Ingin Punya Kartu Kredit? Pastikan Kamu Bebas dari 5 Ciri Ini

Akses untuk memiliki kartu kredit sudah semakin mudah. Ada banyak jenis kartu kredit yang bisa ditemukan dengan mudah, bahkan dengan berbagai fitur menarik dan layak untuk dipertimbangkan. 

Namun meski begitu, kesiapan menggunakan fasilitas keuangan yang satu ini tentu tetap harus diperhatikan. Jangan sampai nantinya mengalami masalah dan kendala dalam pembayaran tagihan, hanya karena belum benar-benar siap untuk memiliki dan menggunakan kartu kredit ini. 

Bukanya keuntungan, kondisi seperti ini bisa justru membuat kamu mengalami sejumlah kerugian. Hindari untuk memiliki fasilitas kartu kredit, jika masih memiliki beberapa ciri berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Sikap ceroboh

loader

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi keuangan. Sebagaimana layaknya uang tunai, kartu tipis yang satu ini memang wajib disimpan dengan baik sepanjang waktu. 

Hal ini penting, untuk memastikan kartu kredit aman dan tidak sampai hilang atau bahkan digunakan oleh orang lain di luar pengetahuan selaku pemiliknya. 

Bagaimanapun juga, semua transaksi yang terjadi di dalam kartu kredit Anda adalah tanggung jawab kamu, bahkan meski transaksi tersebut terjadi di luar pengetahuan. 

Bila a masih ceroboh dan tidak bisa menjaga kartu kredit dengan baik, maka memiliki fasilitas ini tentu bukan keputusan yang tepat. Kamu bisa saja mengalami masalah dan kerugian di masa yang akan datang, hanya karena tidak bisa memastikan keamanan kartu kredit sepanjang waktu. 

2. Mudah lupa

Jika kamu termasuk orang yang mudah lupa, keamanan kartu kredit tentu tidak akan maksimal. Kamu bisa saja meninggalkannya di mana saja, bahkan setelah melakukan transaksi atau bahkan setelah pulang dari berbelanja. 

Jika ini yang terjadi, maka bisa saja mengalami masalah dan kerugian. Bukan tidak mungkin orang lain akan menemukan dan menggunakan kartu kredit tersebut tanpa sepengetahuan kamu, sehingga berbagai tagihan muncul yang tidak kamu ketahui di kartu tersebut.

Baca Juga: 4 Manfaat Kartu Kredit, Bantu Kelola Keuangan Kamu

3. Tidak disiplin 

loader

Bukan hanya dipakai saja, semua tagihan yang muncul di dalam kartu kredit kamu tentu harus dilunasi juga. Kamu harus melakukan pembayaran tepat waktu, sesuai atau bahkan lebih awal dari tanggal jatuh tempo kartu tersebut. 

Hal ini penting, sebab bank akan memberikan sanksi atas keterlambatan pembayaran yang dilakukan oleh pengguna kartu kredit mereka. 

Jika tidak disiplin dalam melakukan pembayaran tagihan, maka masa jatuh tempo ini bisa saja sering terlewatkan. Kamu bukan hanya ditegur oleh pihak bank, namun juga harus membayarkan sejumlah biaya denda keterlambatan dan juga bunga atas tagihan kartu tersebut. 

Jika sudah begini, tagihan di bulan berikutnya tentu akan jauh lebih besar.

4. Tak cermat dalam bertransaksi

Pada dasarnya kartu kredit bisa memberikan banyak kemudahan, termasuk keuntungan bagi penggunanya. Namun semua keuntungan ini tentu hanya bisa didapatkan jika cermat dalam menggunakan alat pembayaran yang satu ini. 

Jika hanya asal pakai dan tidak memahami apa saja fitur dan juga penawaran kartu kredit, maka kamu akan melewatkan banyak manfaat dan keuntungan di dalamnya. Sikap seperti ini akan membuat kamu kehilangan kesempatan untuk melakukan penghematan di dalam keuangan.

Baca Juga: Cara Tarik Tunai di Luar Negeri, Aman dan Untung

5. Mudah lapar mata

loader

Pembelanjaan tanpa rencana merupakan kesalahan yang cukup serius di dalam keuangan, ini bahkan bisa menjadi masalah yang besar. Hal yang sama juga akan terjadi, jika masih kerap melakukan pembelanjaan yang seperti ini dengan menggunakan kartu kredit. 

Keinginan untuk membeli berbagai barang tanpa pertimbangan matang adalah kesalahan, apalagi jika cukup sering dilakukan. Bukan hanya membuat tagihan membengkak, sikap yang seperti ini juga bisa membuat kamu gagal bayar di masa yang akan datang.

Siapkan Diri Menjadi Pengguna Kartu Kredit yang Bijak

Bagi yang berniat mengajukan dan menggunakan kartu kredit dalam waktu dekat, pastikan memilih produk yang paling tepat. Selain itu, hindari juga berbagai sikap yang tidak tepat selama menggunakan alat pembayaran ini. Siapkan diri menjadi pengguna yang bijak, agar bisa menikmati manfaat maksimal dari kartu kredit yang dimiliki nantinya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Kartu Kredit yang Salah dan Contohnya