4 Manfaat Kartu Kredit, Bantu Kelola Keuangan Kamu

Memiliki kartu kredit dapat memberikan berbagai kemudahan transaksi keuangan. Mulai dari fasilitas yang ditawarkan sampai promo dan diskon yang selalu memanjakan penggunanya.

Kartu kredit tidak selalu identik dengan pemborosan. Kalau kamu dapat menggunakannya secara bijak, maka kartu kredit justru dapat membantu keuanganmu.

Kartu kredit umumnya memberi berbagai penawaran dan diskon menarik, serta cicilan 0 persen. Manfaatkan keuntungan tersebut saat berbelanja, terutama saat harus membeli kebutuhan dengan harga cukup mahal.

Misalnya belanja produk A, dengan kartu kredit B diskon 50%. Berarti kamu hanya perlu membayar produk itu separuhnya dari harga awalnya. Sedangkan kalau belanja pakai uang tunai, tidak berlaku diskon.

Biasanya, promo dari kartu kredit tidak hanya satu produk di satu merchant saja. Tetapi beragam. Sehingga akan sangat mengurangi beban pengeluaranmu, terutama saat belanja bulanan.

Berikut manfaat kartu kredit untuk membantu pengelolaan keuangan kamu, antara lain:

Baca Juga: Tipe Pengguna Kartu Kredit Seperti Apa Kamu? Cek di Sini

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

loader
Manfaat kartu kredit

  • Merencanakan pengeluaran rutin

Manfaat menggenggam kartu kredit adalah cara pembayaran tagihan secara penuh atau dengan cara mencicil. Fasilitas ini mempermudah kamu dalam merencanakan anggaran keuangan pribadi.

Terutama jika kamu bermaksud melakukan pembelian dalam jumlah besar, yang cara pembayarannya dapat diatur sesuai dengan rencana anggaran dan kemampuan bayar.

Selain itu, kartu kredit juga menawarkan fasilitas pembayaran berbagai macam tagihan melalui satu pintu, seperti telepon, air, listrik, dan TV kabel.

Dengan menggunakan fasilitas pembayaran semua tagihan ini melalui kartu kredit, kamu dapat terhindar dari kelupaan atau keterlambatan membayar karena akan ditagihkan bersamaan dengan tagihan kartu kredit kamu setiap bulan sehingga anggaran keuangan per bulan lebih jelas.

Kamu juga bisa menggunakan alat pembayaran ini untuk memenuhi kebutuhan belanja bulanan rumah tangga. Memanfaatkan penawaran promo dan diskon untuk menghemat pengeluaran.

Baca Juga: Cara Cek Transaksi Kartu Kredit di Bank Mandiri, BCA, BRI, BNI

  • Belanja barang mahal bebas bunga

Manfaat kartu kredit berikutnya, yakni bisa membeli barang mahal tanpa kena bunga. Kok bisa?

Ini karena kartu kredit memberikan fasilitas cicilan 0% kepada pengguna. Cicilan 0% kartu kredit adalah fasilitas kartu kredit yang memungkinkan kamu mengangsur pembayaran dalam jumlah tetap.

Artinya tidak dikenakan bunga atau disebut bunga 0%. Cara kerja cicilan 0%, yakni ketika kamu membeli sebuah barang dengan skema cicilan 0%, maka jumlah uang yang akan ditagihkan kepadamu tidak berubah.

Sebagai contoh, membeli laptop seharga Rp 12 juta pakai cicilan 0%. Tenor atau jangka waktu pembayaran 12 bulan, maka setiap bulan kamu mencicil sebesar Rp 1 juta sebanyak 12 kali.

Tidak ada beban bunga cicilan yang dikenakan. Kamu hanya berkewajiban melunasi utang pokok atau total harga pembelian. 

loader
Kartu kredit membantu pengelolaan keuangan

  • Melacak pengeluaran dengan mudah

Terkadang, pengeluaran atau belanja tidak sesuai rencana. Bahkan meski kamu sudah menyusun anggaran ketat setiap bulannya.

Dalam beberapa kasus, sebagian orang sulit melacak ke mana uang mereka terpakai. Namun hal yang berbeda akan terjadi saat kamu sudah membiasakan diri menggunakan kartu kredit ketika berbelanja.

Di tagihan kartu kredit, kamu bisa melihat semua pengeluaran dengan lebih rinci. Barang apa yang sudah kamu beli, berapa harganya, dan kapan kamu membelinya.

Dengan begitu, kamu dapat segera melakukan evaluasi agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di bulan berikutnya. Belanja lebih terkontrol dan tagihan kartu kredit tetap aman atau tidak bengkak.

Baca Juga: Tagihan Kartu Kredit Bebas Jebol Kalau Pakai Cara Ini

  • Belanja nyaman tanpa uang tunai

Membawa banyak uang tunai kerap merepotkan. Selain tidak muat di dompet, bawa banyak uang tunai juga rawan pencurian.

Lebih praktis dan aman bertransaksi keuangan dengan kartu kredit. Bayar apapun tinggal gesek, sebab saat ini minimarket pun sudah menerima pembayaran pakai kartu kredit.

Pun di luar negeri. Kartu kredit, misalnya berlogo Visa dan MasterCard sudah diterima secara luas di banyak negara, sehingga transaksi apapun dapat berjalan dengan lancar.

Mau makan di restoran, belanja di mal, sewa mobil, dan transaksi lain tak perlu repot. Tinggal gesek, semua urusan pembayaran beres.

Paling penting selalu jaga kartu kredit kamu. Jangan sampai hilang dan selalu gunakan kode PIN untuk kartu kredit, bukan lagi memakai tanda tangan.

Tetap Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kartu kredit. Pahami dengan baik apa saja fitur yang ditawarkan oleh kartu kredit kamu, sehingga kamu bisa menggunakannya dengan maksimal.

Nikmati semua keuntungan dari kartu kredit, agar kamu bisa lebih mudah mengelola keuangan dengan cara yang cerdas.

Baca Juga: Cara Mengurus Kartu Kredit Hilang