Ikuti 6 Langkah Ini untuk Meningkatkan Cara Berpikir Strategis

Selain berpikir kritis, ada satu cara berpikir lain yang patut ditingkatkan yaitu berpikir strategis. Pola pikir ini mengajakmu untuk menyelesaikan masalah dengan cara membuat sejumlah rencana, lalu menganalisisnya sebelum akhirnya diterapkan di dunia kerja.

Berpikir strategis tidak hanya berlaku untuk top management, tapi juga kepada bawahan sehingga pencapaian suatu tujuan menjadi lebih mudah.

Apakah kamu sudah mampu berpikir secara strategis? Atau mungkin masih butuh peningkatan? Berikut beberapa langkah meningkatkan cara berpikir strategis yang bisa kamu terapkan dalam keseharianmu.

Langkah Meningkatkan Cara Berpikir Strategis

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cari masalah yang ingin diselesaikan

loader
Cari masalah yang ingin diselesaikan

Kemampuan berpikir strategis bisa terlatih dengan adanya suatu masalah. Coba ingat-ingat lagi masalah apa yang belakangan ini menimpamu, tapi kamu belum bisa selesaikan. Kamu bisa jadikan ini sebagai sampel untuk mengasah pola pikir strategis.

Teknik penyelesaiannya tentu bukan dengan berpikir keras, tapi lebih ke membuat alur penyebab terjadinya suatu masalah. Lalu, kamu bisa simpulkan strategi penyelesaiannya dengan menarik satu benang lurus.

Kamu bisa membuat beberapa strategi penyelesaian. Apabila strategi yang satu tidak berhasil, kamu bisa coba strategi lain sampai masalah benar-benar terselesaikan dengan hasil seperti yang diharapkan. 

2. Coba hal-hal baru

Dalam berpikir strategis, kamu dituntut untuk berpikiran out of the box. Mau tidak mau kamu harus mencoba hal-hal baru yang bisa menambah wawasan terhadap hal-hal baru juga. Kamu bisa langsung kembangkan untuk menyempurnakan cara berpikir strategis.

Saat mencoba hal-hal baru, akan ada risiko yang muncul. Tapi tenang, risiko ini sama sekali tidak merugikanmu secara permanen. Justru dengan adanya risiko kamu bisa lebih berhati-hati saat merencanakan sesuatu.

Kamu bisa mulai dari hal-hal kecil, misalnya mencoba menerapkan rumus baru dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan angka. Siapa tahu rumus yang kamu temukan dapat mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

3. Tetapkan untuk tujuan jangka panjang

loader
Tetapkan untuk tujuan jangka panjang

Berpikir strategis sangat erat kaitannya dengan membuat rencana. Dalam merencanakan, coba buatkan tujuan jangka panjang agar kamu semakin terbiasa untuk berpikir strategis. Mulailah dengan membuat sebab dan akibat dari suatu masalah, lalu buatkan solusi dengan memperhatikan efeknya dalam jangka panjang.

Kalau solusinya menimbulkan efek negatif di masa depan, kamu bisa pikirkan cara soluktif untuk mengantisipasinya sehingga pekerjaanmu terbebas dari gangguan.

Kuncinya adalah jangan takut. Sekarang biasakan diri untuk merencanakan segala sesuatu dalam jangka panjang, jadi kamu tidak mengambil keputusan secara asal.

Baca Juga: Ingin Jadi Pemimpin di Perusahaan? Wujudkan dengan 7 Cara ini

4. Tentukan skala prioritas

Menentukan skala prioritas dalam menyelesaikan masalah akan membantumu meningkatkan pola pikir strategis. Sebab dari sekian banyak masalah, kamu harus memilih satu yang paling utama. Misalnya dalam meningkatkan penjualan, poin utamanya yaitu bagaimana caramu menciptakan teknik pemasaran yang baik.

Yang diprioritaskan tentu yang paling urgent saat ini. Bila tidak segera diselesaikan, takutnya akan berpengaruh pada pekerjaanmu yang lain.

Selain meningkatkan cara berpikir strategis, ini juga akan meningkatkan rasa fokus dalam menyelesaikan masalah guna mendapatkan hasil efektif dan efisien.

Baca Juga: 10 Cara Berpikir Positif di Kantor Agar Pekerjaan Selesai dengan Lancar

5. Libatkan orang lain

Idealnya, cara berpikir strategis dapat ditingkatkan dengan melibatkan orang lain dalam suatu proses. Kehadiran orang baru akan memunculkan inspirasi tertentu yang dapat kamu manfaatkan untuk menciptakan ide-ide baru dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Tidak melulu rekan kerja, kamu juga bisa melibatkan orang lain dalam komunitas yang diisi oleh orang-orang yang berkarier di bidang yang sama denganmu. Alhasil, proses diskusi bisa berjalan menarik.

Usahakan tidak menutup diri agar hal yang didiskusikan bisa kamu terima dan coba terapkan saat bekerja. Berhasil atau tidak, kamu bisa lihat progress dan hasil akhirnya nanti,

6. Jangan puas dengan hasil

loader
Jangan puas dengan hasil

Pola pikirmu akhir-akhir ini lebih strategis? Selamat, karena usahamu untuk meningkatkan cara berpikir strategis tidak sia-sia. Namun, jangan langsung puas pada hasil yang sudah didapat karena ini belum seberapa. 

Ingat, masalah yang kamu hadapi sekarang tidak ada apa-apanya dibandingkan masalah yang akan dihadapi pada hari esok. Sejatinya, kamu masih perlu belajar lagi agar cara berpikir strategis menjadi lebih maksimal, sehingga manfaatnya bisa kamu rasakan dalam ruang lingkup yang lebih luas. Tidak hanya dalam urusan pekerjaan, tapi juga urusan pribadi.

Latih dan asah terus supaya otak tetap bekerja. Dan istirahatlah yang cukup agar kinerja otak kembali maksimal pada esok hari.

Tingkatkan Secara Perlahan Agar Tidak Stres

Meningkatkan cara berpikir strategis bukan dengan cara memaksa otak untuk terus-menerusan bekerja, ya! Tingkatkan secara perlahan, yaitu dengan menerapkan tiga poin pertama seperti yang sudah dijelaskan di atas, baru lanjut ke tiga poin berikutnya. Kamu juga harus membiarkan otak beristirahat agar kondisinya kembali rileks, sehingga otak bisa menyelesaikan hal-hal baru yang mungkin akan jauh lebih rumit daripada hal-hal sebelumnya.

Baca Juga: Meningkatkan Produktivitas Melalui Cara Berpikir Positif Ini