Indomaret, Bisnis Mini Market Raksasa di Indonesia

Anda pasti tidak asing dengan salah satu jaringan bisnis mini market dengan sistem waralaba, Indomaret. Di Indonesia, Indomaret sangat mudah dijumpai di hampir setiap sudut kota di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, dan beberapa pulau padat populasi lainnya. 

Meskipun mini market Indomaret terbilang tidak terlalu besar, produk yang dijajakan cukup beragam dan lengkap. Lokasi yang mudah dijangkau dan juga suasana yang nyaman, membuat tak sedikit masyarakat yang lebih memilih untuk berbelanja di Indomaret.

Tak hanya menjual produk seperti makanan dan peralatan sehari-hari, Indomaret juga melayani jasa transaksi. Layanan transaksi seperti pembayaran tiket, tagihan listrik dan air, hingga pembayaran layanan online dapat Anda lakukan di Indomaret. Dengan beragam fasilitas yang tersedia di dalamnya, tak ayal bisnis Indomaret dapat berkembang dengan cukup pesat. 

Namun, dibalik sebuah bisnis yang besar, terdapat cerita menarik yang dapat dijadikan pelajaran. Untuk itu, simak penjelasan tentang bisnis mini market berbasis waralaba Indomaret berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Awal Mula Didirikannya Bisnis Indomaret

Sejarah Indomaret

Setiap bisnis atau perusahaan besar saat ini tentu dimulai dari titik terkecil, tak terkecuali dengan Indomaret. Untuk bisa berkembang pesat hingga seperti sekarang, Indomaret awalnya hanyalah sebuah toko biasa.

Menjajakan keperluan khusus untuk karyawan, Indomaret didirikan pada tahun 1988. Dengan ikut perkembangan zaman, dimana masyarakat lebih mengutamakan kualitas dan kenyamanan saat berbelanja, Indomaret mulai membuat jaringan bisnis minimarket.

Pada tahun 1997, Indomaret mulai mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan sistem waralaba. Dengan menciptakan bisnis dengan sistem waralaba, Indomaret dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk dapat bekerjasama dan mendapatkan penghasilan.

Hingga saat ini, sistem waralaba Indomaret telah memiliki 10.000 lebih gerai dan toko yang tersebar di sebagian besar wilayah di Indonesia. Dari keseluruhan gerai Indomaret yang telah beroperasi, 32% diantaranya adalah milik perseorangan atau franchise. Jadi, hanya sekitar 62% saja dari gerai Indomaret yang merupakan miliki PT. Indomarco Prismatama.

Baca Juga: Cuma Modal Rp 250 Ribu, Anda Bisa Punya Toko Virtual Alfamart di Alfamind

2. Kepemilikan Indomaret Hingga Saat Ini

Bagian dalam Indomaret

Bisnis mini market waralaba Indomaret dikelola oleh perusahaan PT. Indomarco Prismatama. Perusahan PT. Indomarco tersebut adalah anak dari perusahaan PT. Indoritel Makmur International Tbk. 

Kepemilikan Indomaret awalnya berada pada tangan Sudono Salim, yang mana adalah pendiri dari Salim Group. Salim Group inilah yang menjadi inti dari beragam perusahaan raksasa di Indonesia, tak terkecuali PT. Indoritel Makmur International Tbk.

Namun, kepemilikan dari bisnis waralaba Indomaret kini telah diserahkan kepada anak dari Sudono Salim, yakni, Anthoni Salim. Jadi, untuk sekarang ini, bisnis waralaba Indomaret dimiliki oleh Anthoni Salim, yang mana dinobatkan sebagai orang terkaya nomor 4 oleh Forbes pada tahun 2017 lalu.

3. Cara Menjalin Kerjasama dengan Waralaba Indomaret

waralaba indomaret

Mini market Indomaret adalah salah satu bisnis waralaba yang terbesar di Indonesia. Dengan memiliki brand yang telah banyak dikenal oleh masyarakat, menjalin kerjasama waralaba Indomaret memiliki kesempatan sukses yang cukup tinggi.

Agar dapat menjalin kerjasama dengan waralaba Indomaret, ada beberapa persyaratan yang wajib Anda penuhi. Salah satu persyaratan wajib menjadi franchisee dari waralaba Indomaret adalah Anda haruslah Warga Negara Indonesia atau WNI.

Selanjutnya, Anda diwajibkan untuk membayar biaya waralaba serta keperluan lainnya untuk kelengkapan dalam mendirikan sebuah toko atau mini market. Tentunya, Anda juga telah menyiapkan lokasi atau bangunan yang mana nantinya akan dijadikan sebagai tempat gerai Indomaret akan dibangun.

Setelah semua hal tersebut telah dipersiapkan, Anda perlu melengkapi beberapa berkas dan dokumen resmi seperti NPWP dan lain sebagainya yang diminta oleh pemilik franchise Indomaret. Jika seluruh syarat tersebut dapat Anda penuhi, Anda dapat dengan resmi menjadi franchisee dari bisnis waralaba Indomaret.

Baca Juga: Franchise Minuman dengan Modal Kecil yang Bisa Dicoba untuk Usaha Pertama Anda

 

4. Bantuan Operasional dari Franchise Indomaret

franchise indomaret

Setelah memenuhi persyaratan dalam menjalin kerjasama waralaba dengan Indomaret, Anda berhak mendapatkan bantuan ataupun saran dalam menjalankan bisnis tersebut. Tentunya, bantuan tersebut bertujuan agar Anda dapat mengoperasikan bisnis mini market Indomaret dengan lebih baik dan mendapatkan keuntungan sebaik-baiknya.

Saat menjadi franchisee Indomaret, Anda akan diberi bantuan berupa saran dalam menentukan lokasi dari gerai Indomaret yang akan dibangun. Lokasi yang strategis tentunya berimbas penting dalam perkembangan sebuah bisnis. Jadi, dengan memiliki lokasi yang tepat, bisnis Indomaret yang Anda kelola dapat berkembang dengan lebih baik.

Selain bantuan berupa penentuan lokasi, pihak Indomaret juga akan memberikan bantuan berupa pengalokasian biaya. Hal ini bertujuan agar dana yang Anda miliki dapat digunakan dengan seefektif mungkin untuk mengembangkan bisnis mini market Indomaret.

Selanjutnya, Anda akan diberi bantuan dalam mencari karyawan yang akan bekerja di gerai Indomaret Anda. Dimulai dari proses perekrutan, penerimaan, hingga pembinaan karyawan akan dibantu oleh franchisor. Oleh karena itu, risiko mendapatkan sumber daya manusia yang kurang sesuai dalam bisnis Indomaret Anda akan menjadi lebih kecil.

Tak hanya itu, pihak Indomaret juga akan membantu Anda dalam melakukan proses promosi produk dalam gerai Anda. Pengarahan dalam pengaturan sistem operasional, penjagaan stok produk, penataan ruangan, hingga keuangan seperti proses penggajian karyawan juga akan diberikan. Jadi, Anda tidak harus mengurus segala keperluan dalam mendirikan bisnis waralaba Indomaret dari bawah.

5. Keuntungan Belanja di Indomaret dengan Indomaret Card

Indomaret card
Indomaret card via iskael.com

Dengan suasana belanja yang nyaman dan juga ketersediaan produk yang beragam membuat tak sedikit masyarakat yang gemar berbelanja di Indomaret. Pelayanan yang sopan juga menjadi daya tarik lebih untuk berbelanja di Indomaret.

Namun, keunggulan dari berbelanja di Indomaret tidak berhenti disitu saja. Terdapat beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan saat berbelanja di Indomaret. Salah satu keuntungan tersebut adalah berbelanja di Indomaret dengan menggunakan kartu Indomaret atau Indomaret card.

Kartu Indomaret adalah sebuah produk uang elektronik dari Indomaret yang bekerjasama dengan Bank Mandiri. Fungsi dari dikeluarkannya Indomaret card tersebut adalah untuk memberikan keuntungan lebih bagi pelanggan setia di Indomaret.

Anda juga dapat dengan mudah memiliki kartu Indomaret tersebut. Di setiap gerai Indomaret yang beroperasi, Anda dapat mengajukan pembuatan kartu Indomaret. Syaratnya pun juga terbilang sangat sederhana.

Untuk dapat mengajukan kartu Indomaret, Anda hanya perlu menyiapkan data pribadi dan juga dana sedikitnya 75 ribu Rupiah. Dari total dana 75 ribu tersebut, Anda akan memiliki kartu Indomaret yang telah diisikan saldo 50 ribu. Jadi, Anda hanya membayarkan uang 25 ribu sebagai biaya pembuatan kartu Indomaret.

Dengan memiliki kartu Indomaret, Anda akan mendapatkan beragam penawaran dan promo menarik saat berbelanja di Indomaret. Penawaran seperti diskon, cashback, hingga pemberian produk gratis bisa Anda dapatkan dengan memiliki kartu Indomaret.

Tak hanya itu, kartu Indomaret juga bisa Anda pergunakan sebagai alat pembayaran transportasi dan fasilitas umum di beberapa kota besar di Indonesia. Membayar ongkos bus transjakarta, trans Jogja, dan Batik Solo Trans bisa Anda lakukan dengan menggunakan kartu Indomaret tersebut.

Saat sedang perjalanan di tol, KRL, ataupun fasilitas secure parking, Anda pun bisa membayarnya dengan kartu Indomaret. Jadi, keuntungan dari memiliki kartu Indomaret tak hanya untuk mendapatkan penawaran menarik saat berbelanja di gerai Indomaret.

6. Berbelanja dengan Kartu Kredit Indomaret

Kartu Kredit Bca Indomaret
Kartu Kredit Bca Indomaret via indomaret.co.id

Indomaret nyatanya tidak berhenti membuat inovasi dalam memanjakan pelanggan setianya. Selain mengeluarkan produk e-money, Indomaret juga bekerjasama dengan Bank BCA dan membuat kartu kredit BCA edisi Indomaret.

Sama halnya dengan kartu Indomaret biasa, Kartu kredit Indomaret juga berfungsi untuk memberikan keuntungan pada pelanggan setianya. Salah satu keunggulan yang bisa didapatkan oleh pemilik kartu kredit Indomaret adalah Anda berhak mendapatkan beberapa produk khusus secara cuma-cuma. 

Syarat untuk bisa mendapatkan produk gratis juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan transaksi minimal 500 ribu Rupiah setiap bulannya di gerai Indomaret manapun. 

Tentunya, produk gratis yang bisa Anda dapatkan setiap bulannya akan digilir secara berkala. Jadi, pilihan produk gratis yang mungkin Anda dapatkan dari kartu kredit Indomaret juga beragam.

Keuntungan selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki kartu kredit Indomaret adalah lebih hemat ketika berbelanja di Indomaret. Terdapat beberapa program menarik dari Indomaret yang bisa Anda dapatkan sebagai pemiliki dari kartu kredit Indomaret, seperti, promo JSM atau Jumat-Sabtu-Minggu, promo super hemat, serta harga terjangkau untuk produk khusus Indomaret.

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan, pemilik kartu kredit Indomaret tentu akan lebih puas ketika berbelanja di gerai Indomaret. Pastinya, pengeluaran belanja Anda pun bukan tidak mungkin akan menjadi jauh lebih hemat.

Bisnis Waralaba Indomaret Memberikan Banyak Keuntungan

Gerai Indomaret memang banyak tersebar di hampir seluruh wilayah padat penduduk di Indonesia. Tak ayal salah satu penyebab pesatnya perkembangan bisnis Indomaret adalah keuntungan yang ditawarkan dapat diterima oleh konsumen maupun pihak franchisee yang ingin mempunyai bisnis sendiri. Oleh karenanya, banyak gerai Indomaret yang dibangun hampir di setiap kota di Indonesia.

Baca Juga: Peluang Usaha 2019 Paling Menjanjikan dan Ngasih Untung Gede