Ingin Traveling ke Korea Selatan? Ini Tips Mengurus Visanya

Selama beberapa tahun belakangan, minat masyarakat Indonesia untuk mengunjungi Negeri Ginseng ini memang terbilang cukup tinggi. Banyak destinasi wisata menarik di Korea Selatan yang bisa dinikmati sepanjang tahun, beberapa bahkan kerap muncul dalam serial Korea yang cukup terkenal. 

Selain mempersiapkan tabungan yang banyak, kamu juga perlu mempersiapkan visa perjalanan untuk liburanmu nanti. Jangan sampai rencana liburanmu sampai terganggu, hanya karena visa yang belum siap di tangan.

Simak beberapa tips penting berikut ini, yang bisa dilakukan untuk mempermudah proses pengurusan visa ke Korea Selatan:

1. Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan

loader

Sama dengan pengurusan visa ke negara lainnya, kamu juga akan membutuhkan sejumlah dokumen untuk pengajuan visa di Korea Selatan ini. Untuk mengajukan visa ini, kamu harus mengisi aplikasi pengajuan visa terlebih dahulu. 

Jangan lupa untuk melengkapi aplikasi ini dengan 3 lembar foto berlatar belakang putih dengan ukuran 4x6. Isi semua kolom aplikasi dengan lengkap, agar proses ini bisa berjalan dengan lancar. 

Jangan lupa untuk menyiapkan surat keterangan kerja, jika sudah bekerja. Namun jika masih berstatus pelajar atau mahasiswa, maka siapkan surat keterangan terkait hal tersebut. Siapkan juga fotokopi rekening bank atau rekening koran selama 3 bulan terakhir sebagai bukti keuangan. 

Dokumen keuangan ini juga bisa didukung dengan slip gaji atau bukti potongan pajak SPT PPh 21, untuk yang sudah bekerja. Pihak kedutaan akan melihat kestabilan keuangan melalui rekening tabungan atau rekening koran milikmu. 

Susun rapi semua dokumen ini sesuai dengan yang diminta, agar lebih mudah untuk diperiksa oleh pihak kedutaan.

Baca Juga: Bikin Visa Korea Selatan Ternyata Tidak Ribet! Begini Cara dan Syarat Mengajukannya

2. Harus diurus langsung di Kedutaan Korea Selatan

loader

Untuk mendapatkan visa ini, kamu harus mengurusnya langsung ke Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta. Hal ini mungkin akan cukup merepotkan, apalagi jika tinggal di luar Jakarta. 

Jika yang tidak memiliki waktu luang untuk mengurusnya, maka pastikan menggunakan layanan agency terpercaya untuk urusan yang satu ini. Pihak kedutaan tidak menyediakan aplikasi online, sehingga pengajuan ini memang harus dilakukan langsung di kantor kedutaan. 

Proses pengajuan hingga penerbitan visa ini akan membutuhkan waktu sekitar 6 hari kerja. Sedangkan untuk biayanya, siapkan dana sebesar Rp 544.000 untuk visa pribadi.

3. Proses pembayaran biaya visa

loader

Pengajuan visa ini bisa saja ditolak oleh pihak kedutaan dengan alasan tertentu, termasuk adanya catatan kriminal dan yang lainnya. Jika semua syarat pengajuan sudah dipenuhi dengan baik, maka bisa melakukan pembayaran biaya visa tersebut. 

Pembayaran bisa dilakukan di KEB Hana Bank cabang Korea Center, tepatnya di samping Kedutaan Korea Selatan di Jakarta. Setelah proses pengajuan dan pembayaran berjalan dengan lancar, maka proses penerbitan visa itu sendiri membutuhkan waktu sekitar 6 hari kerja. Kamu harus menunggu dan baru bisa mendapatkan visa setelah waktu tersebut. 

Untuk yang berada di luar Jakarta, proses pengajuan hingga pengambilan visa ini tentu akan cukup merepotkan. Kamu mungkin saja harus bolak-balik ke Jakarta untuk mengurus hal ini. Selain membutuhkan waktu, hal ini juga tentu akan membutuhkan banyak biaya. Jika ingin lebih simpel dan mudah, maka menggunakan layanan agensi tentu bisa menjadi pertimbangan. 

Kamu bisa fokus dengan berbagai aktivitasmu dan mendapatkan visa di waktu yang tepat. Selisih biaya ini juga tidak akan terlalu besar, masih sebanding dengan manfaat dan kemudahan yang didapatkan. 

Baca Juga: Bisnis Kekinian di Korea Selatan yang Bisa Kamu Tiru di Indonesia

4. Multiple visa

loader

Jika kelak sudah pernah berkunjung ke Korea Selatan setidaknya satu kali saja, maka bisa mengajukan multiple visa untuk perjalanan berikutnya. Multiple visa ini memungkinkan berkunjung ke Korea Selatan tanpa batas selama 5 tahun ke depan, di mana kamu akan diberikan masa tinggal maksimal selama 30 hari. Namun ini untuk visa turis dan bukan untuk bekerja di sana.

Untuk mendapatkan multiple visa seperti ini, harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 1,22 juta untuk visa pribadi. Namun berbeda dengan visa perjalanan reguler seperti di atas, multiple visa ini bisa diurus dalam waktu yang terbilang sangat cepat. 

Kamu bisa mengajukan visa ini di kedutaan dan hanya membutuhkan waktu 1 hari kerja saja. Agar pengajuan multiple visa bisa berjalan lancar, pastikan mengisi aplikasi pengajuan dengan baik dan juga melengkapi semua syarat yang dibutuhkan untuk itu.

Ajukan Visa dan Nikmati Liburan Seru di Korea Selatan

Berlibur ke Korea Selatan tentu akan menjadi hal yang menyenangkan, apalagi jika ini akan menjadi perjalanan pertama ke sana. Rencanakan liburanmu dengan baik dan ajukan visa segera, agar bisa menikmati liburan yang seru di Negeri Ginseng ini.

Baca Juga: Fashion Ala K-pop Idol yang Paling Banyak Ditiru oleh Para Kpopers

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!