Ini Sejumlah Pekerjaan yang Akan Digantikan Robot dan Kecerdasan Buatan

Hadirnya teknologi berbasis robot menjadi salah satu yang paling terlihat mencolok untuk sebagian besar orang. Bagaimana tidak, belakangan ini robot mulai banyak dipamerkan ke publik, bahkan dalam berbagai keahlian yang beragam. 

Di dalam prakteknya, beberapa negara maju bahkan sudah menggunakan robot untuk berbagai pekerjaan. 

Namun selain robot, kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam berbagai bidang juga menjadi sesuatu yang akan banyak digunakan di masa depan. Sama seperti robot, teknologi yang satu ini bahkan diprediksi akan banyak menggantikan pekerjaan manusia. 

Hal ini tentu semakin menarik, mengingat populasi manusia juga semakin tinggi. Artinya, akan ada banyak orang yang lebih membutuhkan pekerjaan, bukan? 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Menggantikan pekerjaan manusia di masa depan

loader

Banyak perusahaan ternama yang memprediksi jika di masa depan robot dan kecerdasan buatan akan menangani banyak pekerjaan, salah satunya McKinsey.

Perusahaan ini memprediksi bahwa dalam beberapa tahun ke depan, akan ada lebih banyak perusahaan yang menggunakan robot dan kecerdasan buatan di dalam aktivitas mereka. Hal ini akan lebih banyak terjadi di perusahaan-perusahaan berbasis industri, terutama perusahaan yang berskala besar.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang diprediksi akan digantikan oleh robot dan kecerdasan buatan:

1. Pekerjaan fisik yang terprediksi

Penggunaan robot dan juga kecerdasan buatan ini tentu akan membawa perubahan yang besar di dalam dunia industri itu sendiri. Dalam hal ini, berbagai pekerjaan fisik yang diprediksi akan mendapat dampak terbesar dari penggunaan robot dan juga kecerdasan buatan, salah satunya buruh-buruh pabrik yang bekerja di sektor industri.

Mc.Kinsey bahkan berpendapat jika berbagai aktifitas kerja di sektor industri ini banyak ditangani oleh robot, terutama pekerjaan-pekerjaan teknik.

Berdasarkan perhitungan, persentase pekerjaan yang akan tergantikan oleh robot dan kecerdasan buatan di bidang ini bahkan bisa mencapai hingga 78%. Ini tentu angka yang sangat besar dan akan membuat banyak pekerja kehilangan pekerjaan mereka di sektor industri. Hal ini kemungkinan sekaligus akan membawa perubahan besar-besaran dalam dunia industri itu sendiri.

Baca Juga: Pekerjaan Penting di Bidang Keuangan Akan Diganti Robot, Begini Ulasannya!

2. Pemrosesan data

Bukan hanya pekerjaan kasar saja yang bisa ditangani oleh robot dan juga kecerdasan buatan, namun berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan pemrosesan data sekalipun dapat diselesaikan dengan baik oleh keduanya. Sistem yang cepat dan efisien tentu akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan yang satu ini.

Robot dan juga kecerdasan buatan memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan pemrosesan data, sehingga mereka akan bisa menangani berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Keduanya bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan sektor keuangan serta asuransi dengan baik. Di bidang ini, robot dan kecerdasan buatan diprediksi akan menggantikan sekitar 69% pekerjaan manusia.

3. Pengumpulan data

Selain pemrosesan data, robot dan kecerdasan buatan juga bisa melakukan pengumpulan data atau koleksi data. Hal ini membuat mereka memiliki kemampuan bekerja di bidang administrasi dalam berbagai sektor sekaligus. Di masa depan, robot dan kecerdasan buatan akan lebih banyak diandalkan dalam berbagai pekerjaan administrasi

Dengan kemampuan yang baik seperti ini, robot dan kecerdasan buatan diprediksi bisa menangani pekerjaan yang berkaitan dengan pengumpulan data ini sampai 64%. Ini tentu angka yang besar, mengingat koleksi data akan dibutuhkan dalam berbagai sektor sekaligus. Akan ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan di bidang yang satu ini.

Baca Juga: Bukan Cuma Programmer, ada 9 Peluang Karir IT Lainnya yang Bisa Ditekuni

4. Pekerjaan yang berkaitan dengan cara berpikir manusia

Meski memiliki kemampuan yang baik dalam menangani berbagai pekerjaan, pada kenyataan robot dan juga kecerdasan buatan tetap memiliki kekurangan.

Robot tidak mampu menangani seluruh pekerjaan yang dikerjakan oleh manusia, terutama yang berkaitan dengan cara berpikir manusia, seperti: pekerjaan yang tidak terprediksi, pekerjaan yang berkaitan dengan pengambilan keputusan, manajemen orang lain (tim), dan yang lainnya.

Untuk berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan cara berpikir, robot dan kecerdasan buatan memang tidak memiliki kemampuan yang baik. Persentase dalam berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan cara berpikir ini sangat rendah, bahkan kurang dari 20% saja.

Robot dan kecerdasan buatan tidak akan banyak bekerja di bidang yang berkaitan dengan pengambilan keputusan dan juga manajemen orang lain.

Semua pekerjaan seperti ini tidak bisa ditangani dengan baik dan cepat oleh keduanya. Berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan hal seperti ini masih harus tetap ditangani langsung oleh manusia, terutama pekerjaan yang berkaitan dengan banyak orang (pekerja) sekaligus. Bagaimanapun juga, robot tetaplah memiliki keterbatasan dalam banyak hal.

Semakin Familiar dan Banyak Digunakan

Robot dan juga kecerdasan buatan merupakan dua hal yang belakangan ini sudah cukup banyak diperkenalkan ke publik. Keduanya diprediksi akan menggantikan banyak pekerjaan manusia di masa depan, terutama yang berkaitan dengan bidang industri. Selama beberapa tahun ke depan, kita akan lebih banyak menemukan penggunaan robot dan kecerdasan buatan seperti ini di sekitar kita.

Baca Juga: Minat di Teknologi? Ini 12 Peluang Bisnis Digital yang Sangat Menjanjikan