Ini Ciri Mentor Berkualitas dan Pengaruhnya dalam Menjalani Bisnis

Pernahkah kamu menyadari betapa pentingnya memiliki seseorang yang mampu memberikan masukan positif, arahan, dan pembelajaran terhadap suatu bidang usaha yang sedang ditekuni? Faktanya, hampir semua orang sukses di penjuru dunia pernah mendapatkan pengaruh dari orang yang memiliki kemampuan tersebut. Sosok inilah yang kemudian dikenal sebagai mentor.

Peran mentor ini bisa muncul di hampir semua aspek kehidupan. Walaupun, kebanyakan orang mencari mentor untuk memberikan arahan dan membagi pengalaman dalam menjalani sebuah usaha atau bisnis.

Secara peran, mentor adalah seseorang yang mampu menjadi penyemangat, sekaligus pelatih agar kamu terdorong dan berani untuk beranjak dari zona nyaman. Tujuannya tidak lain adalah untuk mencapai kesuksesan atau meningkatkan kualitas diri agar menjadi lebih baik lagi. 

Namun, jangan jadikan sembarang orang sebagai mentor dalam hidupmu, walaupun secara kualitas dan pengalaman terbilang cukup mumpuni. Terdapat faktor lain yang menentukan apakah seseorang cocok untuk menjadi mentor atau tidak. Nah, agar proses mentoring dapat berlangsung dengan lebih optimal dan menunjukkan jalan terbaik menuju keberhasilan dan kesuksesan, simak ulasan tentang apa itu mentor berikut ini.

Baca Juga: 10 Rahasia Pebisnis Sukses

Apa Arti Mentor?

loader

Arti Mentor

Mentor adalah seseorang yang mempunyai pengalaman dan pengetahuan terhadap sebuah bidang keilmuan tertentu. Kemudian kombinasi dari pengalaman dan pengetahuan tersebut berubah menjadi sebuah kebijaksanaan yang dapat membimbing orang lain yang lebih pemula untuk bisa berkembang dan berproses dengan lebih pesat, serta dengan langkah yang tepat. 

Mentor juga dapat diartikan sebagai sosok yang telah lama menggeluti sebuah bidang tertentu, dan terbukti berhasil meraih kesuksesan dari aktivitas apapun yang sudah dilakukan pada bidang tersebut. Oleh karena itu, orang tersebut dipercaya untuk menjadi seorang guru yang mampu membagikan sebagian ilmunya untuk melatih serta mendorong orang yang baru saja memasuki suatu bidang dan masih minim akan pengalaman. 

Sementara itu, hubungan antara seorang mentor dengan orang lain yang didukungnya disebut dengan istilah mentoring. Lebih tepatnya, mentoring adalah sebuah hubungan antara seseorang yang berpengalaman dengan orang lain yang masih membutuhkan dukungan, motivasi, dan dorongan agar mampu mencapai sebuah keberhasilan dan kesuksesan. 

Ciri Mentor Hebat yang Perlu Diketahui

Seperti yang sempat disinggung sedikit sebelumnya, mencari seorang mentor tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, memilih mentor yang salah malah mampu menjerumuskanmu dan menjauhkan jalan kesuksesan yang sebenarnya sangat mungkin untuk diraih. Oleh karena itu, kamu perlu memahami tentang ciri seorang mentor yang hebat dan layak untuk dipilih berikut ini.

  1. Memberi Ruang untuk Belajar dari Kesalahan

    Seperti yang kamu tahu, melalui pengalaman, seseorang akan lebih mampu memahami suatu hal secara nyata. Hal inilah yang dipahami oleh seorang mentor andal dan tak sekadar mencegah seseorang untuk melakukan kesalahan sebagai bagian untuk berproses dan belajar. 

  2. Tak Merasa Dirinya Sebagai Pahlawan

    Meskipun secara ilmu dan pengalaman jauh lebih tinggi, seorang mentor tidak akan menganggap dirinya lebih hebat dari kamu. Hal ini mungkin saja terjadi karena mentor hebat memahami bahwa tugas seorang pembimbing adalah untuk memberikan saran dan mengarahkan. 

  3. Hanya Bertugas Sebagai Pendamping dan Pemberi Masukan 

    Pada proses mentoring, seorang guru tidak akan langsung memberi solusi pada setiap masalah yang sedang kamu hadapi. Ada kalanya ia akan memberikan ruang bagi kamu untuk berusaha menyelesaikan suatu masalah sendiri sembari mendampingi dan memberi masukan jika diperlukan. Sebab, dengan cara seperti ini, kamu baru bisa berkembang dan menjadi individu yang lebih berkualitas dari sebelumnya. 

Baca Juga: Pengertian Investasi Leher ke Atas dan Contohnya

Tips agar Proses Mentoring Memberikan Hasil Maksimal

loader

Mentoring

Lantas, bagaimana cara agar proses mentoring dapat berlangsung dan memberikan hasil yang lebih optimal? Pertama, kamu tentu harus bisa bersedia menerima kritik dan arahan secara terbuka. Jika terlalu sering membantah, apalagi menolak mentah-mentah masukan yang diberikan, selain tidak ada ilmu yang bisa didapatkan, relasi dengan mentor pun akan memburuk. 

Ibarat seorang pelatih sepak bola yang berteriak untuk memberi arahan kepada para pemainnya agar mampu meraih kemenangan, mentor juga melakukan hal yang sama agar kamu bisa mencapai kesuksesan. Tidak hanya berlaku pada proses mentoring, sikap terbuka pada kritik dan masukan sebenarnya amat penting untuk dipraktikkan di hampir semua situasi. 

Tips lainnya, kamu perlu memiliki komitmen tinggi dalam menjalani proses mentoring. Perlu dipahami jika tidak ada satupun proses belajar yang dapat dipetik hasilnya secara instan tanpa perjuangan. Selain memakan waktu yang relatif lama, proses mentoring juga seringkali membutuhkan tenaga serta biaya yang tidak sedikit. 

5 Alasan Kenapa Berbisnis Membutuhkan Seorang Mentor 

Mentor seringkali dicari oleh pebisnis pemula agar bisa mendapatkan bimbingan dan bantuan dari seseorang yang memiliki lebih banyak pengalaman. Peran seorang mentor dalam menjalani sebuah usaha sudah terbukti dengan banyaknya miliarder dunia yang berhasil meraih kesuksesan akibat arahan dari guru tersebut. Selain itu, ada 5 alasan lain yang membuat berbisnis membutuhkan seorang mentor agar bisa sukses, seperti:

  1. Memeroleh Pembelajaran Nyata

    Semua orang pasti setuju jika salah satu aset paling berharga yang dimiliki oleh seseorang adalah pengalaman. Daripada harus menunggu mengalami sendiri sebuah pengalaman dan mendapatkan pelajaran dengan cara yang berat, alangkah baiknya jika kamu mencari pengalaman, pengetahuan, saran, dan cara mengatasi sebuah kesalahan dari seorang mentor. Dengan begitu, kamu akan lebih mampu untuk mengembangkan bisnis dengan lebih pesat dan kuat.

  2. Peluang untuk Sukses Jauh Lebih Besar

    Berdasarkan hasil penelitian dan survei, memiliki mentor dapat meningkatkan peluang seseorang meraih kesuksesan. Bahkan, riset Sage menguak fakta bahwa 93 persen founder startup mengaku mendapatkan pengaruh positif dari para mentornya. Hal ini tentu tidak lagi mengherankan karena peran mentor mampu memberikan arahan, nasihat, dan koneksi sebagai batu loncatan menuju keberhasilan. 

  3. Memperluas Relasi dan Jaringan Bisnis

    Kebanyakan investor umumnya akan memercayai perusahaan startup yang direkomendasikan oleh relasinya. Karena sudah terbukti andal di bidangnya, seorang mentor tentu memiliki jaringan koneksi yang luas dan mampu menunjang kariermu. Nah, jika bisnis yang sedang kamu jalankan terlihat menjanjikan, bukan tidak mungkin mentormu akan mengenalkan investor untuk menyuntikkan dana dan mengembangkannya.

  4. Menghilangkan Keraguan atau Rasa Takut Gagal

    Seorang yang baru terjun di dunia bisnis pasti sering merasakan kekalutan, keraguan, dan rasa takut gagal. Dengan memiliki seorang mentor, kamu akan lebih mampu untuk mendapatkan arahan tentang bagaimana cara mengatasi perasaan tersebut dan memberikan keyakinan untuk sukses melalui pengalaman yang mereka miliki. 

    Tak sedikit pula pengusaha pemula yang langsung merasa depresi ketika bisnisnya tak mampu mencapai target atau ekspektasi mereka. Sebagai orang yang telah merasakan asam manis sebuah bisnis, mentor pasti akan mampu memberikan nasihat untuk menenangkanmu. 

  5. Mendorongmu untuk Terus Berusaha

    Data menyebutkan bahwa 30 persen usaha baru tidak mampu bertahan di 24 bulan pertama. Sedangkan 50 persen bisnis akan gulung tikar sebelum menginjak tahun kelima. Namun, bisnis yang mendapatkan arahan dari mentor umumnya bisa bertahan hingga 5 tahun lebih. 

Jadi, Bagaimana Cara Mendapatkan Mentor?

Setelah mengetahui pentingnya memiliki mentor tersebut, pasti muncul pertanyaan di benakmu, bagaimana cara mendapatkan seorang mentor?

Umumnya, kamu dapat berkenalan melalui pelatihan atau pendidikan pada bidang yang ingin kamu pelajari. Ada banyak lembaga terpercaya yang menawarkan pelatihan dari mentor ternama dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Nah, dari sinilah kamu mampu mendapatkan seorang mentor sebagai pembimbing menuju jalan kesuksesan.

Baca Juga: Tanda-tanda Anda Membutuhkan Konsultan Keuangan