan tinggi. Namun apa salahnya untuk melanjutkan pendidikan bila keuangan memadai.

Dengan bekal ilmu yang bertambah, kamu akan dapat mengajari anak-anakmu pada setiap fase pendidikan. Selain itu, pendidikan juga sangat penting bagi masa depan mereka. Pendidikan mampu memerangi kebodohan dan kemiskinan. 

Temukan Cara untuk Mengembalikan Semangatmu

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan kembali semangatnya yang hilang, begitupula dengan kamu yang setiap hari berkutat dengan urusan rumah tangga.

Jangan biarkan dirimu larut dalam kesibukan sampai melupakan penampilan dan kesehatan mentalmu. Ibu rumah tangga juga berhak bahagia.

Lakukan hal apapun yang membuatmu merasa senang, bahagia, dan pastinya memberi semangat sepanjang hari. Bukan berarti mengurus anak dan suami tidak menyenangkan.

Keluarga adalah harta terindah dalam hidup seorang ibu. Namun, ibu rumah tangga perlu juga menyenangkan diri, misalnya dengan pergi ke salon, berbelanja, atau kegiatan lainnya.

Kalau kamu bahagia, keluarga juga akan ikut bahagia. Setiap hari kamu bekerja untuk menyenangkan suami dan anak-anak. Tetapi jangan sampai kamu melupakan kebahagiaan dirimu.