Berisi Emiten dengan Prospek Menjanjikan, Yuk Kenali Apa Itu Indeks Papan Pengembangan dan Daftar Sahamnya

Tahukah kamu jika pada transaksi saham, istilah papan pencatatan masih kerap digunakan oleh investor? Istilah pencatatan atau listing saham yang bersifat terbuka atau dapat dibeli oleh investor publik pada bursa awalnya memang hanya dicatat pada papan perdagangan bursa. Melalui papan perdagangan atau papan pencatatan tersebut investor bisa melihat kondisi sebuah perusahaan atau emiten ketika pertama kali melangsungkan pencatatan pada bursa, termasuk dengan klasifikasinya. 

Di Bursa Efek Indonesia atau BEI sendiri, dikenal 3 papan pencatatan yang biasa dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh investor dalam berinvestasi saham, yaitu papan utama, pengembangan, dan akselerasi. Tentunya, masing-masing jenis papan pencatatan tersebut memiliki sejumlah perbedaan, terutama terkait klasifikasi dari saham yang tercatat di dalamnya. 

Nah, untuk kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang indeks papan pengembangan yang mana kerap dianggap memiliki deretan emiten dengan prospek pertumbuhan nilai yang menjanjikan. Tapi, apa yang sebenarnya dimaksud dengan papan pengembangan ini?

Untuk penjelasan lebih lanjutnya, simak ulasan tentang apa itu indeks papan pengembangan, kriteria seleksi, evaluasi rutin, serta deretan saham yang terdaftar di dalamnya berikut ini. 

Baca Juga: Berisi Kumpulan Saham Berkualitas, Yuk Kenali Apa Itu Infobank15, Kriteria Umum, dan Daftar Sahamnya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Sekilas tentang Indeks Papan Pengembangan

loader

Kenali apa itu Indeks Papan Saham

Secara umum, indeks papan pengembangan adalah indeks yang menilai kinerja harga semua saham yang tercatat pada Papan Pengembangan BEI atau Bursa Efek Indonesia. Indeks ini diluncurkan pada tanggal 8 April 2002, dan memiliki tanggal dasar 28 Desember 2001 serta nilai dasar 100. Sementara yang dimaksud dengan Papan Pengembangan sendiri adalah Papan Perdagangan yang tersedia di bursa saham untuk mencatat saham perusahaan menengah yang diharapkan bisa berkembang. 

Pengertian lainnya, papan pengembangan adalah papan perdagangan yang berisi saham dengan skala menengah sampai besar. Mengacu dari penjelasan pada POJK Nomor 53/POJK.04/2017, yang tergolong sebagai perusahaan dengan skala menengah ialah yang mempunyai aset di kisaran 50 miliar sampai 250 miliar rupiah. Sementara untuk perusahaan berskala besar mempunyai nilai aset mencapai lebih dari 250 miliar rupiah.

Karakteristik Saham yang Terdapat di Papan Pengembangan 

Terdapat beberapa karakteristik dari saham yang terdapat pada papan pengembangan, antara lain:

  • Memiliki badan hukum berbentuk PT atau Perseroan Terbatas.
  • Mempunyai masa operasional beserta pembukuan pendapatan bisnis lebih dari atau setara 12 bulan. 
  • Laba bisnis boleh merugi, dengan ketentuan proyeksi tahun kedua sampai keenam telah membukukan laba bersih dan laba bisnis. 
  • Mempunyai laporan finansial paling tidak 12 bulan dengan Opini Wajar Tanpa Modifikasi. 
  • Ukuran finansial berupa aktiva berwujud bersih lebih dari atau setara 5 miliar rupiah, atau laba bisnis lebih dari 1 miliar rupiah serta nilai kapitalisasi sahamnya lebih dari 100 miliar rupiah, maupun pendapatan bisnis lebih dari 40 miliar rupiah serta nilai kapitalisasi saham lebih dari 200 miliar rupiah. 
  • Jumlah penawaran saham pada publik minimal sebanyak 150 juta lembar saham. Apabila nilai ekuitas kurang dari 500 miliar, jumlah saham yang ditawarkan sebesar 20 persen. Sedangkan jika total penawaran saham berada di kisaran 500 miliar sampai 2 triliun, jumlah penawaran saham sebesar 15 persen, dan jika lebih dari 2 triliun sebesar 10 persen. 
  • Jumlah pemilik saham lebih dari 500 pihak.
  • Nilai saham perdana lebih dari atau sama dengan 100 rupiah per lembar.
  • Memiliki bentuk penjaminan berupa Full Commitment. 

Kriteria Seleksi Indeks Papan Pengembangan

loader

Saham

Sesuai namanya, isi dari indeks papan pengembangan adalah seluruh saham yang tercatat pada papan pengembangan yang termasuk pada indeks papan pengembangan BEI atau Bursa Efek Indonesia. Sehingga, indeks ini tak memiliki kriteria seleksi khusus dan hanya perlu menyesuaikan saham konstituen yang terdapat di dalamnya dengan deretan saham yang ada di papan pengembangan BEI. 

Evaluasi Rutin Pemeliharaan Indeks Papan Pengembangan

Evaluasi rutin pemeliharaan indeks papan pengembangan dilakukan melalui proses listing dan delisting, dengan beberapa pengecualian atau exception. Untuk proses listing, sebuah saham yang tercatat pada papan pengembangan akan dimasukkan pada indeks papan pengembangan BEI sesuai dengan tanggal pencatatannya. 

Sementara untuk delisting adalah saat sebuah saham yang tak lagi tercatat pada papan pengembangan akan dikeluarkan dari indeks papan pengembangan BEI sesuai dengan tanggal efektif delisting. Lalu, untuk pengecualian berlaku ketika ada situasi di mana informasi pasar yang penting dari sebuah saham tertentu mampu memberi pengaruh signifikan terhadap indeks, pihak BEI bisa mempertimbangkan untuk mengeluarkan beberapa atau seluruh modal dari suatu saham tertentu dari indeks papan pengembangan BEI.

Baca Juga: Berisi Saham Pilihan, Kenali Apa Itu Indeks PEFINDO25 dan Daftar Sahamnya

Deretan Saham Terdaftar di Indeks Papan Pengembangan

Deretan saham yang terdaftar di indeks papan pengembangan BEI akan selalu mengikuti daftar saham yang tercatat di papan pengembangan. Berikut adalah beberapa saham yang terdaftar di indeks papan pengembangan BEI per bulan September 2023.

No.

Nama Perusahaan

Kode Saham

1

Bukit Darmo Property Tbk.

BKDP

2

Bank QNB Indonesia Tbk.

BKSW

3

Graha Layar Prima Tbk.

BLTZ

4

Cardig Aero Services Tbk.

CASS

5

Chitose Internasional Tbk.

CINT

6

Megapolitan Developments Tbk.

EMDE

7

Enseval Putera Megatrading Tbk.

EPMT

8

Eratex Djaja Tbk.

ERTX

9

Jasuindo Tiga Perkasa Tbk.

TPE

10

Kabelindo Murni Tbk.

KBLM

11

Eastparc Hotel Tbk.

EAST

12

Fuji Finance Indonesia Tbk.

FUJI

13

Langgeng Makmur Industri Tbk.

LMPI

14

Multi Prima Sejahtera Tbk.

LPIN

15

Star Pacific Tbk.

LPLI

16

Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk.

NELY

17

City Retail Developments Tbk.

NIRO

18

Ancora Indonesia Resources Tbk.

OKAS

19

Akasha Wira International Tbk.

ADES

20

Bank IBK Indonesia Tbk.

AGRS

21

Asuransi Harta Aman Pratama Tbk.

AHAP

22

Akbar Indo Makmur Stimec Tbk.

AIMS

23

Argha Karya Prima Industry Tbk.

AKPI

24

Sumberdaya Mandiri Tbk.

AKSI

25

Alkindo Naratama Tbk.

ALDO

26

Alakasa Industrindo Tbk.

ALKA

27

Alumindo Light Metal Industry Tbk.

ALMI

28

Asuransi Multi Artha Guna Tbk.

AMAG

29

Ateliers Mecaniques D’Indonesia Tbk.

AMIN

30

Pacific Strategic Financial Tbk.

APIC

31

Arita Prima Indonesia Tbk.

APII

32

Atlas Resources Tbk.

ARII

33

Arthavest Tbk.

ARTA

34

Bank Jago Tbk.

ARTO

35

Asuransi Bintang Tbk.

ASBI

36

Saranacentral Bajatama Tbk.

BAJA

37

Bayu Buana Tbk.

BAYU

38

Allo Bank Indonesia Tbk.

BBHI

39

Buana Finance Tbk.

BBLD

40

Bank JTrust Indonesia Tbk.

BCIC

41

Bumi Citra Permai Tbk.

BCIP

42

Bank Ganesha Tbk.

BGTG

43

Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk.

BIPI

44

Bank Maspion Indonesia Tbk.

BMAS

45

Bakrie & Brothers Tbk.

BNBR

46

Woori Finance Indonesia Tbk.

BPFI

47

Batavia Prosperindo Internasional Tbk.

BPII

48

Berlina Tbk.

BRNA

49

Baramulti Suksessarana Tbk.

BSSR

50

Betonjaya Manunggal Tbk.

BTON

Sumber: www.idx.co.id

Selain deretan saham yang telah disebutkan di atas, ada jauh lebih banyak saham yang tercatat pada papan pengembangan Bursa Efek Indonesia. Mengacu dari situs resminya, Bursa Efek Indonesia mencatatkan sekitar 331 saham atau emiten yang terdaftar pada papan pengembangan. 

Tentunya, deretan saham pada papan pengembangan ini bisa berubah seiring waktu tergantung dari kesesuaiannya dengan kriteria yang telah ditetapkan. Saham yang awalnya ada di kategori papan pencatatan ini bisa naik ke papan utama, atau malah masuk ke papan akselerasi tergantung dari kinerjanya secara umum. Jadi, investor perlu memantau deretan saham yang tercatat pada papan pengembangan ini ketika menjadikannya sebagai acuan ketika berinvestasi. 

Punya Potensi Tinggi, Saham Papan Pengembangan Tak Kalah Menarik di Mata Investor

Jika dibandingkan dengan saham yang tercatat di papan utama, emiten di indeks papan pengembangan juga tidak kalah menarik dan tak jarang dijadikan pilihan oleh investor. Alasannya karena dalam beberapa tahun mendatang, perusahaan yang sahamnya tercatat pada kategori papan pencatatan ini dianggap memiliki prospek pertumbuhan yang signifikan.

Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk menanam modal di saham yang disinyalir mempunyai peluang menjanjikan di waktu mendatang, menjadikan indeks papan pengembangan sebagai acuan berinvestasi tentu bisa menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan.

Baca Juga:  Indeks Sektoral Saham – Pengertian, Daftar dan Tips Memilih Emiten Terbaik pada Indeks Saham