Ingin Bisnis Kuliner Makin Untung? Gabung Grabfood Aja! Begini Cara Daftarnya

Grabfood merupakan layanan pesan antar makanan dan minuman yang sangat praktis dan tentunya sangat menguntungkan bagi para pebisnis kuliner baik restoran menengah hingga besar, kafe dan warung makan. Bagaimana tidak? Pemiliki restoran hanya tinggal menunggu, orderan datang tanpa perlu bersusah payah mempromosikan restoran. Bahkan bisa saja setiap restoran akan mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat dari biasanya.

Bila kamu ingin mendaftarkan bisnis kulinermu ke Grabfood, berikut cara mudah daftar Grabfood yang berhasil Cermati.com rangkum dari laman Grab.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Kunjungi Laman Grab/Grabfood

grab food
Kunjungi laman Grab/Grabfood

Cara mendaftar Grabfood tidak melalui aplikasi Grab yang terinstal pada ponselmu, melainkan melaui laman resmi milik Grab, berikut tahapannya:

  • Kunjungi Grab.com
  • Klik menu ‘Layanan’ yang terdapat di samping logo Grab bagian atas
  • Pilih ‘Grabfood’
  • Kemudian ‘Klik di sini!’ pada banner untuk bergaubung sebagai Grabfood Merchant

2. Isi Formulir Pendaftaran Restoran

grab food
Isi formulis pendaftaran Grab Food

Selanjutkan kamu akan diharuskan isi formulir pendaftaran yang sesuai dengan identitas mulai dari nama restoran, alamat, nama pemilik, nomor handphone, alamat email serta catatan. Jika sudah terisi dengan benar, jangan lupa untuk autentifikasi ‘Captcha’, kemudian klik ‘Daftar’ atau ‘Submit’.

Baca Juga: 5 Pelajaran Sukses dari Pendiri Grab, Anthony Tan

3. Cek Email Masuk untuk Registrasi

Langkah berikutnya Grab mengarahkan kamu untuk mengecek email masuk yang tadi sudah didaftakan pada formulir sebelumnya. Setelah pesan dari Grab sudah dibuka, kemudian klik ‘Registrasi Restoran di GrabFood’

4. Lanjut ke Laman Bantuan grab.com

grab food
Lanjut ke laman bantuan Grab

Tahap selanjutnya kamu akan diarahkan langsung ke laman bantuan Grab Food atau help grab. Di halaman tersebut kamu akan menemukan ragam pertanyaan seputar Grabfood termasuk cara mendaftar Grabfood.

- Temukan kalimat ‘Saya tertarik bergabung dengan Grabfood’ dan klik kalimat tersebut,

- Klik ‘Detail seputar pengisian formulir’

5. Isi Formulir Kembali

Pada bagian bawah kamu akan menemukan sebuah formulir yang perlu kamu isi kembali dengan lengkap. Isilah data tersebut sesuai dengan identitas pribadi dan identitas restoranmu.

Mulai dari data umum yang berisikan nama pribadi, no.hp dan restoran, email, nama restoran hingga unggah foto logo restoran, makanan, daftar menu dan restoran.

Bila dalam pengisiannya kamu dilanda rasa bingung atau ada kolom yang tidak dimengerti, silahkan klik ‘Tips mengisi formulir’ berwarna biru pada bagian atas formulir tersebut.

Pastikan kamu mengisi formulirnya dengan baik, benar dan tidak ada yang terlewat satupun. Setelah itu, lanjutkan resgistrasi pendaftaran kamu untuk ke halaman berikutnya atau klik tanda “panah hijau” di bagian bawah.

6. Atur Jadwal Buka/Tutup Restoran

Pada halaman registrasi ini kamu juga diharuskan langsung mengisi jadwal buka dan tutup restoranmu mulai dari hari Senin hingga Minggu. Pastikan tentukan jam operasional restoran dengan tepat. Setelah selesai klik tanda ‘panah hijau’ kembali untuk proses registrasi selanjutnya.

Baca Juga: Cara Pesan Makanan Lewat Grab Food

7. Isi Menu Restoran

menu restoran
Isi menu restoranmu

Menjadi tahap terakhir, kamu perlu mengisi menu-menu yang dihidangkan pada restoranmu dengan klik tombol ‘+’. Jika ada menu restoran yang dihilangkan, kamu juga langsung bisa menghapusnya dari daftar menu tersebut dengan klik tombol ‘X’.

Isi mulai nama restoran, jenis makanan, nama menu dan harga sesuai dengan yang ada di restoranmu. Jika sudah menu restoran sudah dipastikan telah tercantum semua, maka klik ‘Kirim’ untuk menyelesaikan pendaftaran dan klik ‘Selesai’ untuk mengakhiri sesi pengisian formulir pendaftaran Grabfood.

8. Pengecekan Data oleh Pihak GrabFood

Pihak Grabfood akan melakukan pemeriksaan formulir pendaftaran yang kamu kirim. Jika diterima maka kamu akan mendapatkan email atau SMS dari Grabfood yang menandakan lokasi restoranmu sudah aktif. Setelah itu kamu akan melakukan perjanjian partnership dengan Grabfood dan untuk langkah selanjutnya akan dipandu langsung oleh pihak Grab.

Sistem Bagi Hasil Grabfood

Grabfood memiliki sistem profit sharing yang dibebankan kepada restoran sebesar 30% sesuai pesanan yang masuk. Sekian persen tersebut tidak termasuk PPN. Jadi jika dalam satu hari pemasukan restoranmu masuk sebesar Rp500.000, maka pihak Grab berhak menerima Rp150.000.

Manfaatkan Grabfood dengan Maksimal

Dengan mendaftar Grabfood maka setiap pemilik restoran tentunya menjadi peluang yang sangat besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak karena restoranmu langsung dipromosikan ke khalayan yang lebih luas terutama untuk pengguna layanan Grab. Untuk, kamu hanya perlu memanfaatkan layanan tersebut dengan maksimal, mulai dari meningkatkan pelayanan restoran hingga kualitas menu yang dijual.

Baca Juga: Grab For Business, Layanan Terbaru dari Grab Khusus Kalangan Pebisnis