Ingin Jual-Beli Barang Bekas dengan Mudah? Ini Rekomendasi Tempatnya

Belanja online sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi banyak orang, barangkali kamu salah satunya. Aktivitas yang satu ini tidak hanya bisa kamu lakukan untuk membeli berbagai barang dalam kondisi baru saja. 

Saat ini, ada banyak marketplace yang menyediakan berbagai barang bekas secara online, tentunya yang masih dalam kondisi bagus dan layak.

Tidak harus selalu membeli dalam kondisi baru, sebagian orang juga gemar membeli barang dalam kondisi bekas. Hal ini bahkan menjadi jauh lebih mudah, sebab ada banyak tempat jual beli barang bekas yang dapat dikunjungi secara online. 

Beragam barang dapat kamu temukan dengan mudah, lengkap dengan sistem jual-beli yang simpel dan bisa kamu pilih dengan leluasa. Temukan dan beli semua barang yang kamu butuhkan dengan lebih mudah sekarang juga. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan tempat jual beli barang bekas yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Carousell

Pada awalnya marketplace yang satu ini identik dengan berbagai produk kecantikan dan juga fashion wanita saja. Namun di dalam perkembangannya, di Carousell kamu sudah bisa menemukan lebih banyak pilihan barang bekas dari kategori yang berbeda. 

Perusahaan yang berasal dari Singapura ini bahkan memiliki beragam fitur praktis. yang akan memudahkan penggunanya untuk menyiapkan barang yang dijual. Pengguna bisa mengambil foto, mengedit, bahkan mengunggahnya dalam hitungan menit saja. 

Bukan hanya itu saja, Carousell juga menyediakan layanan chat dan pembayaran yang mudah digunakan.

2. Tokopedia

View this post on Instagram

A post shared by Tokopedia (@tokopedia)

Menjadi salah satu marketplace terbesar di tanah air, Tokopedia memang sudah memiliki layanan jual beli yang mumpuni. Meski tidak hanya fokus pada jual beli barang bekas saja, Tokopedia tetap memiliki banyak fitur yang memungkinkan para peminat barang bekas berbelanja dengan mudah. 

Beragam fitur ini akan memudahkan penjual untuk menyiapkan barangnya, begitu juga pembeli akan lebih mudah untuk melakukan transaksi yang diperlukan. Di marketplace ini, penjual bahkan bisa mendapatkan notifikasi otomatis dari setiap pembelian yang terjadi. 

Baca Juga: Ingin Jual-Beli Barang Bekas dengan Mudah? Ini Rekomendasi Tempatnya

3. Shopee

Sejak kehadirannya di tanah air, Shopee memang langsung memiliki banyak pengguna. Marketplace ini tidak hanya menyediakan barang baru, namun juga bisa menjadi tempat jual beli barang bekas. 

Jumlah pengguna yang banyak akan memudahkan kamu menemukan berbagai pilihan barang bekas yang berkualitas. Untuk mendukung aktivitas belanja, Shopee menyediakan fitur chat dan layanan pembayaran yang simpel dan mudah digunakan.

4. OLX

View this post on Instagram

A post shared by OLX.co.id (@olxindonesia)

Berganti nama dari Tokobagus, OLX termasuk salah satu marketplace yang paling tua di tanah air. Ini menjadi tempat jual beli barang bekas yang banyak digunakan, sebab ada banyak jenis barang yang bisa kamu temukan dengan mudah di platform ini. 

Bukan hanya produk elektronik dan peralatan rumah tangga saja, di OLX kamu bahkan bisa menemukan banyak penawaran properti dan berbagai barang bekas lainnya dengan mudah.

5. Kaskus

View this post on Instagram

A post shared by KASKUS (@kaskusnetworks)

Dikenal sebagai salah satu forum diskusi terbesar di tanah air Kaskus juga bisa menjadi tempat jual beli barang bekas. Platform ini membebaskan penggunanya untuk melakukan transaksi jual beli dengan leluasa, termasuk untuk berbagai barang bekas. 

Untuk mendukung kenyamanan pengguna, Kaskus menyediakan fitur private massage yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi dengan lebih mudah. 

6. BelanjaBekas

Meski tidak begitu populer, aplikasi yang satu ini juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin melakukan jual beli barang bekas. 

Pada awalnya aplikasi ini hanya tersedia di PlayStore saja, hingga akhirnya bertransformasi menjadi sebuah marketplace yang lebih besar. Akses mudah ini membuat aktivitas jual beli menjadi jauh lebih nyaman, barang bekas yang bisa kamu temukan di BelanjaBekas juga kini sudah lebih beragam.

7. Jualo

View this post on Instagram

A post shared by Jualo (@jualocom)

Jualo bisa menjadi pilihan tempat jual beli barang bekas berikutnya untuk kamu. Platform ini dilengkapi dengan fitur geo-search yang memungkinkan kamu menemukan penawaran dari lokasi terdekat. 

Ini akan sangat membantu kamu menemukan barang yang tepat, termasuk untuk bertemu langsung dengan penjual barang tersebut. Selain aktivitas jual beli barang bekas, kamu juga bisa melakukan barter melalui Jualo.

Baca Juga: Mendulang Rupiah dari Jualan Barang Bekas di 5 Marketplace Ini

8. Bukalapak

View this post on Instagram

A post shared by Bukalapak (@bukalapak)

Nama Bukalapak tentu sudah tidak asing lagi untuk kamu, mengingat marketplace ini juga cukup populer. Di Bukalapak, kamu bisa menemukan berbagai barang bekas dengan mudah, lengkap dengan berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih. 

Fitur yang disediakan Bukalapak juga terbilang lengkap, sehingga kamu bisa dengan mudah mencari dan menemukan barang yang kamu perlukan dalam waktu yang singkat.

9. eBay

View this post on Instagram

A post shared by ebay.com (@ebay)

untuk kamu yang ingin melakukan aktivitas jual beli secara luas hingga ke luar negeri, eBay akan menjadi pilihan yang tepat. Marketplace ini sangat populer dan memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. 

Kamu bisa menemukan berbagai barang bekas dari berbagai belahan dunia, tentunya dengan layanan pembayaran yang tetap terjamin. eBay juga menyediakan banyak kupon yang bisa digunakan pelanggan untuk mendapatkan harga yang lebih hemat.

10. Instagram

Instagram juga bisa menjadi media jual beli yang efektif, bahkan meski kamu menginginkan barang bekas sekalipun. Banyak orang yang menjadikan platform ini sebagai sarana untuk membangun bisnis, sebab Instagram memang memungkinkan terjadinya transaksi jual beli dengan lebih mudah. 

Namun saat melakukan jual beli lewat Instagram, pastikan kamu tetap berhati-hati, terutama terkait dengan sistem pembayaran yang akan kamu gunakan.

Temukan Barang Bekas Pilihanmu dengan Lebih Mudah

Jual beli barang bekas kini sudah bisa dilakukan dengan lebih mudah, bahkan dengan cara online saja. Ada banyak platform yang mendukung aktifitas ini dan bisa kamu gunakan dengan begitu mudah. Pilih platform yang tepat dan terpercaya, agar kamu bisa menemukan barang bekas pilihanmu dengan lebih mudah.

Baca Juga: Tips Beli Laptop dan Smartphone Bekas Tapi Tetap Berkualitas