Ini Perbedaan Membangun Brand dan Marketing dalam Bisnis yang Perlu kamu Tahu

Branding dan marketing adalah istilah yang tidak asing dalam dunia bisnis. Keduanya tidak bisa dipisahkan, karena selalu erat kaitannya dalam hal pemasaran suatu produk maupun jasa. Jadi, bagi calon pebisnis wajib tahu dan mengenal istilah tersebut untuk membantu tumbuh kembang bisnis yang dikelolanya.  

Bagi pebisnis pemula harus mengetahui perbedaan antara branding dan marketing. Branding dan marketing seringkali disalah artikan dan dianggap hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Perbedaan Dasar antara Branding dan Marketing 

Sederhananya, branding adalah nama dari bisnis atau perusahaan, sedangkan marketing adalah bagaimana cara perusahaan membangun nama tersebut. Branding adalah strategi untuk jangka panjang. Karena, sebuah proses berkelanjutan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat apalagi dalam waktu semalam. Kamu perlu menanamkan sebuah kesadaran pada seseorang tentang suatu produk, citra, layanan, atau kesan baik. 

Sebaliknya, marketing adalah turunan dari branding. Biasanya strategi Branding yang dilakukan perusahaan mencakup marketing. Dengan begitu strategi marketing bisa dilakukan dalam waktu yang lebih pendek dan temporal.

Chief Brand Consultant Bedrock Asia, sebuah brand consultant di Jakarta, Kwan harsono mengatakan “Dalam satu hari, ada setidaknya 5000 merek berebutan di ingatan dan kesadaran kita. Merek sebanyak itu tidak akan mungkin semuanya kita ingat. Hanya merek yang memberikan kesan paling kuatlah yang bisa kita ingat”

Jadi, kamu harus memiliki cara yang tepat untuk merebut perhatian dan ingatan calon konsumen agar mengingat produkmu. 

Dalam membangun brand, kata Kwan, seseorang biasanya akan mengingat bagaimana pengalamannya saat berinteraksi dengan brand tersebut. Sebagai contoh pada brand sebuah bank. Nasabah akan mengingat pengalaman saat berkunjung ke kantor cabang atau mungkin ketika berinteraksi di ATM.

Nasabah akan mengingat beberapa hal, yaitu tentang pelayanannya dipermudah atau tidak? Apakah mereka puas dengan proses pelayanan tersebut? Apakah konsumen menemukan solusi dengan keberadaan perusahaan? Apakah solusi tersebut dilakukan dengan efektif dan efisien?

Semua pengalaman tersebut akan membekas di ingatan konsumen, pengalaman itulah yang nantinya akan membentuk brand sebuah layanan atau produk dari perusahaan.

Baca Juga: Maksimalkan 5 Strategi Marketing Media Sosial Ini Biar Jualan Online Makin Laris

Fungsi dan Manfaat Branding dalam Bisnis

loader

Branding dapat membantu mengidentifikasi suatu produk dan membedakannya dengan produk yang lain. Branding tidak hanya memberikan kesan yang berkesan, tapi juga mampu membuat pelanggan atau konsumen memahami bisnis atau perusahaan. Branding merupakan cara terbaik untuk membedakan perusahaan yang kamu miliki dengan para kompetitor lainnya.  

Target dari branding adalah untuk membuat perusahaan lebih terkenal, sedangkan marketing adalah untuk menarik konsumen lebih banyak. Untuk itu, sebelum melakukan marketing, kamu harus melakukan branding terlebih dulu. Karena langkah tersebut akan mempermudah jalan untuk melakukan pemasaran terhadap produk atau jasa yang kamu miliki.

Dalam kegiatan marketing, branding akan lebih memudahkan marketing untuk menarik target penjualan karena sudah memperkenalkan brand dari perusahaan tersebut. Sedangkan dalam kegiatan branding bisa membantu marketing untuk mendapatkan loyalitas konsumen atau pelanggan. Jadi, branding dan marketing saling bekerja untuk memudahkan.  

Branding sebagai Pendukung Utama dalam Kesuksesan Strategi Marketing

loader

Dalam hal marketing, kuncinya adalah kamu harus menemukan metode pemasaran dan pesan yang tepat untuk mendidik dari mempengaruhi konsumen pada tempat dan momen yang tepat. Marketing adalah landasan dari setiap bisnis, tujuan utamanya adalah untuk menjual produk barang atau jasa lebih banyak untuk memperoleh keuntungan.

Kamu bisa menyatukan keduanya dalam satu bentuk nyata karena branding dan marketing adalah modal untuk kesuksesan suatu bisnis. Meski keduanya memiliki target yang berbeda tapi, keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membangun kesuksesan dalam dunia bisnis  dan menciptakan bisnis yang bertahan lama. 

Jika kamu memiliki bisnis yang sukses maka, antara branding dan marketing tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, akan tetapi keduanya harus berdampingan. Antara marketer dan brander juga harus bersatu dan memiliki visi misi yang sama. Bekerja sama untuk kesuksesan bsisnis yang akan dibangun. 

Seiring dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang ini. Ada banyak sekali kanal marketing yang tersedia. Kamu bisa menggunakan internet untuk memasarkan produk atau jasa. Digital marketing adalah hal yang tidak asing lagi saat ini.

Jadi, manfaatkanlah perkembangan teknologi tersebut untuk berkomunikasi mencapai tujuan branding dan marketing. Buatlah produk sebagus mungkin, dan inovatif, hingga masyarakat sangat cinta bahkan sangat butuh dengan produk yang kamu miliki. 

Kamu juga bisa mencoba memasang digital advertising dengan memasang iklan di youtube, iklan videotron, hingga TV.

Baca Juga: Cara Naikkan Omzet Bisnis Online, Cek di Sini!

Aplikasikan Strategi Branding dan Marketing dari Sekarang

Mulailah terapkan strategi branding dan marketing yang terbaik. Cobalah hingga berkali-kali. Jangan bosan dan mudah putus asa apalagi mundur untuk berbisnis. Berbisnis adalah hal yang menyenangkan dan penuh tantangan. Hanya yang berusahalah yang mampu bertahan.

Baca Juga: Baru Mulai Usaha? Terapkan Tips Jitu ini Agar Tidak Mudah Menyerah