Ide Bisnis Es Jeruk Peras yang Menjanjikan Keuntungan di Iklim Tropis Indonesia

Negara-negara di wilayah Asia Tenggara memang dikenal memiliki iklim tropis dengan dua musim. Maka dari itu, musim panas bahkan pancaroba sering membuat cuaca di Indonesia terasa panas dan gersang.

Mengetahui fakta tersebut, tak sedikit orang yang telah menjadikannya sebagai kesempatan untuk meraup keuntungan yang cukup menggiurkan. Salah satunya adalah dengan berwirausaha membuat gerai es jeruk peras murni.

Dalam kurun beberapa tahun terakhir ini, memang bisnis minuman jeruk peras ini banyak dilirik oleh pebisnis dalam negeri. Alasannya karena bisnis tersebut dapat memberikan keuntungan yang cukup besar dengan modal bisnis yang tidak seberapa. Bisa dibilang, usaha jeruk peras ini adalah bisnis zero risk karena potensi kerugiannya yang minim. 

Selain itu, mengonsumsi air jeruk murni juga dapat memberikan asupan vitamin C bagi tubuh dan mengembalikan semangat untuk kembali beraktivitas. Maka, tidak aneh jika penjual es jeruk peras banyak dijumpai di wilayah perkotaan yang padat dan panas. 

Nah, jika Anda melihat potensi bisnis tersebut, tidak ada salahnya untuk menyimak cara sukses menjalankan ide bisnis jeruk peras berikut ini.

Ketahui Modal Awal Berbisnis Es Jeruk Peras

  Bisnis es jeruk peras

Sumber: reseptigaem.blogspot.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, memulai bisnis jeruk peras ini tidaklah memerlukan modal besar. Namun, jika tidak memiliki modal sama sekali juga akan membuat bisnis jeruk peras ini sulit untuk menarik minat beli masyarakat. Alhasil, bisnis es jeruk yang dimiliki tidak akan bisa berkembang dan memberikan keuntungan.

1. Pembuatan Booth atau Stan

Pada dasarnya, untuk bisa menjadi pengusaha es jeruk peras, ada beberapa kebutuhan wajib yang harus disiapkan. Kebutuhan wajib tersebut adalah booth atau stan sebagai tempat menjajakan dagangan. 

Jika memungkinkan, buatlah booth sekreatif mungkin agar konsumen juga semakin tertarik untuk membeli es jeruk yang dijajakan.

Harga pembuatan sebuah booth juga beragam, tergantung dari besar dan tingkat kesulitan pembuatannya. Umumnya, sebuah booth dengan kualitas standar dibanderol dengan harga sekitar 2 juta Rupiah. 

Tentunya, modal booth tersebut dapat bertambah ataupun berkurang, tergantung dari seberapa kreatif Anda dalam mendesain booth jualan dan memaksimalkan bahan yang tersedia.

2. Alat Peras Jeruk

Selain menyiapkan booth sebagai tempat berjualan, alat peras jeruk juga merupakan peralatan utama yang harus disediakan. Tanpa adanya alat tersebut, bisnis jeruk peras yang dimiliki tidak bisa berjalan dengan baik. Biasanya, dana yang dibutuhkan untuk membeli alat tersebut kurang lebih sebesar 1 juta Rupiah.

3. Peralatan dan Perlengkapan Tambahan

Setelah mendapatkan stan jualan dan juga alat peras jeruk, Anda hanya tinggal membeli beberapa perlengkapan kecil lainnya. Seperti etalase, gelas plastik, sedotan, serta wadah untuk menempatkan es. Anda juga dapat menyiapkan ember jika dirasa dibutuhkan saat berjualan. 

Anggap saja total pembelian perlengkapan tambahan tersebut menelan biaya sebesar 500 sampai 700 ribu Rupiah. Jadi, dengan modal kurang dari 3.7 juta Anda telah siap menjadi pengusaha es jeruk peras dan meraup keuntungan dari bisnis tersebut.

Baca Juga:  6 Ide Bisnis Waralaba yang Menguntungkan

Biaya yang Dibutuhkan untuk Operasional Bisnis Jeruk Peras

Selesai menghitung jumlah modal dasar untuk memulai bisnis jeruk peras, kini kita harus beralih membicarakan tentang biaya operasional dari bisnis tersebut. Biaya operasional meliputi jeruk peras, air gula, dan juga es batu. 

Tentunya, Anda harus siap membeli kebutuhan tersebut setiap hari, atau setiap kali stok menipis.

Pengusaha bisnis es jeruk segar atau peras biasanya akan menyiapkan sekitar 10 kilogram jeruk peras, bisa lebih atau kurang. Semua tergantung permintaan pasar. Dengan membeli 10 kg jeruk peras tersebut, kurang lebih akan merogoh kocek sebesar 200 ribu Rupiah.

Kemudian, Anda juga harus menyiapkan air gula asli sebagai pemanis di air jeruk yang dijajakan. Untuk kebutuhan 10 kg jeruk peras, membutuhkan air gula dengan kapasitas 3 kg. Modal yang dibutuhkan untuk membuat air gula sebanyak 3 kg, biasanya berada pada kisaran harga 50 ribu Rupiah.

Terakhir untuk keperluan es batu, Anda dapat menyesuaikannya dengan takaran normal yang disajikan. Agar perhitungan lebih mudah, untuk keseluruhan 10 kg jeruk peras tersebut, modal es batu yang dibutuhkan sebesar 50 ribu Rupiah. 

Berdasarkan kebutuhan tersebut, hanya dengan modal sekitar 4 juta Rupiah, Anda telah siap untuk menjadi penjual es jeruk peras segar.

Perhitungan Balik Modal dari Berbisnis Jeruk Peras

Setelah melakukan perhitungan modal yang dibutuhkan. Sekarang saatnya beralih pada perhitungan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa mengembalikan modal bisnis tersebut.

Umumnya, harga jual minuman jeruk peras adalah 5000 Rupiah per gelas. Dengan menyiapkan stok 10 kg jeruk peras setiap harinya, maka ada sekitar 100 gelas jeruk peras yang dapat dijual. Jadi, omzet harian yang akan didapatkan dari berjualan jeruk peras adalah sekitar 500 ribu.

Nah, untuk menghitung keuntungan bersihnya, Anda dapat mengurangi jumlah omzet harian x 30 hari lalu dikurangi total modal yang sudah dikeluarkan.

Dengan begitu, untuk bisa mendapatkan kembali modal bisnis jeruk peras, Anda hanya perlu berjualan kurang lebih satu bulanan saja. Sehingga, keuntungan akan langsung dirasakan mulai bulan berikutnya.

Pemilihan Lokasi yang Strategis untuk Berjualan

Dalam berwirausaha di bidang apapun, pemilihan lokasi berjualan memiliki peranan yang penting agar bisnis dapat berkembang dengan baik. Faktor lokasi ini juga memiliki pengaruh yang besar pada tingkat kesuksesan bisnis minuman jeruk peras yang dijalankan.

1. Jalan Besar atau Alun-Alun Kota

Selain menjajakan dagangan di pinggir jalan besar yang ramai, lokasi strategis seperti alun-alun kota dimana banyak ditemui orang sedang santai pun dapat dipilih. 

2. Tempat Berolahraga

Potensi larisnya bisnis minuman jeruk peras juga akan semakin meningkat ketika berjualan di lokasi-lokasi olahraga, seperti CFD dan gelanggang olahraga. 

Pasalnya, jajanan yang ditawarkan dikenal sebagai minuman yang tidak hanya menyegarkan, tapi juga menyehatkan bagi tubuh. Jadi, akan ada banyak calon konsumen yang pasti tertarik membeli minuman jeruk peras terus.

3. Sekolah, Universitas, dan Perkantoran

Kawasan padat penduduk seperti wilayah sekolah, universitas, dan perkantoran juga cocok untuk jadikan lahan berjualan. Karena harga jual minuman yang sangat terjangkau, maka siapa saja dapat membelinya.

Baca Juga: Segera Dapatkan Modal Bisnis Dari KTA

Gencarkan Promosi agar Bisnis Semakin Berkembang

Meskipun dianggap sebagai usaha kaki lima, Anda harus tetap gencar melakukan promosi agar pangsa konsumen semakin luas. Pasalnya, semakin banyak masyarakat yang tahu tentang bisnis yang dimiliki, maka semakin banyak pula pembeli yang berdatangan.

Cara umum dalam mempromosikan bisnis tersebut adalah dengan memberikan potongan harga atau mencanangkan program beli 1 gratis 1. Dengan begitu, Anda dapat menggaet lebih banyak pembeli. 

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi. Tak perlu repot, mintalah bantuan teman terdekat untuk membagikan akun media sosial/poster bisnis tersebut sehingga dapat dilihat lebih banyak orang. Melalui media sosial pula Anda bisa menginformasikan promosi yang sedang dilakukan.

Lakukan Eksperimen untuk Mendapatkan Varian Rasa Baru Minuman

Menggeluti bisnis minuman jeruk peras bukan berarti menghalangi Anda untuk berinovasi. Meski berfokus untuk menjajakan minuman dari jeruk peras, tidak ada salahnya untuk mencampurkan bahan lain agar dagangan tersebut memiliki nilai lebih.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan varian rasa baru pada minuman meski masih berbahan dasar jeruk peras. Anda bisa saja menambahkan susu kental manis atau buah lain yang sekiranya cocok dengan rasa asam manis dari jeruk peras. 

Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik membeli produk yang Anda jual ketimbang minuman jeruk peras lain.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Berikan Pelayanan yang Terbaik agar Bisnis Senantiasa Berjalan Sukses

Bisnis Es Jeruk Segar

Sumber: youtube.com

Dalam kegiatan berbisnis, pelayanan yang baik memiliki peranan paling besar agar bisnis dapat berjalan dengan sukses. Hal ini juga perlu dilakukan saat mengembangkan bisnis minuman jeruk peras sehingga dapat memberikan keuntungan yang maksimal. 

Untuk itu, berikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pembeli agar konsumen merasa nyaman dan tidak ragu untuk membeli produk Anda kembali.