10 Ide Jualan Makanan Online yang Ramah Pemula dengan Modal Kecil

Ide jualan makanan online menjadi salah satu yang paling banyak dicari belakangan ini. Bagaimana tidak, bisnis jualan makanan online memang masih sangat populer dan banyak diminati. Peluang bisnis makanan online terbuka dengan lebar, terutama sejak kehadiran aplikasi pengantaran makanan online yang makin banyak digunakan belakangan ini.

Namun, ketatnya persaingan bisnis di bidang kuliner ini tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Penting untuk mendapatkan ide jualan makanan kekinian yang tepat, agar bisnis makanan online bisa berjalan dengan baik kedepannya. Hal ini akan membantu kamu untuk bisa sukses jualan makanan online terlaris, meski hanya menggunakan modal awal yang minim sekalipun. 

Baca juga: 10 Ide Jualan Online dengan Modal Kecil dan Tips Suksesnya

Temukan 10 Ide Jualan Makanan Online yang Paling Tepat

loader

Jualan Makanan Online

Tidak harus selalu dengan modal yang besar, pada dasarnya ide jualan makanan online juga ada yang ramah di kantong. Sebagian pebisnis kuliner yang sukses, bahkan memulai bisnisnya hanya dengan modal yang kecil saja. Cari dan temukan ide jualan online yang tepat dan bisa dikuasai dengan baik sehingga rencana bisnis ini bisa berjalan dengan sukses.

Berikut ini adalah beberapa ide jualan makanan online dengan modal minim dan ramah pemula, yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

1. Frozen Food

Ini merupakan ide jualan makanan kekinian yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Bisnis frozen food begitu laris manis selama beberapa tahun belakangan, terutama sejak masa pandemi. Permintaan makanan olahan yang satu ini tidak pernah sepi sehingga peluang sukses bisnis ini akan begitu besar. Ada banyak produk yang bisa dijadikan pilihan, seperti nugget ikan, donat kentang, sayuran beku, nugget pisang, bakso, ayam ungkep, dan yang lainnya.

Bahan baku untuk membuat aneka frozen food ini juga cukup mudah didapatkan, bahkan harganya juga relatif murah. Gunakan daging, ikan, telur dan juga bumbu berkualitas baik agar makanan olahan yang dihasilkan juga lezat. Dengan modal sekitar Rp500.000-an saja, bisnis jualan makanan online terlaris ini sudah bisa dijalankan. 

2. Keripik

Siapa yang tidak suka keripik? Panganan yang satu ini menjadi favorit banyak orang, bahkan semua usia menyukainya. Ide jualan online yang satu ini bisa dilakoni dengan menyediakan beberapa jenis keripik yang berbeda sekaligus, seperti keripik kentang, keripik singkong, keripik sayuran, dan lainnya. Gunakan kemasan yang menarik agar keripik ini laris manis saat dijual.

Selain membuat varian keripik yang beragam, buat juga varian rasa yang berbeda untuk masing-masing keripik, seperti keripik singkong balado, keripik singkong manis, dan lainnya. Camilan renyah ini hanya membutuhkan bahan utama seperti singkong saja. Sisanya, kreasikan bumbu dan juga kemasan untuk membuatnya menarik. Bisnis ini sudah bisa dijalankan dengan modal awal sekitar Rp300.000-an saja.

3. Kue Kering

Kue kering menjadi ide jualan makanan lainnya yang cocok dijalakan secara online. Bukan hanya hadir di momen tertentu saja, saat ini kue kering bahkan sudah banyak dijadikan sebagai hampers sehingga banyak dicari sepanjang waktu. Jika ingin bisnis ini lebih sukses, kreasikan rasa dan tampilan kue kering yang baru serta menarik.

Jualan makanan online yang satu ini juga tidak selalu membutuhkan modal besar, apalagi jika sudah memiliki peralatannya di rumah. Cukup dengan modal Rp500.000-an saja, bisnis rumahan ini sudah bisa dijalankan. Pilih jenis kue yang banyak disukai, seperti nastar, palm cheese, kue abon, dan lainnya. 

4. Sambal

Sambal kemasan menjadi ide jualan makanan online terlaris berikutnya yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Permintaan akan sambal memang tidak pernah putus, sebab ini sudah menjadi kebutuhan tersendiri untuk sebagian orang. Bahan baku yang dibutuhkan juga sangat simpel, seperti cabai, tomat, bawang, dan bumbu tambahan lainnya. 

Gunakan bahan baku yang berkualitas dan lakukan proses pembuatan yang higienis agar kualitas sambal bagus. Selain itu, gunakan juga kemasan yang bagus dan rapi. Jika ingin lebih menarik, hadirkan varian sambal yang tidak biasa atau unik untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Hanya dengan modal Rp500.000-an saja, bisnis sambal ini sudah bisa dijalankan dengan baik. 

5. Rice Bowl

Makanan yang satu ini juga terbilang populer dan banyak diminati. Dikemas dengan menarik dan sederhana, rice bowl memang dianggap cocok untuk anak muda atau bahkan mereka yang bekerja kantoran. Pangsa pasarnya yang luas membuat ide jualan online ini sangat layak untuk dicoba. 

Pilih menu-menu rice bowl sederhana nan menarik sehingga mudah untuk disiapkan, seperti beef yakiniku, rendang ayam, sambal cumi asin, udang crispy, dan lainnya. Jangan lupa untuk menggunakan kemasan yang tepat, agar tampilan rice bowl menarik. Dengan modal awal Rp500.000-an saja, ide jualan online yang satu ini sudah bisa dieksekusi. 

Baca juga: 10 Ide Jualan Kekinian, Dijamin Laris Manis!

6. Snack Pedas Berlevel

Camilan yang satu ini bisa jadi ide jualan makanan kekinian yang cocok dijalankan online. Rasanya yang gurih pedas dan renyah membuat makanan ini sangat banyak disukai, terutama oleh anak muda. Agar lebih menarik, tawarkan snack ini dengan level kepedasan tertentu. 

Jualan makanan online ini tidak akan merepotkan, sebab ini termasuk makanan yang awet dan bisa disimpan lama. Cukup pilih beberapa varian kerupuk yang tepat, termasuk makaroni dan mie renyah yang banyak dicari. Untuk memulai bisnis ini, cukup siapkan modal sekitar Rp300.000-an saja di awal. 

7. Cuanki, Cireng, Bakso Aci, dan Seblak Instan

Berbagai makanan khas Sunda ini menjadi ide jualan makanan online yang memiliki prospek menjanjikan. Selain rasanya yang enak, berbagai makanan ini juga akan selalu ramai peminat. Pada dasarnya, hampir semua camilan ini menggunakan tepung tapioka dan hanya ditambahkan beberapa bumbu saja. 

Untuk membuatnya menarik, gunakan kemasan dan juga gambar yang bisa menggugah selera makan. Selain itu, hadirkan juga varian rasa yang unik dan berbeda dari yang lainnya, seperti seblak keju balado. Cukup dengan modal Rp300.000-an saja, bisnis yang satu ini sudah bisa dijalankan. 

8. Abon

Abon bisa jadi ide jualan makanan lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan. Sediakan beberapa varian abon yang berbeda, seperti abon ikan, abon lele, abon ayam pedas, abon sapi, dan lainnya. Gunakan bahan baku dan bumbu yang berkualitas baik agar abon benar-benar enak.

Jika ingin menjangkau lebih banyak pembeli, siapkan juga produk ini dalam beberapa ukuran kemasan yang berbeda. Ide jualan makanan ini sudah bisa dimulai dengan modal Rp500.000-an saja. Namun, jika ingin lebih hemat, membuat 2-3 varian saja pada masa awal bisnis bisa jadi pertimbangan.

9. Permen

Jika ingin ide jualan makanan online yang unik, maka ini bisa jadi pilihan yang tepat. Ada banyak permen yang bisa dibuat dengan mudah, seperti permen susu, permen coklat, permen jelly, bahkan lollipop. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit didapatkan, seperti gula, sirup, susu, dan yang lainnya. 

Dengan modal awal Rp300.000-an saja, ide jualan makanan kekinian ini sudah bisa dijalankan. Hadirkan varian permen dengan rasa yang unik, agar lebih menarik. Gunakan juga kemasan yang unik dan cantik untuk setiap permen tersebut.

10. Aneka Coklat Cantik 

Coklat rumahan juga bisa menjadi ide jualan makanan online yang menjanjikan. Saat ini, berbagai cetakan coklat yang unik sudah mudah ditemukan, harganya bahkan cukup murah. Berbagai cokelat ini bisa dikemas menjadi hampers atau bahkan kado yang menarik.

Gunakan coklat berkualitas baik dan tambahan pewarna dan perasa yang tepat, agar coklat enak dan disukai banyak orang. Selain itu, kemasan yang unik juga tentu akan sangat membantu. Dengan modal Rp300.000-an saja, ide jualan makanan online terlaris ini sudah bisa dijalankan dengan baik. 

Tips Jualan Makanan Online Terlaris

Berikut ini adalah beberapa tips jualan makanan online yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

  • Pilih ide jualan makanan kekinian yang tepat dan bisa dijalankan dengan baik agar rencana bisnis bisa berjalan dengan lancar kedepannya. 
  • Lakukan kegiatan promosi bisnis secara berkala agar angka penjualan bisa didapatkan secara maksimal.
  • Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi ide jualan makanan dan melakukan inovasi dalam bisnis sehingga bisnis bisa bertahan dan mampu menghadapi ketatnya persaingan.
  • Memaksimalkan pemasaran online dengan memanfaatkan marketplace maupun aplikasi pengantaran makanan. 
  • Jaga kualitas produk makanan dan juga kualitas layanan agar bisnis online tetap berjalan dengan lancar dan sukses.

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan Usaha yang Mudah

Pilih Ide Jualan Makanan Online yang tepat sejak awal

Kesuksesan  dalam bisnis makanan online bukanlah impian semata, jika kamu bisa menemukan ide jualan online yang tepat. Rencanakan dan jalankan bisnis makanan online secara konsisten agar bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa untuk selalu berinovasi agar bisa mendapatkan kesuksesan maksimal dari bisnis tersebut.