Ide agar Libur Akhir Tahun Kamu Tetap Seru Meski di Rumah

“Libur telah tiba, libur telah tiba, hore, hore, hatiku gembira...”

Masih ingatkah dengan lagu keriangan menyambut hari libur yang dinyanyikan penyanyi cilik era 2000-an, Tasya Kamila, ini? Yup, hari libur adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu banyak orang setelah lelah melakukan berbagai aktivitas dan rutinitas sehari-hari.

Ada banyak momen hari libur di Indonesia, salah satunya adalah libur akhir tahun. Libur akhir tahun memang menjadi salah satu momen yang seringkali digunakan untuk menghabsikan waktu bepergian ke suatu tempat yang selama ini ingin dikunjungi untuk bersantai.

Jika mengisi hari libur dengan pergi ke destinasi di dalam kota atau ke luar kota, bahkan ke luar negeri, tentu ada biaya yang harus dikeluarkan, dan pastinya tidaklah sedikit. Tapi, bagi kamu yang tidak punya agenda berlibur ke suatu destinasi wisata, kamu tetap bisa kok mengisi hari libur akhir tahun seru di rumah.

Berikut 5 inspirasi mengisi libur akhir tahun tetap seru di rumah dan hemat biaya tentunya. Apa saja?

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Berkreasi di Dapur

Bagi kamu yang hobi memasak, membuat beraneka hidangan yang unik dan lezat, kamu bisa menyibukkan diri di dapur pada musim libur akhir tahun. Ada banyak makanan atau minuman, aneka kue dan roti serta lainnya yang bisa dikreasikan dengan bujet yang cukup minim dibanding bila kamu plesiran ke tempat wisata.

Dan hasilnya, kamu bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta atau sahabat-sahabat terkasih. Kamu bisa memilih jenis menu yang akan dikreasikan melalui akun-akun media sosial seperti Instagram, Facebook, atau website yang menyajikan tutorial cara membuat aneka makanan atau minuman melalui videonya.

Contohnya, kamu bisa membuat makanan ringan dari bahan dasar kentang, roti, ayam, tortilla dan masih banyak lagi, yang dikreasikan dengan keju, telur, dan lainnya. Atau, bisa juga berkreasi dari bahan-bahan cokelat, susu, kacang-kacangan, buah, dan lainnya. Bila bahan dasar resep tersebut tidak sesuai dengan selera, kamu pun bisa menggantinya sesuai selera.


Fun size snacks via tasty.co

Baca Juga: Tips Lengkap Berhemat Saat Belanja di Supermarket

2. Membuat Craft

Nah, bagi yang tidak begitu hobi memasak, tapi lebih tertarik membuat aneka kerajinan tangan (handy craft), ada baiknya melakukan kegiatan ini untuk mengisi hari libur akhir tahun tetap seru di rumah. Kamu bisa menemukan berbagai inspirasi kerjainan tangan ini di sosial media atau situs yang memberikan tutorial membuat craft tersebut.

Ada banyak kerjainan yang hanya membutuhkan barang-barang bekas, seperti baju dan pernak perniknya, bahkan botol bekas atau toples yang bisa dimanfaatkan. Bahan-bahan penunjang lainnya untuk membuat craft juga tidak terlalu sulit didapat, seperti gunting, lem, lilin, dan masih banyak lagi.

 
21 inspiring craft via 5-minute craft youtube.com

3. Nonton Komedi

Bila kamu termasuk orang yang tidak hobi di dapur dan membuat kerjainan tangan, kamu tetap bisa menghabiskan libur akhir tahun seru di rumah dengan tertawa bersama keluarga atau sahabat. Kamu bisa menonton film-film komedi atau acara-acara talkshow komedi, maupun stand up comedy yang bisa kamu cari di youtube atau televisi.

 
Komedian Cak Lontong via aadc-youtube.com

Baja Juga: Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

4. Bermain Game

Ada banyak permainan yang bisa dilakukan tapi selama ini tidak pernah punya waktu karena kesibukan aktivitas sehari-hari. Nah, libur akhir tahun ini, bisa kamu gunakan untuk sekedar bermain game di rumah namun menyenangkan.

Kamu bisa mencari berbagai macam permainan yang bisa dilakukan bersama keluarga atau sabahat. Kamu bisa mendapatkan ide permainan dari sosial media atau situs-situs yang memberikan contoh-contoh permainan untuk dicoba. Lebih seru lagi, bila permainan ini memberikan pengalaman science (ilmu pengetahuan).


9 kid-friendly science experiments via buzzfeednifty-youtube.com

5. Kontemplasi dan Membuat Resolusi

Akhir tahun kerap menjadi waktu bagi seseorang untuk melakukan review atau kaji ulang apa saja yang sudah dilakukan sepanjang tahun terakhir dan apa saja yang telah dicapainya. Maka, bila kamu tidak memiliki agenda berlibur ke suatu tempat wisata, ada baiknya libur akhir tahun ini dijadikan waktu untuk kontemplasi (melakukan renungan hidup).

Artinya, kamu benar-benar menyisihkan waktu hanya untuk dirimu sendiri alias me time. Setelah itu, kamu bisa membuat resolusi-resolusi, apa saja yang ingin kamu capai di tahun depan.


50 New Years Resolutions Ideas for 2018 via lavendaire-youtube.com

Menikmati Libur Akhir Tahun Tak Selalu Harus Berwisata

Ada banyak cara untuk membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan semakin asyik. Tidak harus ke luar rumah, tapi bisa melakukan apa saja di rumah yang seru dan memberikan semangat baru dalam menyongsong tahun mendatang. Karena, yang terpenting adalah bisa menikmati waktu dengan menyenangkan dan merasa rileks.

Baca Juga: 7 Resolusi Keuangan untuk Rumah Tangga di Tahun Baru