Ingin Hasil Make Up Natural? Berikut 7 Produk yang Wajib Dimiliki!

Sudah jadi rahasia umum jika perempuan tidak bisa dipisahkan dengan make up. Saat akan menghadiri acara penting, kaum hawa tentu harus mengubah penampilannya dengan sedemikian rupa agar terlihat lebih menawan. Terutama dengan riasan di bagian wajah. 

Beberapa perempuan bahkan rela menghabiskan banyak waktu serta biaya demi memoles diri di salon atau tempat kecantikan lainnya. 

Nah, daripada memanfaatkan jasa orang lain untuk berdandan, bukankah akan lebih baik jika Anda bisa mengaplikasikan sendiri? Salah satu jenis make up yang cocok untuk dipraktikkan oleh para pemula adalah natural. 

Jenis dandanan ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, bahkan bagi pemula sekalipun. Namun, tanpa pengetahuan yang cukup tentang cara mengaplikasikan produk-produk make up tersebut, bukan tidak mungkin bila hasil riasan di wajah tidak sesuai keinginan. Untuk itu, simak cara menggunakan alat rias berikut ini agar make up natural terlihat flawless.

Baca Juga: Tips Menghemat Biaya Make up dan Skin care

7 Produk Make Up Natural yang Wajib Digunakan Oleh Para Pemula

1. Moisturizer, Pelembab Kulit agar Make Up Menempel dengan Kuat

loader

Sebelum mulai mengaplikasikan produk make up utama, alangkah baiknya jika permukaan kulit dipastikan telah lembab terlebih dahulu. Alasannya karena make up akan lebih mudah menempel di kulit yang lembab dan hasilnya pun menjadi lebih tahan lama. 

Untuk itu, sebelum mendandani wajah, banyak perempuan yang mengaplikasikan moisturizer terlebih dulu. Moisturizer banyak dijual dengan kisaran harga 20 ribu hingga 60 ribuan.

Pelembab berguna untuk membuat kulit terasa lebih basah serta membuat permukaan kulit terlindungi dari make up yang akan diaplikasikan. Alhasil, riasan yang tertempel pada kulit akan melekat dengan lebih kuat dan merata. 

Tak hanya untuk perempuan dengan ciri khas kulit yang kering, kulit yang berminyak pun harus diberikan moisturizer terlebih dahulu sebelum berdandan.  Hanya saja, dalam memilih pelembab pada muka, pastikan bahan dasar yang digunakan adalah air. Dengan begitu, Anda akan tetap bisa mendapatkan efek mattifying.

2. Tutupi Bercak di Wajah dengan Concealer

loader

Tak semua perempuan tentu memiliki kulit wajah yang bersih dan terhindar dari noda sama sekali. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kebanyakan perias akan mengaplikasikan concealer pada wajah terlebih dahulu. Tidak terlalu menguras dompet, concealer bisa dibeli dengan harga sekitar 40 ribu hingga 100 ribu saja.

Fungsi dari penggunaan concealer ini adalah untuk menutupi bercak yang ada pada kulit sehingga wajah akan nampak lebih bening dan mulus. Warna yang tidak rata pun bisa diatasi dengan pengaplikasian produk make up tersebut. 

Agar make up natural bisa lebih terlihat, bisa dibilang penggunaan concealer yang merata inilah yang menjadi kuncinya. Caranya dengan memilih concealer yang memiliki warna tidak jauh berbeda dengan warna kulit aslinya. Jika terdapat perbedaan, bukan tidak mungkin riasan yang diaplikasikan akan terlihat tidak natural atau bahkan menor. 

Proses meratakan concealer pada wajah pun tidak boleh sembarangan. Agar merata dan dapat menghilangkan noda hitam pada wajah, Anda harus mengoleskan make up tersebut dengan menggunakan brush. 

Tips tambahan, kadang kala ada sebagian perempuan yang suka dengan gaya riasan yang terkesan memiliki highlight. Agar efek tersebut bisa didapatkan, Anda dapat mengaplikasikan concealer dengan warna yang sedikit lebih terang dari kulit. Dengan begitu, riasan natural akan tampak lebih menarik ketimbang biasanya.

3. Gunakan Foundation yang Tidak Jauh Berbeda dengan Warna Kulit Asli

loader

Sama halnya dengan concealer, gunakan foundation yang memiliki warna tidak jauh berbeda dengan warna kulit sebenarnya. Hal ini bertujuan agar tampilan alami masih bisa didapatkan pada Anda. 

Pemilihan foundation untuk jenis riasan natural juga sedikit berbeda ketimbang untuk make up ke acara pernikahan atau acara resmi lainnya. Jenis foundation yang paling banyak digunakan oleh perias berpengalaman untuk tampilan natural yaitu berbentuk powder. Harganya pun cukup terjangkau, yakni, berada pada kisaran 30 ribu sampai 70 ribu saja. 

Dengan menggunakan foundation bedak, make up yang menempel tidak akan setebal saat mengaplikasikan foundation berbentuk cair. Meratakan foundation powder juga akan lebih mudah jika menggunakan kuas atau spons, sehingga tampilan natural tetap bisa didapatkan. 

4. Aplikasikan Bedak Hanya pada Bagian Wajah yang Mudah Berminyak

loader

Bedak atau powder menjadi produk make up yang paling banyak digunakan oleh perempuan sejak dulu. Pasalnya, penggunaan alat rias ini cukup mudah dan hasilnya pun secara visual langsung terlihat secara kasat mata. 

Namun, untuk mendapatkan tampilan yang alami, Anda tidak perlu mengaplikasikan bedak ke seluruh permukaan wajah. Melainkan, fokuskan penggunaan powder ke bagian muka yang gampang berminyak, seperti, hidung, dagu, dan dahi. 

Sama halnya dengan produk sebelumnya, usahakan untuk memilih warna yang selaras dengan warna asli kulit. Dengan begitu, make up natural akan bisa didapatkan tanpa menunjukkan bahwa sebenarnya Anda telah berdandan.

Harga jual produk ini juga amat murah bagi masyarakat Indonesia. Dengan harga puluhan ribu Rupiah saja perempuan bisa mendapatkan bedak yang cukup baik kualitasnya. Jika menginginkan kualitas yang lebih terjamin, membeli bedak bermerek dengan harga mencapai ratusan ribu pun tidak akan menjadi masalah asal penampilan terlihat lebih menawan.

Baca Juga: 10 Brand Make Up Lokal Berkualitas yang Wajib Dipunyai Millenial

5. Agar Wajah Berkesan Fresh, Siapkan Blush On Berwarna Pink atau Orange

loader

Fungsi utama dari pemberian blush on pada riasan adalah untuk menumbuhkan kesan fresh pada wajah. Namun, pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan produk ini saat menginginkan tampilan natural agar tidak terlihat terlalu mencolok atau menor.

Untuk perempuan dengan kulit terang, blush on dengan warna pink atau coral tentu cocok untuk dijadikan pilihan. Sedangkan untuk yang berkulit eksotis khas Indonesia, sawo matang, blush on dengan warna oranye lebih cocok untuk dipilih. 

Usapkan blush on pada bagian tulang pipi dengan brush yang merata hingga ke bagian tengah pipi. Jika dirasa terlalu berlebihan, Anda dapat menyamarkan warna blush on dengan menggunakan powder sehingga tampilan natural tetap bisa terlihat dengan sempurna. 

Tak perlu menguras dompet, blush on dapat dibeli dengan harga mulai dari 30 ribu sampai 100 ribu Rupiah. Yang membedakan harga dari produk make up tersebut tentu adalah kualitas serta brandnya. Jadi, pastikan untuk memilih merek blush on yang sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

6. Pilih Eyeshadow dengan Tone Warna Setingkat Lebih Gelap

loader

Dengan harga sekitar 30 ribu sampai 150 ribu, eyeshadow sebenarnya tidak banyak digunakan pada riasan natural. Meski tidak terlalu dibutuhkan, beberapa perempuan terkadang merasa kurang percaya diri saat tidak menggunakan eyeshadow. 

Nah, penggunaan eyeshadow pada riasan alami sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Akan tetapi, pastikan jika warna produk make up tersebut hanya setingkat lebih gelap dari warna asli kulit. 

7. Make Up Natural Bisa Disempurnakan dengan Lipstik Berwarna Nude

loader

Kunci utama dalam tampilan natural adalah untuk terlihat tidak memakai riasan walau sebenarnya memakai beberapa produk make up. Tak terkecuali lipstik yang identik sebagai senjata perempuan untuk mempercantik diri dan menyempurnakan penampilan.

Untuk menjaga riasan agar tetap terlihat ringan dan natural, penggunaan lipstik juga harus dijaga. Pemilihan warna yang terlalu mencolok tentu dapat merusak niat Anda untuk mendapatkan riasan yang alami pada wajah.

Untuk itu, pastikan selalu memilih dan menggunakan lipstik dengan warna nude. Warna  nude seperti peach, pink, dan nude tentu mampu membuat bibir terlihat lebih menawan. Harganya lipstik dengan warna-warna tersebut pun tidak membuat dompet jebol, yakni sekitar 40 ribu sampai 200 ribuan saja.

Bila perlu, saat Anda merasa percaya diri untuk tidak menggunakan lipstik, penggunaan lip gloss saja sudah cukup sebagai sentuhan akhir dari riasan natural. Dengan begitu, bibir akan nampak lebih glossy dan tidak kering meskipun sudah seharian beraktivitas dengan make up natural pada wajah.

Baca Juga:  Percantik Diri dengan Tutorial Make Up Korea dari 5 Beauty Vlogger Ini

Make Up Natural Sering Dijadikan Pilihan Karena Simpel dan Tidak Terkesan Mencolok

loader

Riasan sejatinya adalah upaya yang dilakukan oleh kaum hawa untuk terlihat lebih menarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Namun, karena berdandan seringkali menghabiskan banyak waktu serta uang untuk membeli make up, banyak perempuan yang hanya mengaplikasikan riasan natural pada wajah.

Selain tidak membuat penampilan terlalu mencolok, make up natural dapat menjadikan perempuan tampak lebih cantik tanpa harus terlihat telah menggunakan riasan. Oleh sebab itulah, mengapa banyak perempuan yang berusaha menyempurnakan kemampuan riasan alami mereka. Jadi, bagi Anda yang masih pemula, jadikan cara penggunaan produk make up di atas untuk melatih dandanan natural pada wajah.