Inilah 5 Manfaat Asuransi Perjalanan yang Harus Diketahui

Salah satu momen menyenangkan dalam hidup adalah momen bepergian baik itu dengan teman, pasangan, atau keluarga. Selagi dibolehkan untuk melakukan perjalanan liburan di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, tak sedikit orang yang memanfaatkan tanggal merah atau mengambil cuti untuk pergi berlibur, baik itu mudik ke kampung halaman atau jalan-jalan ke kota lain hingga luar negeri.

Namun, selama perjalanan liburan itu pastinya memiliki risiko entah itu saat pakai kendaraan pribadi, pesawat terbang, kapal, atau kereta. Hal ini bisa membuat momen liburanmu dihantui rasa cemas, dan liburan jadi tidak menyenangkan lagi. Akan tetapi, kamu bisa tenang dan tidak perlu memikirkan hal tersebut karena hampir semua biro perjalanan sudah memberikan asuransi perjalanan untuk konsumennya.

Lantas apa saja manfaat dari asuransi perjalanan?

Berikut penjelasan lengkapnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Menanggung Biaya Perawatan Medis

loader
Manfaat Asuransi Perjalanan

Tentunya tidak ada orang yang ingin momen liburannya rusak karena tiba-tiba jatuh sakit sehingga harus mendapatkan perawatan medis. Apalagi, jika kamu terpaksa harus dirawat di rumah sakit di negara yang sedang kamu jadikan tempat liburan. Pastinya, kamu berpikir harus mengeluarkan biaya perawatan rumah sakit yang super mahal.

Bagaimana cara membayarnya? Untunglah ada asuransi perjalanan. Jika hal ini terjadi, maka pihak asuransi akan memberikan biaya pertanggungan terhadap perawatan medis. Jadi, kamu tidak perlu takut tidak punya uang untuk membayar perawatan itu.

Baca Juga: 6 Hal Seputar Asuransi Perjalanan Ini Hanya Mitos!

2. Sumbangan Atas Kematian

Tidak ada orang yang tahu kapan dirinya akan meninggal dunia. Ada baiknya kamu mempersiapkan segalanya. Jadi, ketika kamu meninggal dunia karena risiko perjalanan, kehidupan keluarga tetap terjamin. Terutama bagi yang berperan sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga.

Cara untuk mempersiapkannya adalah dengan memiliki asuransi perjalanan. Ada sejumlah uang pertanggungan yang akan diberikan pihak asuransi kepada keluarga ketika kamu meninggal pada saat bepergian. Apabila ini terjadi, setidaknya kamu tidak perlu lagi terlalu mengkhawatirkan kelangsungan hidup keluarga.

Baca Juga: Wajib Tahu, 7 Risiko yang Tidak Ditanggung Asuransi Perjalanan

3. Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Saat bepergian menggunakan transportasi umum, penundaan atau pembatalan perjalanan bisa terjadi kapan saja. Hal ini tentunya akan merugikan kamu sebagai pengguna jasa biro perjalanan itu. Nah, dengan memiliki asuransi perjalanan, kamu bisa menerima kompensasi dari pihak asuransi bila hal ini terjadi.

Misalkan, kamu mau pergi naik pesawat untuk mudik, tetapi mendadak pesawat tidak bisa terbang pada hari itu. Biasanya nasabah asuransi akan menerima kompensasi berupa menginap gratis di hotel yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan tersebut.

Bentuk kompensasi yang diberikan berbeda-beda tergantung pada peraturan dari perusahaan asuransinya. Bila mengalami kerugian karena hal ini, jangan ragu untuk mengajukan klaim.

4. Ganti Rugi Atas Kerusakan Atau Kehilangan Bagasi

loader
Manfaat Asuransi Perjalanan

Masalah yang satu ini cukup sering terjadi, mungkin kamu juga sudah pernah mengalaminya. Apabila koper atau tas kamu rusak atau bahkan hilang tentunya akan sangat merugikan dan membuat momen liburan jadi tidak semenyenangkan yang seharusnya.

Tapi tenang, kamu bisa mendapatkan ganti rugi jika memiliki asuransi perjalanan. Apabila kamu mengalami hal ini, segera ajukan klaim dan dapatkan kompensasinya.

5. Menanggung Kerugian Akibat Terorisme dan Bencana Alam

Terjadinya aksi terorisme dan bencana alam sangat mungkin untuk terjadi kapan saja. Hal ini akan membawa kerugian, baik dalam bentuk kerugian fisik, mental, dan finansial. Jika memiliki asuransi perjalanan, maka segala kerugian tersebut akan ditanggungkan kepada pihak asuransi, sehingga kamu bisa merasa lebih aman pada saat bepergian.

Selalu Aman Dengan Asuransi

Setiap orang tanpa terkecuali pasti butuh untuk selalu merasa aman. Karena dengan rasa aman, maka perilaku dan tindakan yang dilakukan cenderung lebih positif. Masalahnya adalah kita tidak bisa melihat masa depan sehingga seringkali kita merasa khawatir dan tidak bisa merasa aman. Namun, kamu bisa memanfaatkan kegunaan dari asuransi demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan liburan.

Baca Juga: 7 Asuransi Perjalanan Terbaik, Bebas Travelling Tanpa Beban Pikiran!