Ide agar Libur Akhir Tahun Kamu Tetap Seru Meski di Rumah

“Libur telah tiba, libur telah tiba, hore, hore, hatiku gembira...”

Masih ingatkah dengan lagu keriangan menyambut hari libur yang dinyanyikan penyanyi cilik era 2000-an, Tasya Kamila, ini? Yup, hari libur adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu banyak orang setelah lelah melakukan berbagai aktivitas dan rutinitas sehari-hari.

Libur akhir tahun memang menjadi salah satu momen yang seringkali ditunggu-tunggu dan biasanya digunakan untuk bepergian ke suatu tempat yang selama ini ingin dikunjungi untuk bersantai.

Virus Covid-19 masih berkeliaran. Pandemi belum usai. Mau liburan ke luar kota atau luar negeri pun ada aturannya. Jadi, tidak bisa sebebas biasanya. 

Daripada ribet tes swab PCR maupun antigen, lebih baik tahan bepergian untuk sementara waktu. Liburan akhir tahun di rumah tetap seru jika kamu melakukan kegiatan menyenangkan.  

Biar liburan di rumah tetap happy, simak 10 inspirasi kegiatan libur akhir tahun di rumah aja. Apa saja?

Baca Juga: Ingin Liburan Pakai PayLater? Ini Pertimbangannya

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Berkreasi di Dapur

loader

Bagi kamu yang hobi memasak, membuat beraneka hidangan yang unik dan lezat, kamu bisa menyibukkan diri di dapur pada musim libur akhir tahun. Ada banyak makanan atau minuman, aneka kue dan roti serta lainnya yang bisa dikreasikan dengan bujet yang cukup minim dibanding bila kamu plesiran ke tempat wisata.

Dan hasilnya, kamu bisa menikmatinya bersama keluarga tercinta atau sahabat-sahabat terkasih. Kamu bisa memilih jenis menu yang akan dikreasikan melalui akun-akun media sosial seperti Instagram, Facebook, atau website yang menyajikan tutorial cara membuat aneka makanan atau minuman melalui videonya.

Contohnya, kamu bisa membuat makanan ringan dari bahan dasar kentang, roti, ayam, tortilla dan masih banyak lagi, yang dikreasikan dengan keju, telur, dan lainnya. Atau, bisa juga berkreasi dari bahan-bahan cokelat, susu, kacang-kacangan, buah, dan lainnya. Bila bahan dasar resep tersebut tidak sesuai dengan selera, kamu pun bisa menggantinya sesuai selera.

2. Membuat Craft untuk Dekorasi Rumah

loader

Nah, bagi yang tidak begitu hobi memasak, tapi lebih tertarik membuat aneka kerajinan tangan (handy craft), ada baiknya melakukan kegiatan ini untuk mengisi hari libur akhir tahun tetap seru di rumah. Kamu bisa menemukan berbagai inspirasi kerjainan tangan ini di sosial media atau situs yang memberikan tutorial membuat craft tersebut.

Ada banyak kerjainan yang hanya membutuhkan barang-barang bekas, seperti baju dan pernak perniknya, bahkan botol bekas atau toples yang bisa dimanfaatkan. Bahan-bahan penunjang lainnya untuk membuat craft juga tidak terlalu sulit didapat, seperti gunting, lem, lilin, dan masih banyak lagi.

3. Maraton Nonton Streaming Film

loader

Kamu tetap bisa menghabiskan libur akhir tahun seru di rumah dengan nonton streaming bersama keluarga atau sahabat. Ya, kamu juga bisa maraton nonton drama korea atau series favoritmu tanpa harus khawatir ada ganguan kerjaan. 

Selain itu, kamu juga bisa nonton streaming dan online bersamaan dengan teman atau kerabatmu. Tinggal pilih film-film yang menarik dan jangan lupa siapkan camilan dan minuman favoritmu ya biar nonton makin menyenangkan. 

Baca Juga: Nonton Bikin Happy, Simak Cara Langganan Streaming Berbayar Paling Hits Ini

4. Bermain Game

loader

Ada banyak permainan yang bisa dilakukan, tapi selama ini tidak pernah punya waktu karena kesibukan aktivitas sehari-hari. Nah, libur akhir tahun ini, bisa kamu gunakan untuk sekedar bermain game di rumah namun menyenangkan.

Kamu bisa mencari berbagai macam permainan yang bisa dilakukan bersama keluarga atau sabahat. Kamu bisa mendapatkan ide permainan dari sosial media atau situs-situs yang memberikan contoh-contoh permainan untuk dicoba. Lebih seru lagi, bila permainan ini memberikan pengalaman science (ilmu pengetahuan).

5. Kontemplasi dan Membuat Resolusi

loader

Akhir tahun kerap menjadi waktu bagi seseorang untuk melakukan review atau kaji ulang apa saja yang sudah dilakukan sepanjang tahun terakhir dan apa saja yang telah dicapainya. Maka, bila kamu tidak memiliki agenda berlibur ke tempat wisata, ada baiknya libur akhir tahun ini dijadikan waktu untuk kontemplasi (melakukan renungan hidup).

Artinya, kamu benar-benar menyisihkan waktu hanya untuk dirimu sendiri alias me time. Setelah itu, kamu bisa membuat resolusi-resolusi, apa saja yang ingin kamu capai di tahun depan.

6. Cari Hobi Baru, Buat Masker Kain 

loader

Buat kamu yang libur panjang ini tetap ingin produktif, maka tak ada salahnya jika kamu mencoba mencari hobi baru. Misalnya saja menjahit. Mulai saja dengan nonton cara menjahit dari YouTube dan kamu bisa langsung praktik dengan cara menjahir masker kain buatanmu sendiri.

Dijamin, kamu akan merasa happy dan bangga dengan hasil masker buatanmu sendiri. Siapa tahu, hal ini ke depan bisa menjadi ladang cuan usaha bisnis kamu sendiri lho. 

Baca Juga: 7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

7. Bikin Konten di TikTok

loader

Aplikasi Tik Tok kian populer dan ada banyak video-video berdurasi singkat yang kreatif, menghibur hingga informatif. Tentu pas liburan panjang ini, kamu bisa memanfaatkan waktumu seperti membuat konten Tik Tok.

Jangan salah, ada banyak tips dan trik membuat konten di Tik Tok yang bisa kamu pelajari dan coba lakukan. Mulai dari editing video untuk story telling hingga joget-joget asyik ala Tik Tok, semuanya bisa kamu explore dan coba. 

Ketimbang jadi penonton aja, coba juga menjadi pembuat konten di TikTok, siapa tahu konten kamu jadi viral dan membuatmu menerima tawaran seperti jadi freelancer untuk editor video dan lain sebagainya.

8. Berkebun dengan Merawat Tanaman Hias  

loader

Libur panjang akhir tahun ini kamu juga bisa isi dengan kegiatan seperti merawat tanaman hias. Apabila selama ini kamu sibuk bekerja tak ada waktu untuk merawat tanaman-tanamanmu, maka inilah saat yang tepat.

Kamu tahu, memelihara tanaman hias di dalam ruangan itu menyenangkan. Tanaman hias ini memiliki fungsi seperti penyaring udara alami, penambah warna dekorasi ruangan, hingga sebagai stress reliver. 

9. Nge-vlog

loader

Zaman sekarang membuat konten video bukan hanya bisa dilakukan di aplikasi Tik Tok. Kamu juga dapat mengunggahnya di YouTube. Media sosial kekinian sebagai pendulang uang. 

Nge-vlog konten yang kamu suka dan pastinya menarik agar ditonton banyak orang. Misalnya, konten video kegiatan sehari-hari kamu di rumah, konten mukbang atau makan, bernyanyi, memasak, make-up, dan lainnya. 

10. Membaca Buku

loader

Buku adalah jendela dunia. Gudangnya ilmu. Jadi, liburan jangan hanya sibuk dengan ponsel, meskipun kamu dapat mencari tahu hal-hal baru di dunia maya.

Dengan membaca buku, wawasan dan pengetahuanmu akan bertambah. Apalagi buat orang yang suka membaca, liburan waktunya 'melahap' semua buku favorit. Daripada pergi ke luar rumah menghabiskan duit, lebih baik membaca buku, mengikuti kebiasaan orang-orang sukses. 

Menikmati Libur Akhir Tahun Tak Selalu Harus Berwisata

Ada banyak cara untuk membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan semakin asyik. Tidak harus ke luar rumah, tapi bisa melakukan apa saja di rumah yang seru dan memberikan semangat baru dalam menyongsong tahun mendatang. Karena, yang terpenting adalah bisa menikmati waktu dengan menyenangkan dan merasa rileks.

Baca Juga: 5 Jurus Anti Bokek Usai Libur Akhir Tahun, Nomor 2 Wajib Banget