Ingin Bisa Menabung Meski Memiliki Angsuran Kredit? Berikut Tipsnya!

Setiap orang pasti memiliki keinginan. Berbagai cara pun akan dilakukan untuk bisa mewujudkan hal tersebut, salah satunya melalui sistem kredit. Memang cara ini bukanlah sesuatu yang dianjurkan, tapi jika dilakukan dengan penuh perhitungan tentu tak akan jadi masalah bukan?

Setiap pengajuan angsuran kredit harus diperhitungkan secara matang karena risiko yang ditimbulkannya pun tidak main-main. Salah-salah, angsuran tersebut malah bisa membebani dan mengganggu keuanganmu, lho. 

Meskipun begitu, jangan beranggapan bahwa dengan memiliki angsuran kredit, kamu tidak akan memiliki kesempatan untuk mengelola keuangan dengan maksimal atau tidak akan bisa mendapatkan ‘sisa’ dari gaji setiap bulan. Tenang, kamu tetap bisa menikmati uang tersebut, termasuk menyisihkannya untuk tabungan. Lalu, bagaimana caranya agar kamu tetap bisa menabung saat memiliki angsuran kredit? 

Baca Juga: 10 Trik Menabung Paling Ampuh, Patut Dicoba!

Tips Menabung Saat Memiliki Angsuran Kredit

loader

Tips Menabung

  1. Mencatat Seluruh Angsuran Kredit 

    Membayar hutang memang tak selalu mudah. Tapi, akan lebih membahayakan jika hutang tak segera dilunasi. Jika terlibat hutang seperti angsuran kredit, jangan berpikir untuk menunda membayarnya. Karena hal ini bisa berpengaruh pada kondisi keuanganmu ke depannya. 

    Untuk itu, perlu bagimu untuk mencatat seluruh tanggungan angsuran kredit. Ini akan sangat membantu dalam pengelolaan keuangan. Tak hanya itu, dengan mencatatnya secara detail kamu dapat mengetahui kondisi keuanganmu.

    Nah, jika catatan angsuran kredit sudah dibuat, akan ketahuan jumlah uang yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain termasuk salah satunya menabung. 

  2. Menjadikan Pembayaran Angsuran Kredit sebagai Prioritas Utama

    Jika kamu memiliki tanggungan angsuran kredit, salah satu hal yang harus dilakukan adalah menjadikan kewajiban membayarnya sebagai sesuatu yang harus segera dilakukan. Maksudnya, ketika uang masuk, kamu harus segera menyisihkannya. Hal ini penting dilakukan agar tak sampai menunggak pembayaran hingga berdampak pada kondisi keuangan. 

    Jika hal ini diterapkan, pengelolaan uang akan lebih mudah dilakukan. Untuk tabungan pun bisa disisihkan tanpa mengganggu kebutuhan yang lainnya. Jadi, kamu tetap bisa menabung serutin membayar angsuran. Menarik, kan?

  3. Menerapkan Sistem Autodebet

    Ketika memiliki angsuran kredit, memang sebaiknya menerapkan sistem autodebet agar terhindar dari keterlambatan. Autodebet sendiri merupakan sistem pembayaran akan langsung memotong uang yang ada di rekeningmu pada waktu tertentu (sesuai perjanjian yang sudah dilakukan). Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan dan membuatmu lebih tenang dalam menyelesaikan kewajiban membayar angsuran kredit. 

    Nah, sama halnya dengan pembayaran angsuran kredit, menabung pun bisa dilakukan dengan sistem autodebet, lho. Fitur ini bisa diaktifkan beberapa hari setelah tanggal gajian atau setelah tanggal pembayaran angsuran kredit. Jadi, kamu akan terhindar dari kemungkinan gagal menabung karena membeli kebutuhan lainnya.

    Meskipun begitu, ada hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan sistem ini. Besarnya pendebetan harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan. Jangan sampai hanya karena ingin menambah saldo tabungan, kebutuhan sehari-hari tak bisa terpenuhi karena kurangnya saldo yang tersisa. 

    Selain itu, lebih baik memperpanjang tenggang waktu menabung dibanding memperbanyak jumlah pendebetan. Jika hal ini berhasil diterapkan, maka kewajiban membayar angsuran dan menabung bisa kamu lakukan secara beriringan. 

  4. Penghasilan Tambahan

    Nah, cara selanjutnya agar tetap bisa menabung saat memiliki angsuran kredit adalah dengan menambah penghasilan. Dengan cara ini, kamu tak perlu pusing mengatur jalannya keuangan. Artinya, penghasilan bulanan bisa digunakan untuk membayar angsuran, sedangkan penghasilan dari side job dapat ditabung.

    Penghasilan tambahan bisa didapatkan dengan sangat mudah di era modern seperti sekarang ini. Kamu bisa mendapatkannya melalui media sosial dengan menjadi pekerja freelance, membuka bisnis online, dan masih banyak lagi. Cukup mudah, bukan?

  5. Tepat Waktu dalam Membayar Angsuran

    Dengan membayar angsuran secara tepat waktu, kamu akan terhindar dari denda keterlambatan yang justru menambah jumlah uang yang harus dibayarkan. Jika hal ini terjadi, artinya budget yang dikeluarkan pun jadi lebih besar, kan?

    Sehingga, penting bagi kamu untuk membayar angsuran tepat pada waktunya. Selain mencegah membengkaknya pengeluaran, hal ini juga bisa menghindarimu dari daftar hitam SLIK OJK.

    Ketika angsuran sudah dibayarkan, pasti perasaanmu pun menjadi lebih tenang dan kamu bisa membelanjakan ‘sisa’ uang tanpa rasa khawatir yang berlebihan. 

Selalu Ada Cara untuk Menabung

Itu tadi 5 tips yang bisa dilakukan agar tetap bisa menabung meskipun memiliki tanggungan angsuran kredit. Cukup mudah, kan? Kamu tetap bisa menabung dan menyisihkan uang meskipun memiliki kewajiban pembayaran angsuran di setiap bulannya. 

Ingat, menabung itu sangat penting dan menguntungkan. Jadi, tetap harus dilakukan berapapun jumlahnya dan bagaimanapun kondisinya. Jadi, selamat mencoba!

Baca Juga: Manfaat Membayar Angsuran Kendaraan Tepat Waktu