Mengenal Keputusan Bisnis dan Tips Melakukannya

Keputusan bisnis merupakan hal yang penting dan akan membawa pengaruh besar di dalam perkembangan sebuah bisnis. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pengambilan keputusan bisnis harus dilakukan dengan sangat hati-hati. 

Pengambilan keputusan dalam bisnis harus dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat, sehingga setiap keputusan yang diambil bisa memberikan dampak positif di dalam perkembangan bisnis itu sendiri. Ini berlaku untuk semua keputusan, termasuk proses keputusan pembelian bisnis yang dilakukan perusahaan. 

Baca Juga: Break Even Point: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Lindungi karyawan dengan asuransi kesehatan agar bekerja lebih nyaman.

Beli Asuransi Kesehatan Karyawan Sekarang!  

Pengertian Keputusan Bisnis 

loader

Membuat Keputusan Bisnis

Keputusan bisnis merupakan setiap pilihan yang diambil oleh para pelaku bisnis, di mana hal tersebut akan menentukan aktivitas perusahaan untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Keputusan bisnis ini juga kerap disebut sebagai keputusan operasional. 

Pengambilan keputusan dalam bisnis bisa saja dilakukan untuk menghadapi berbagai kondisi yang berbeda di dalam bisnis itu sendiri, misalnya: menentukan kandidat pekerja yang akan ditugaskan untuk menangani sebuah tugas, menentukan prosedur alokasi anggaran pada departemen, menentukan waktu peluncuran produk baru, dan yang lainnya. 

Pengambilan keputusan bisnis ini haruslah dilakukan oleh orang-orang yang profesional dan berwenang untuk urusan tersebut. Hal ini penting, mengingat keputusan bisnis seringkali membutuhkan berbagai informasi untuk strategi bisnis dan pengambilan keputusan penting di dalam perusahaan. 

Proses keputusan pembelian bisnis dan yang lainnya di dalam perusahaan, tentu saja harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Namun hal ini tentu harus didasarkan pada informasi untuk strategi bisnis dan pengambilan keputusan yang bisa memberikan dampak positif di dalam perkembangan bisnis itu sendiri. 

Mengapa Keputusan Bisnis itu Penting? 

Informasi untuk strategi bisnis dan pengambilan keputusan yang tepat merupakan hal yang sangat penting di dalam bisnis. Keputusan bisnis ini tidak hanya akan memberikan dampak jangka pendek, namun juga bisa memberi dampak jangka panjang di dalam bisnis. 

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sangat penting untuk mempertimbangkan pengambilan keputusan bisnis: 

  1. Mempengaruhi Keberlangsungan Perusahaan 

    Pengambilan keputusan dalam bisnis bisa mempengaruhi produktivitas perusahaan, di mana perusahaan melakukan adaptasi dan perubahan, sehingga pencapaian perusahaan untuk jangka panjang bisa meningkat. 

  2. Meningkatkan Profitabilitas 

    Pertimbangan yang tepat juga bisa membantu perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis yang cerdas dan kelak bisa meningkatkan profitabilitas perusahaan. Hal ini tidak hanya mencakup proses keputusan pembelian bisnis saja, namun juga yang lainnya, seperti: jalur penjualan yang baru, penawaran produk yang cerdas, langkah promosi yang tepat, dan yang lainnya. 

  3. Mempengaruhi Kesuksesan Rekrutmen 

    Pengambilan keputusan bisnis yang tepat terkait dengan perekrutan serta pelatihan akan berdampak baik bagi perusahaan. Hal ini bisa membantu perusahaan mendapatkan tenaga yang ahli dan sesuai dengan kebutuhan, termasuk mempermudah karyawan mendapatkan tingkat kepuasan di dalam pekerjaan yang mereka tangani nantinya. 

  4. Menunjukkan Sikap Profesional 

    Secara keseluruhan, informasi untuk strategi bisnis dan pengambilan keputusan yang tepat akan menunjukkan profesionalisme yang baik di lingkungan perusahaan, baik itu kepada atasan, tim dan pihak lain yang berkepentingan di dalamnya.

    Baca Juga: Manajemen, Pengertian Manajemen, Fungsi, dan Jenis Keilmuan yang Harus Kamu Tahu

Apa saja Jenis Keputusan Bisnis

Berikut ini adalah beberapa jenis keputusan bisnis yang kerap dilakukan dalam perusahaan: 

  1. Keputusan Operasional

    Ini merupakan keputusan bisnis harian yang dilakukan oleh karyawan perusahaan. Keputusan operasional ini bisa mencakup berbagai hal, seperti: kebutuhan pengiriman produk, proses inventaris produk, pengiriman produk kepada pelanggan, penggunaan anggaran departemen, proses pemasaran/ penjualan, dan yang lainnya. 

  2. Keputusan Strategis

    Keputusan strategis merupakan pengambilan keputusan dalam bisnis yang dilakukan untuk mencapai berbagai tujuan perusahaan di masa mendatang. Keputusan ini pada umumnya dilakukan untuk tujuan penggabungan tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini bisa saja mencakup banyak hal, seperti: penataan prosedur produksi, pengadaan investasi yang baru, penerapan strategi pemasaran yang baru, dan yang lainnya. 

  3. Keputusan Rekrutmen 

    Keputusan rekrutmen merupakan keputusan yang berkaitan dengan kebijakan perusahaan terkait proses perekrutan pekerja. Hal ini biasanya dilakukan dengan berbagai cara, seperti: identifikasi kebutuhan rekrutmen, deskripsi pekerjaan yang ditawarkan, evaluasi kandidat pekerja, proses wawancara, dan yang lainnya. Proses ini biasanya akan melibatkan beberapa pihak, namun keputusannya sendiri dilakukan oleh manajemen tingkat atas. 

  4. Keputusan Keuangan

    Ini merupakan keputusan bisnis yang dilakukan untuk menjaga kesehatan kondisi keuangan perusahaan. Hal ini mencakup banyak hal, seperti: distribusi anggaran di semua lini perusahaan, penetapan HPP dan biaya produksi, aktivitas investasi, pelunasan utang, pembayaran gaji karyawan, dan yang lainnya. 

  5. Keputusan Struktur Bisnis

    Keputusan terkait struktur bisnis ini biasanya dilakukan oleh perusahaan sebelum mulai menjalankan bisnis. Selain itu, sejumlah perusahaan juga kerap melakukan perubahan struktur bisnis ini setelah bisnis itu sendiri berjalan selama beberapa waktu, di mana perusahaan menganggap perlu adanya penyesuaian. Struktur bisnis ini pada umumnya mengacu kepada aturan yang dikeluarkan oleh badan hukum yang berwenang atas perusahaan tersebut, misalnya: kepemilikan perseroan, korporasi, kemitraan dan yang lainnya. 

  6. Keputusan Kebijakan Bisnis

    Ini merupakan berbagai keputusan yang berkaitan dengan karyawan, seperti: besaran tunjangan karyawan, cuti berbayar, kebijakan SDM yang berhubungan dengan rahasia perusahaan, cuti hamil, kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan konsumen serta kesejahteraan karyawan, cuti sakit, dan yang lainnya. 

  7. Keputusan Teknologi

    Keputusan bisnis yang satu ini merupakan keputusan diambil oleh para profesional perusahaan terkait dengan kebutuhan teknologi di masing-masing departemen maupun keseluruhan perusahaan. Pengambilan keputusan bisnis teknologi ini biasanya berkaitan dengan berbagai perangkat lunak SDM, peralatan komunikasi, peralatan-peralatan kantor, database yang dimiliki perusahan, dan yang lainnya.

Tips Mengambil Keputusan Bisnis dengan Cerdas

loader

Riset Pasar untuk Membuat Keputusan Bisnis

Pengambilan keputusan dalam bisnis merupakan hal yang sangat penting dan tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pengolahan informasi untuk strategi bisnis dan pengambilan keputusan ini biasanya akan didasari oleh berbagai fakta dan hal-hal yang berkaitan, agar keputusan tersebut memberi dampak baik bagi keberlangsungan perusahaan. 

Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengambil keputusan bisnis dengan cerdas: 

  1. Lakukan Identifikasi Terhadap Masalah

    Proses keputusan pembelian bisnis maupun yang lainnya harus diawali dengan identifikasi yang tepat terhadap permasalahan yang terjadi. Penting untuk memahami dengan baik apa saja masalah yang terjadi pada bisnis tersebut. Namun meski begitu, keputusan bisnis tidak harus dilakukan saat perusahaan sedang mengalami masalah saja. Sebaliknya, keputusan bisnis juga bisa dilakukan untuk mendapatkan peluang/ kesempatan yang lebih baik bagi perusahaan.

  2. Lebih Berani Mengambil Keputusan 

    Penting untuk memiliki keberanian dalam mengambil keputusan bisnis, termasuk dalam proses keputusan pembelian bisnis maupun yang lainnya. Namun keberanian ini tentu harus diimbangi dengan analisa dan pertimbangan yang tepat, sehingga setiap keputusan yang diambil bisa memberikan dampak positif pada bisnis yang sedang dijalankan. 

  3. Berdiskusi untuk Menemukan Solusi

    Selain mengambil keputusan sendiri, melibatkan pihak-pihak lain yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan juga tak kalah pentingnya. Lakukan diskusi untuk membahas masalah-masalah yang dihadapi terlebih dahulu, sehingga semua keputusan yang diambil bisa tepat dan menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan baik. Pastikan semua orang yang terlibat dalam diskusi ini adalah orang-orang kompeten dan bisa dipercaya. 

  4. Tetapkan Deadline untuk Setiap Keputusan

    Pengambilan keputusan tentu tidak selalu mudah, terutama jika menyangkut masalah-masalah yang berat. Namun menunda pengambilan keputusan juga seringkali menimbulkan masalah yang baru di dalam perusahaan. Biasakan untuk membuat deadline untuk pengambilan keputusan, sehingga keputusan tersebut bisa segera diterapkan untuk mendapatkan perbaikan/ penyelesaian masalah yang tengah dihadapi. 

  5. Manfaatkan Laporan Keuangan

    Jangan hanya bergantung pada perasaan saja saat mengambil keputusan bisnis, sebab hal ini bisa berakibat fatal bagi perusahaan. Manfaatkan data dan informasi yang valid untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi, salah satunya laporan keuangan. Ada banyak informasi berguna yang bisa didapatkan dari laporan keuangan, di mana hal ini akan sangat berguna untuk mengambil keputusan bisnis itu sendiri. 

Pahami dan Ambil Keputusan Bisnis dengan Tepat 

Pengambilan keputusan bisnis merupakan salah satu hal penting di dalam keberlangsungan perusahaan. Namun keputusan ini tidak bisa diambil dengan sembarangan, terutama untuk berbagai keputusan yang bersifat vital. Pahami permasalahan dan ambillah keputusan bisnis yang tepat, agar perusahaan bisa berkembang dan meraih kesuksesan maksimal.

Baca Juga: Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi, hingga Perencanaannya