Ingin Punya Tanaman Hias di Kamar Tidur? Ini Pilihannya

Memiliki koleksi tanaman hias menjadi sebuah tren baru selama masa pandemi ini. Tak bisa dipungkiri, terbatasnya ruang gerak selama pandemi membuat lebih banyak orang menghabiskan waktu di rumah saja. 

Kondisi ini pada akhirnya dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas yang bermanfaat, salah satunya dengan mengembangkan hobi pada tanaman hias. Bukan hanya di pekarangan rumah saja, berbagai tanaman hias ini juga bisa kamu tempatkan di dalam rumah, bahkan di dalam kamar tidur sekalipun.

Jika menginginkan kamar yang lebih nyaman dengan udara lebih bersih, maka tidak ada salahnya menyimpan tanaman hias di sana. Beberapa jenis tanaman hias terbukti bisa membersihkan polusi dan bahkan menurunkan tingkat stres. 

Di tahun 1989 silam hal yang sama juga diungkapkan oleh Nasa, bahwa tanaman hias seperti benzena dan juga formaldehida dapat menurunkan tingkat polusi di dalam ruangan. Pastikan memilih tanaman hias yang tepat, agar kamar kamu tetap nyaman dan bebas polusi.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias yang cocok disimpan di dalam kamar sebagai anti polutan: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Lavender

loader

Tanaman hias unik yang dikenal dengan aromanya yang khas ini memang tidak populer sebagai tanaman yang disimpan di dalam ruangan. Namun jangan salah, dengan penempatan yang tepat lavender tetap bisa bertahan hidup di dalam rumah. 

Kamu bisa menyimpan tanaman ini di area kamar tidur yang dapat menerima cahaya matahari dengan baik. Agar lebih banyak menerima cahaya matahari, kamu bahkan bisa menyimpannya di dekat jendela kamar. Lavender akan membuat kamar tidur bebas polusi. Namun hindari penyiraman berlebihan, sebab tanaman ini mudah membusuk jika menerima terlalu banyak air. 

2. Lady palm 

loader

Tanaman yang berasal dari keluarga palem-paleman ini memang memiliki bentuk yang unik dan cantik. Berdaun banyak dengan bentuk kipas, Lady palm akan membuat kamar terlihat menarik. 

Tanaman hias ini mudah dirawat dan tidak membutuhkan banyak cahaya matahari, sehingga cocok untuk ditaruh di kamar tidur. Selain itu, kamu juga tak perlu menyiraminya terlalu sering, sebab lady palm juga tidak membutuhkan banyak air.  

Baca Juga: 9 Tanaman Obat yang Cocok Ditanam di Rumah

3. Rubber plant 

loader

Rubber plant atau yang dikenal dengan tanaman karet menjadi pilihan lainnya yang bisa ditaruh di kamar tidur. Memiliki daun lebar dengan tampilan mengkilap, tanaman hias ini memang menarik dan akan membuat ruangan di sekitarnya terasa sejuk. 

Tempatkan rubber plant di area kamar yang bisa mendapatkan banyak cahaya matahari. Jangan lupa untuk memangkas daunnya sesekali, sebab rubber plant memang terbilang cepat terlihat rimbun. 

4. Areca palm 

loader

Tanaman hias yang satu ini dikenal juga dengan nama palem kuning dan tingginya bisa sampai 2 meter. Jika ingin menyimpan tanaman indah ini di kamar, pastikan kamar tidur memang cukup luas. 

Selain itu, kamu juga perlu mengatur kecukupan cahaya matahari, sebab palem kuning termasuk tanaman yang membutuhkan banyak cahaya matahari, termasuk kelembaban yang baik sepanjang waktu. 

5. English ivy 

loader

Memiliki tekstur daun dan warna yang menarik, tanaman hias yang satu ini akan membuat kamar semakin indah. English ivy termasuk tanaman yang membutuhkan banyak cahaya matahari, bahkan kamu perlu memberinya cahaya lampu di musim penghujan. 

Untuk membuatnya tumbuh baik, pastikan tidak terlalu sering melakukan penyiraman, sebab english ivy tidak membutuhkan terlalu banyak air untuk tumbuh. kamu bisa melakukan sedikit penyemprotan di pagi hari saja. 

Baca Juga: Mau Sukses Ubah Hobi Tanaman Hias Jadi Duit? Perhatikan 7 Cara Manjur Ini

6. Boston fern 

loader

Pakis lebat dengan bentuk daun yang unik ini juga bisa digunakan sebagai tanaman hias di dalam kamar tidur. Boston fern akan memberikan tampilan yang segar dan nyaman di ruangan. Tanaman yang menyukai banyak cahaya ini harus disemprot setiap hari, sebab pakis ini membutuhkan banyak air untuk tumbuh dengan subur. 

7. Aglaonema

loader

Aglaonema menjadi salah satu tanaman yang populer selama beberapa waktu belakangan ini. Tanaman ini bisa ditemukan dalam beberapa warna yang berbeda, mulai dari hijau putih hingga kemerahan. 

kamu bisa menempatkan tanaman ini di kamar, sebab aglonema tidak sulit dirawat dan dapat tumbuh dengan baik meski mendapatkan sedikit saja cahaya matahari. Pastikan untuk selalu menjaga kelembaban tanahnya, sebab aglaonema ini tidak suka kekeringan. 

8. Lidah mertua 

loader

Memiliki bentuk unik dan rapi, lidah mertua memang sangat cocok untuk disimpan di dalam ruangan. Tanaman hias ini tidak membutuhkan cahaya matahari langsung, kamu bahkan tidak perlu sering-sering menyiramnya. 

Namun meski tidak membutuhkan perawatan yang banyak, lidah mertua justru bisa tumbuh untuk waktu yang panjang, bahkan hingga belasan tahun sekalipun. 

9. Philodendron 

loader

Memiliki tampilan menarik dengan bentuk daun yang cantik, philodendron justru terbilang mudah sekali dirawat. Tanaman yang satu ini hanya membutuhkan cahaya dalam takaran sedang, sehingga bisa ditempatkan di dalam kamar tidur. 

Selain itu, philodendron juga hanya perlu disirami sesekali saja, tepatnya ketika bagian atas tanahnya sudah mulai mengering. 

Pilih Tanaman Hias yang Tepat untuk Kamar Tidur 

Bagi yang menginginkan suasana sejuk dengan udara segar di dalam kamar, pastikan untuk menempatkan tanaman hias di sana. Bukan hanya memperindah saja, tanaman hias juga bisa membuat kamar bebas polusi. Pilih tanaman hias yang tepat, agar kamar tetap nyaman sepanjang waktu. 

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dibudidayakan