Ingin Hidup Sukses seperti Orang Korea Selatan? Ini Prinsipnya

Korea Selatan memiliki banyak daya tarik yang membuatnya semakin dikenal di berbagai belahan dunia. Bukan hanya k-pop dan drama nya saja,  budaya dari Negeri Ginseng ini juga semakin lama semakin banyak disukai. 

Kehidupan warga Korea Selatan memang terbilang unik dan menarik. Meski sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat di berbagai bidang, warganya justru tetap menjunjung nilai-nilai budaya mereka. 

Banyak prinsip hidup yang baik diwariskan secara turun menurun dan masih diterapkan hingga saat ini.  Hal inilah  yang membuat Korea Selatan  menjadi salah satu negara maju di kawasan Asia Timur sekarang ini.

Simak beberapa prinsip hidup yang dipercaya membuat orang Korea Selatan mudah sukses berikut ini: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Warga dan pemerintah paham kewajiban masing-masing

loader

Saat menjalankan perannya, baik warga maupun pemerintah Korea Selatan bisa bekerja sama dengan sangat baik. Keduanya memahami dengan baik apa saja kewajiban dan tanggung jawabnya masing-masing, sehingga masalah dan konflik terbilang minim. 

Kondisi seperti ini tentu menjadi salah satu kunci sukses untuk membangun masyarakat yang tentram. Pemerintah begitu antusias memberikan berbagai fasilitas kepada  warganya, bahkan di berbagai sektor, seperti pendidikan, kesehatan dan yang lainnya. 

Hal ini juga disambut dengan baik oleh masyarakatnya,  di mana setiap orang ikut serta menjaga,  menggunakan,  serta melestarikan beragam fasilitas tersebut dengan baik.

2. Biasa mendidik untuk selalu taat pada aturan

Orang Korea Selatan juga dikenal selalu taat aturan dan mematuhi semua kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sikap seperti ini merupakan salah satu kunci untuk bisa menjadi negara yang maju. 

Kesadaran untuk mematuhi semua aturan terbilang merata pada masyarakat Korea Selatan. Ini bahkan bisa dilihat dari hal-hal kecil yang mereka lakukan di dalam kesehariannya, misalnya ketika menyeberang di jalan raya mereka selalu melakukannya di zebra cross. 

Baca Juga: 7 Aktivitas Seru yang Harus Dinikmati saat di Seoul - Korea Selatan

3. Kebanyakan orang Korea Selatan hidup dengan jujur

loader

Warga Korea Selatan juga dikenal sebagai orang-orang yang jujur. Sikap jujur seperti ini bahkan sudah menjadi bagian dari keseharian mereka dalam menjalani hidup. 

Kejujuran menjadi nilai tersendiri yang akan mampu membangun sebuah lingkungan yang aman dan nyaman untuk semua orang. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Korea Selatan termasuk salah satu negara yang paling aman untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Wisatawan dapat bepergian dengan  aman dan tenang,  bahkan ketika menikmati keindahan dan kuliner jalan nya. Kejujuran yang tinggi di kalangan masyarakat ini membuat tingkat kriminalitas di negara tersebut terbilang rendah. 

Ini menjadi nilai tersendiri, sebab semua orang bisa beraktivitas dan bepergian dengan nyaman dan tenang sepanjang waktu,  termasuk para pendatang. 

4. Terkenal sebagai pekerja keras

Budaya malas bukan bagian dari kehidupan warga Korea Selatan, sebab orang Korea Selatan dikenal sebagai orang-orang yang rajin dan pekerja keras. Korea Selatan bukanlah negara yang kaya akan sumber daya alam,  dan hal ini sangat disadari oleh masyarakatnya dengan baik. 

Keterbatasan sumber daya alam ini justru membuat mereka selalu terpacu untuk bekerja keras,  agar bisa mendapatkan kehidupan yang layak dan baik.  Selain pekerja keras,  warga Korea Selatan juga dikenal sebagai orang gigih yang pantang menyerah. 

5. Hidup dengan disiplin dan tertib

loader

Orang Korea Selatan juga termasuk ke dalam kategori orang yang disiplin dan selalu tertib. Mereka sangat terbiasa dengan budaya antri, terutama ketika menggunakan fasilitas-fasilitas umum. 

Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan mereka ketika menggunakan fasilitas kendaraan umum dan selalu mendahulukan penumpang yang membutuhkan kursi prioritas (orangtua, difabel, ibu hamil). 

6. Mengutamakan budaya tolong menolong

Budaya tolong-menolong dengan menjadi salah satu kebiasaan baik di kalangan masyarakat Korea Selatan. Mereka sangat familiar dengan kata “tolong” serta “terima kasih”, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. 

Bukan hanya untuk sesama warga Korea Selatan saja,  budaya suka menolong ini juga akan ditunjukkan kepada para wisatawan yang berkunjung ke sana. 

Baca Juga: Apa Saja Fakta Menarik dan Mengejutkan dari Sekolah di Korea?

7. Mencintai lingkungan sekitar

loader   

Pemerintah Korea Selatan memang menyediakan beragam fasilitas yang terbilang cukup memadai bagi masyarakatnya,  mulai dari taman hingga tempat wisata yang sebagian bahkan bisa diakses gratis. 

Namun di lain sisi,  masyarakat Korea Selatan juga memiliki kesadaran yang tinggi untuk merawat dan menjaga beragam fasilitas tersebut dengan baik. Mereka dikenal sebagai orang-orang yang mencintai dan mau merawat lingkungan sekitarnya dengan baik.

8. Mencintai produk lokal

Mencintai produk dalam negeri merupakan salah satu kunci sukses untuk bisa menjadi sebuah negara yang maju. Hal ini sangat disadari dan dijalani dengan baik oleh warga Korea Selatan. 

Mereka senang menggunakan produk lokal,  bahkan untuk berbagai produk elektronik dan otomotif sekalipun. Hal ini menjadi salah satu bukti, bagaimana warga Korea Selatan sangat bangga dan mencintai produk  lokal mereka.

Belajar Sukses dari Orang Korea Selatan

Dikenal karena Kpop dan juga trend fashion nya,  saat ini Korea Selatan memang menjadi negara maju di kawasan Asia Timur. Negeri Ginseng ini mengalami perkembangan yang cukup pesat selama puluhan tahun belakangan. Jika ingin belajar sukses dari orang Korea Selatan,  tidak ada salahnya untuk mengikuti prinsip hidup yang mereka terapkan selama ini.

Baca Juga: Bikin Visa Korea Selatan Ternyata Tidak Ribet! Begini Cara dan Syarat Mengajukannya