Ini Orang-Orang yang Tepat Menggunakan Fasilitas Kartu Kredit Tambahan

Kartu kredit tambahan menjadi fasilitas lainnya yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki kartu kredit. Sebagai pemegang kartu utama, bank akan memberikan kesempatan untuk mengajukan 1 hingga 3 kartu kredit tambahan ini. 

Pada dasarnya kartu kredit tambahan akan mendapatkan fasilitas yang sama dengan kartu utama, namun hal ini bisa saja berbeda-beda pada setiap bank. Namun meski bank memberikan fasilitas yang satu ini, Anda tetap harus mempertimbangkan dengan matang, sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan fasilitas kartu kredit tambahan.

Sebagaimana penggunaan kartu kredit utama, pemakaian kartu tambahan tentu akan menimbulkan sejumlah tagihan untuk pemegang kartu utama. Inilah salah satu alasan utama mengapa sangat penting untuk mempertimbangkan dengan baik penggunaan kartu kredit tambahan ini. 

Jangan sampai riwayat kredit menjadi buruk akibat penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol, termasuk kartu tambahan yang diberikan kepada orang lain. Kondisi seperti ini tentu akan sangat merugikan dan bisa saja menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari. 

Penting untuk selalu memilih orang yang tepat dan benar-benar siap untuk menggunakan fasilitas kartu kredit tambahan, sebelum akhirnya memberikan fasilitas yang satu ini kepada orang tersebut. Lalu, dalam kondisi seperti apa Anda perlu memberikan kartu kredit tambahan dan siapa saja orang yang tepat untuk menggunakannya?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Berikan pada Orang yang Tepat dan Jika Benar-Benar Dibutuhkan

Memiliki risiko yang yang sama dengan kartu kredit, Anda memang harus mempertimbangkan penggunaan kartu kredit tambahan sejak awal. Meski memiliki kemampuan keuangan yang memadai, bukan berarti harus memberikan fasilitas ini kepada orang terdekat atau bahkan keluarga inti. Penting untuk memastikan bahwa yang bersangkutan memang tidak bisa mengakses layanan kartu kredit utama dan benar-benar membutuhkan kartu kredit tambahan tersebut. 

Hal ini akan membantu Anda mencegah penyalahgunaan kartu tambahan tersebut di masa yang akan datang. Bagaimanapun juga, sebagai pemilik utama Anda tentu menginginkan riwayat kredit tetap terjaga dengan baik.

Pemegang kartu kredit tambahan haruslah orang yang benar-benar bisa dipercaya dan bertanggung jawab, mengingat kartu ini harus digunakan dengan cara yang bijak. Jangan sampai kelak Anda menghadapi berbagai tagihan yang tidak perlu, hanya karena kartu tambahan yang diberikan kepada seseorang. 

Bukannya membantu, pengadaan kartu kredit tambahan seperti ini justru hanya akan menimbulkan masalah di dalam keuangan. Pada umumnya, kartu kredit tambahan ini diberikan kepada keluarga atau bahkan orang terdekat lainnya yang bisa dipercaya dan benar-benar membutuhkannya. 

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang membuat Anda perlu mempertimbangkan untuk memberikan fasilitas kartu kredit tambahan: 

1. Berusia di Bawah 21 tahun

  kuliah

Untuk mengakses layanan kartu kredit utama, bank memang mewajibkan pemohon harus berusia minimal 21 tahun. Artinya, jika keluarga atau kerabat masih berusia di bawah 21 tahun, maka sudah tentu yang bersangkutan tidak bisa memiliki kartu kredit utama. 

Jika anak atau adik sudah bisa bertanggung jawab dan membutuhkan kartu kredit, namun masih terhambat dengan batasan usia ini, maka tidak ada salahnya untuk memberikan fasilitas kartu kredit tambahan untuknya.

Baca Juga: Pengguna Makin Untung, ini 5 Tips Dapat Banyak Cashback Kartu Kredit

2. Tidak Memiliki Pekerjaan dan Penghasilan Tetap 

  ibu rumah tangga

Kartu kredit tambahan juga harus diajukan dengan syarat penghasilan dan juga pekerjaan yang jelas dan tetap. Artinya, jika salah satu dari kedua syarat tersebut tidak terpenuhi, maka pengajuan kartu kredit utama tentu tidak akan berhasil. Biasanya kondisi ini banyak dialami oleh ibu rumah tangga atau bahkan orang yang menjalankan bisnis rumahan dan tidak memiliki penghasilan tetap. 

Meski tidak memiliki penghasilan tetap, orang-orang tersebut mungkin saja membutuhkan fasilitas kartu kredit. Tidak ada salahnya memberikan kartu tambahan, terutama untuk pasangan (istri) Anda yang membutuhkannya untuk berbelanja berbagai keperluan rumah dan dapur.  

3. Sudah Berusia Lebih dari 60 Tahun

  lansia

Selain kedua syarat di atas, usia yang sudah melebihi 60 tahun juga tidak akan memungkinkan untuk mendapatkan kartu kredit utama. Namun meski sudah berusia lanjut, bisa saja orang tersebut masih memiliki penghasilan dan juga membutuhkan fasilitas kartu kredit. 

Pada umumnya orang akan memberikan fasilitas kartu kredit tambahan ini bagi orangtua mereka yang sudah tidak bisa mendapatkan kartu kredit utama. Anda juga bisa mempertimbangkannya, jika orangtua masih membutuhkan fasilitas tersebut.

Baca Juga: Jurus Jitu Tangkis Penipuan Berkedok Kirim Kode Rahasia 

Tentukan Aturan dan Tetap Awasi Penggunaannya

Memberikan fasilitas kartu kredit tambahan kepada keluarga atau bahkan orang terdekat tentu tidak ada salahnya, selama mengambil keputusan tersebut dengan pertimbangan yang matang. 

Tentukan aturan penggunaan dan pembayarannya sejak awal, agar kelak kartu tambahan tersebut tidak menimbulkan masalah bagi Anda dan yang menggunakannya. Selain itu, tetaplah awasi penggunaan kartu kredit tambahan dengan baik, sehingga benar-benar digunakan sesuai dengan aturan.

Baca Juga: Waspada Penipuan Kartu Kredit! Oknum Minta Nomor Kartu dan CVV