Ingin Beli Asuransi Perjalanan Online Dimana?

Era digital memang memudahkan segala sesuatu. Tidak hanya dalam dunia komunikasi atau mencari informasi, tapi juga mencari produk asuransi perjalanan untuk melengkapi proteksi diri saat bepergian.

Asuransi perjalanan otomatis meringankan bebanmu saat bepergian karena adanya uang pertanggungan yang diberikan saat perjalananmu terganggu. Sebut saja bagasi hilang atau rusak, penerbangan delay, dan terjadinya kecelakaan saat bepergian.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Tempat Membeli Asuransi Perjalanan Online

Kini membeli asuransi perjalanan bisa dilakukan secara online. Di mana saja kira-kira? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

loader

1. Membeli di situs resmi perusahaan asuransi

Umumnya, perusahaan asuransi memiliki situs pribadi. Situs ini tidak hanya memuat tentang profil, visi, misi, karir, dan alamat perusahaan saja. Tapi, juga menyediakan informasi tentang produk atau layanan yang perusahaan asuransi jual.

Salah satu produk yang dijualnya adalah asuransi perjalanan. Membeli di situs resmi perusahaan bisa dikatakan menguntungkan karena asuransi langsung diperoleh dari tangan pertama. 

Selain informasinya lebih terjamin, harganya juga tidak dimanipulasi. Apabila ada pertanyaan, kamu bisa tanyakan langsung ke customer service via layanan live chat. Fitur ini secara otomatis dapat mengurangi tingkat kesalahpahaman terhadap produk. 

2. Membeli di situs yang menjual produk finansial

Selain di situs resmi perusahaan, asuransi perjalanan bisa dibeli di berbagai situs financial technology (fintech). Situs ini adalah tangan ketiga atau perantara yang menjual produk yang sama dengan situs resminya. Kehadiran fintech ini ditujukan untuk meminimalisir antrian saat membeli produk asuransi perjalanan. 

Situs fintech bertanggung jawab atas setiap produk keuangan, termasuk asuransi yang dijual. Apabila terdapat ketidaksesuaian, seperti produk yang dijual tidak original atau informasi tidak akurat, maka kredibilitas fintech yang menjadi taruhannya.

Jika masih ragu, kamu bisa bandingkan produk yang dijual oleh situs fintech atau situs resminya. Apabila sama, kamu bisa lakukan pembelian pertamamu di situs fintech dengan sistem pembayaran yang tentunya lebih bervariasi.

3. Membeli di marketplace

Ekspansi yang dilakukan perusahaan asuransi tidak hanya pada perusahaan fintech saja, tapi juga di sejumlah marketplace. Pembeliannya mirip seperti di fintech, hanya saja setiap penjualan bukan tanggung jawab perusahaan asuransi, melainkan pihak yang menjual produk. 

Apabila ada masalah dengan transaksi, kamu harus selesaikan langsung dengan pihak penjual yang di marketplace. Sebab, perusahaan asuransi tidak bertanggung jawab atas pembelianmu.

Maka dari itu, hati-hatilah memilih seller asuransi perjalanan di marketplace. Cek review atau rating dari pembeli untuk memastikan apakah penjualnya terpercaya atau tidak. 

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Buat yang Hobi Travelling, Perlukah?

Hal-hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Beli Asuransi Online?

loader

Agar bisa mendapatkan produk asuransi perjalanan yang tepat. Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli asuransi online agar perjalanan semakin nyaman:

1. Jenis Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi dibagi atas dua jenis, yaitu domestik dan internasional. Jika saat ini kamu ingin pergi ke luar negeri, belilah asuransi perjalanan internasional saja. Itu pun tergantung negara tujuan juga karena asuransi ini tidak berlaku di semua negara.

Pilihlah asuransi yang tepat sesuai kebutuhan. Dengan begini, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk proteksi diri selama di perjalanan.

2. Harga premi asuransi perjalanan

Berbicara tentang premi, asuransi perjalanan menawarkan premi yang beragam. Ada yang murah, ada yang mahal, tergantung destinasi dan luasnya cakupan perlindungan yang di-cover oleh perusahaan asuransi.

Mahal atau murah, yang pasti asuransi bisa mengurangi pengeluaran saat bepergian. Dengan sejumlah uang yang dibayar, kamu bisa mendapat biaya pertanggungan hingga miliaran rupiah. 

3. Mekanisme pendaftaran online

Terdapat perbedaan ketika mendaftar langsung dan secara online. Di online, kamu bisa kunjungi situs resmi dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Lalu, cari menu daftar untuk membeli produk asuransi yang perusahaan tawarkan.

Isilah formulir pendaftaran secara benar, lalu lakukan transaksi ke nomor rekening yang perusahaan sediakan. Setelah transaksi selesai, perjalananmu otomatis dilengkapi dengan asuransi perjalanan. Jadi, kamu merasa lebih aman saat bepergian.

4. Biaya yang Di-cover Asuransi

Biaya yang di-cover perusahaan biasanya hampir sama, seperti biaya kecelakaan, perawatan medis bagasi hilang, dan gangguan saat perjalanan. Namun, kamu perlu pastikan lagi apakah perusahaan memberikan perluasan manfaat diluar manfaat pada umumnya atau tidak, seperti perlindungan untuk aktivitas scuba diving.

Ini penting agar kamu dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat perjalanan. Jika perusahaan tidak meng-cover biaya apapun terkait aktivitas yang berbahaya, maka tahan dirimu agar tidak melakukan aktivitas tersebut. 

Baca Juga: Mengenal Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

Lebih Waspada Saat Beli Asuransi Perjalanan Online

Sekarang, semakin banyak alternatif untuk membeli asuransi. Satu yang semakin populer adalah membeli secara online. Sebab, pembeliannya jauh lebih praktis dan efisien dengan manfaat yang sama seperti membeli secara langsung di kantor.

Meski begitu, coba lebih waspada saat beli asuransi perjalanan online. Ini karena semakin maraknya kasus penipuan. Agar kamu tidak menjadi salah satu korban penipuan, pastikan beli asuransi di situs resmi perusahaan, di situs fintech, dan marketplace terpercaya. 

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Harian atau Tahunan, Lebih Untung Mana?