Expectation Index, Aspek Penting Indeks Kepercayaan Komponen atau CCI dalam Ambil Keputusan investasi

Guna mengetahui tingkat kepercayaan konsumen pada kondisi ekonomi di masa depan, dikenal indeks kepercayaan konsumen atau bisa juga disebut sebagai Consumer Confidence Index alias CCI. Pada indeks ini pun terdapat banyak komponen yang mampu menjadi dasar dalam pengambilan keputusan investasi ataupun bisnis. Salah satunya adalah expectation index atau indeks ekspektasi. 

Secara umum, expectation index merefleksikan komponen yang memandang ke depan dari CCI. Tentunya, ada banyak manfaat dari memahami tentang apa itu expectation index ini bagi investor. Nah, jika ingin tahu lebih lanjut mengenai expectation index dan segala hal penting seputarnya, berikut telah terangkum penjelasan lengkapnya. 

Pengertian Expectation Index

loader

Expectation index adalah komponen dari indeks kepercayaan konsumen atau Consumer Confidence Index. Indeks kepercayaan tersebut dipublikasikan setiap bulan oleh bursa dan merefleksikan pandangan konsumen dalam jangka pendek atau 6 bulan mendatang. Indeks ini juga menunjukkan tentang sentimen konsumen terhadap pandangannya tersebut sehingga bisa menggambarkan tentang kinerja menyeluruh dari kondisi ekonomi. 

Expectation index dibuat dengan melihat rerata dari komponen CCI yang terdiri atas pandangannya dari kondisi ekonomi yang berdampak bagi mereka selama jangka waktu 6 bulan mendatang. Hal yang berdampak tersebut mencakup sektor bisnis, pekerjaan, dan pendapatan konsumen. 

Indeks ini juga bisa dipahami sebagai komponen yang menggambarkan pandangan ke depan dari indeks kepercayaan konsumen berdasarkan survei dari pandangan terhadap pendapatan, lapangan pekerjaan, dan situasi bisnis. Sebagai indikator yang menggambarkan kondisi ekonomi di masa depan, expectation index secara ketat diperhatikan untuk menjadi dasar pengambilan keputusan bisnis dan juga investasi. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Memahami Cara Kerja Expectation Index

Expectation index terdiri atas 60 persen dari keseluruhan indeks CCI. Bagi yang belum tahu, CCI adalah rerata respons dari 5 pertanyaan survei, di mana 3 di antaranya berkaitan dengan ekspektasi konsumen dalam waktu 6 bulan ke depan. Rerata dari ketika komponen tersebut yang menjadi dasar dari expectation index. 

Partisipan dari Survei Kepercayaan Konsumen menjawab pertanyaan seputar ekspektasinya pada kondisi bisnis dalam 6 bulan mendatang, apakah akan menjadi lebih baik, memburuk, atau tidak berubah. Pertanyaan yang diajukan juga seputar apakah mereka yakin jika lapangan pekerjaan dan pendapatan akan meningkat, menurun, atau stagnan saat 6 bulan mendatang.

Dari survei yang diberikan, para responden bisa memberi jawaban atas setiap pertanyaan dengan 3 opsi, yaitu positif, negatif, dan netral. Survei juga akan memberi pertanyaan tambahan tentang rencana pengeluaran partisipan dalam waktu 6 bulan mendatang sekaligus pandangannya terkait beberapa hal, seperti inflasi, tingkat bunga, dan harga saham selama 12 bulan mendatang. 

Sementara untuk sisa 40 persen dari indeks CCI digunakan untuk membuat Present Situation Index. Berbeda dengan indeks ekspektasi, Present Situation Index berkaitan dengan pandangan konsumen tentang sejumlah faktor ekonomi di masa sekarang. Tapi, kedua indeks ini dibuat berdasarkan respons yang dikumpulkan dari survei yang dilakukan setiap bulan. 

Survei yang dimaksud sendiri dilakukan pada 5 ribu responden rumah tangga terkait sikapnya terhadap kondisi ekonomi dan bisnis yang akan datang, dan pikirannya tentang hal yang akan dikembangkan di bulan-bulan berikutnya. Ketika data dari survei untuk kondisi saat ini dan yang akan datang telah dikumpulkan, 2 sub indeks akan dikombinasikan untuk membuat indeks kepercayaan konsumen secara utuh. 

Data yang terdapat pada indeks tersebut pun disusun berdasarkan usia, pendapatan, dan wilayah beserta faktor demografi lainnya. Indeks CCI secara luas dianggap akurat menunjukkan indikator ekonomi di kondisi perekonomian di wilayah atau negara tertentu. 

Peran Expectation Index Sebagai Komponen CCI

loader

Karena bisa digunakan untuk mengukur tren di masa depan dan mampu mempengaruhi perilaku pengambilan keputusan saat ini, indeks ekspektasi merupakan komponen penting pada indeks CCI. Juga, banyak bisnis yang menggunakan informasi tersebut untuk membantunya dalam mengambil keputusan berdasarkan data yang jelas dan melakukan penyesuaian pada strateginya. 

Sebagai contoh, expectation index menunjukkan apakah konsumen cenderung menghindari pengeluaran pada liburan jarak jauh selama 6 bulan ke depan. Mengetahui hal tersebut, industri hotel tidak akan membangun hotel baru di kurun waktu tersebut hingga informasi terbaru menyatakan kecenderungan konsumen yang sebaliknya. 

Contoh lain, expectation index mengindikasikan kondisi bisnis, lapangan pekerjaan, dan pendapatan akan tetap sama selama 6 bulan mendatang. Sehingga, para eksekutif mungkin memutuskan untuk menunda investasinya pada proyek baru hingga jangka waktu selanjutnya. 

Expectation Index Adalah Komponen Penting untuk Pahami Indeks Kepercayaan Konsumen

Itulah penjelasan tentang expectation index yang merupakan bagian penting dari CCI atau Indeks Kepercayaan Konsumen. Indeks ini menunjukkan pandangan konsumen di masa depan terkait kondisi bisnis, pekerjaan, dan pendapatan, serta kerap dijadikan dasar dalam mengambil keputusan bisnis dan investasi. Oleh karena itu, indeks ini sangat penting dan menjadi hal yang tak boleh diabaikan oleh pebisnis atau investor sebelum menentukan langkah ke depannya.