Ingin jadi Sekretaris Profesional? Kuasai Skill Ini Dulu

sekretaris

Setiap profesi tentu akan membutuhkan skill tersendiri, begitu juga dengan seorang sekretaris profesional. Jabatan ini bahkan membutuhkan banyak skill yang berbeda sekaligus. Bukan hanya menangani rapat dan juga membantu tugas atasan, sekretaris juga kerap harus berurusan dengan banyak divisi yang berbeda. 

Semua ini tidak selalu mudah dan pastinya akan membutuhkan keahlian yang cukup beragam. Jika kamu berniat merintis karir sebagai sekretaris profesional, maka pastikan kamu membekali diri dengan skill yang mumpuni sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa skill yang wajib dikuasai oleh seorang sekretaris profesional ketika bekerja:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Komunikasi yang mumpuni

Pada dasarnya setiap profesi tentu membutuhkan keahlian komunikasi ini, begitu juga dengan seorang sekretaris. Sekretaris akan menangani berbagai pekerjaan atau urusan dengan banyak orang, sehingga kemampuan komunikasi yang mumpuni akan sangat diperlukan. 

Bukan hanya dengan rekan sekantor saja, seorang sekretaris juga akan banyak berurusan dengan pihak luar maupun klien. Semua urusan tersebut tentu hanya akan berjalan dengan lancar, jika sekretaris tersebut bisa berkomunikasi dengan baik.

Di dalam prakteknya, seorang sekretaris harus mampu berkomunikasi dengan baik melalui lisan dan juga tulisan. Hal ini akan memudahkan mereka untuk menangani pekerjaan, baik itu secara langsung ataupun melalui berbagai dokumen yang dibutuhkan. 

Skill komunikasi yang mumpuni akan sangat membantu kesuksesan sekretaris dalam menjalankan tugas dan meraih karir yang cemerlang.

2. Kemampuan mengorganisasi banyak hal 

Sudah bukan rahasia lagi jika seorang sekretaris harus mampu mengurus berbagai hal di dalam pekerjaannya. Berbagai urusan ini bahkan kerap harus diselesaikan di saat bersamaan. Semua ini hanya akan menjadi mudah, jika sekretaris memiliki kemampuan yang baik dalam mengorganisir banyak hal sekaligus. 

Kemampuan seperti ini akan membuat sekretaris selalu siap untuk menangani pekerjaan, bahkan untuk berbagai pekerjaan mendadak dan tidak terjadwal. Sekretaris biasanya tidak hanya menangani pekerjaan yang bersifat administratif saja, namun berbagai pekerjaan penting lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan atasannya juga.

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu, Ini 4 Tips Menyeimbangkan Bisnis dan Gaya Hidup Ala Gladys

3. Paham dan mampu memanfaatkan teknologi

Sebagai sosok yang memiliki banyak pekerjaan, seorang sekretaris juga dituntut untuk familiar dengan berbagai teknologi terkini, terutama yang berkaitan dengan urusan pekerjaannya. 

Di dalam menjalankan tugasnya, sekretaris akan banyak menggunakan perangkat berteknologi modern, seperti: smartphone, komputer, tablet, dan yang lainnya. Perangkat ini akan membantunya mengurus berbagai hal, termasuk untuk membantu pekerjaan atasannya. 

Sekretaris juga harus mampu bekerja dengan menggunakan berbagai aplikasi modern untuk mempermudah dan menyelesaikan pekerjaannya. Setidaknya, sekretaris harus memiliki kemampuan mumpuni untuk mengoperasikan aplikasi dasar dalam urusan administrasi, seperti: Email, Microsoft Word, Microsoft Excel, dan yang lainnya. Semua ini akan membantunya menangani berbagai urusan administrasi dan yang lainnya. 

4. Problem solving

Seorang sekretaris akan sering menghadapi kondisi yang tak terduga dalam menjalankan tugasnya. Urusan administrasi yang tidak mudah atau bahkan atasan yang tiba-tiba meminta saran merupakan hal yang akan familiar bagi sekretaris selama menjalankan tugasnya. 

Berbagai tantangan seperti ini bisa datang kapan saja, sehingga dibutuhkan kemampuan yang baik untuk mengatasi semua kondisi tersebut. Sekretaris harus memiliki kemampuan yang baik untuk memberi saran, mengambil solusi yang tepat, atau bahkan menyelesaikan berbagai masalah terkait dengan pekerjaannya. 

5. Fleksibel dan selalu dapat diandalkan

Banyak tantangan di dalam pekerjaan seorang sekretaris, salah satunya jam kerja yang kerap tak bisa selalu sama. Dalam beberapa kesempatan, sekretaris bisa saja harus bekerja lebih lama dari biasanya, tergantung pada kondisi pekerjaan atasannya. Hal ini akan membuatnya harus fleksibel dan mampu untuk selalu diandalkan, bahkan ketika bekerja di luar jam kerja yang normal. 

Sikap yang fleksibel akan membuat sekretaris lebih mudah untuk menyesuaikan diri terhadap pekerjaan dan juga tanggung jawabnya pada perusahaan. Hal ini juga akan membuatnya selalu bisa diandalkan dalam semua semua kondisi.

Baca Juga: 9 Keahlian Komunikasi yang akan Membawamu Sukses dalam Wawancara Kerja

6. Memiliki inisiatif dan selalu proaktif

Sekretaris harus terbiasa mengurus berbagai pekerjaannya sendiri dan bisa memilih apa saja yang harus segera diselesaikan terlebih dahulu. Inisiatif yang tinggi dan juga sikap proaktif sangat diperlukan di dalam menyelesaikan pekerjaannya. 

Sekretaris tidak bisa menunggu perintah saja, terutama jika atasannya menjadi salah satu orang penting perusahaan dan memiliki banyak kesibukan. Sikap proaktif akan sangat dibutuhkan sekretaris dalam mengatasi berbagai hal terkait pekerjaannya, seperti: menyelesaikan masalah, mengantisipasi kendala, mengambil keputusan, dan yang lainnya.

Kuasai Skill yang Mumpuni Sejak Awal

Bagi kamu yang berniat meniti karir sebagai sekretaris profesional, pastikan kamu memahami dengan baik apa saja tugasnya terlebih dahulu. Profesi ini membutuhkan banyak skill yang berbeda, mengingat sekretaris memang menangani berbagai pekerjaan dan juga menghadapi kondisi yang beragam di dalam kerjaannya. Pastikan kamu menguasai semua skill dasarnya terlebih dahulu, agar kamu bisa sukses dan menjadi sekretaris profesional. 

Baca Juga: Cara Join Clubhouse dan Manfaatnya untuk Karirmu