Inilah Ciri-ciri Pemimpin Idaman, Anda Termasuk?

Semua orang tentu sangat mendambakan sosok pemimpin yang baik dan mengayomi anggota atau anak buahnya. Pemimpin dengan tipe seperti itu biasanya dapat bekerja sama dengan tim. Dengan begitu, tim menjadi solid dan dengan mudah mencapai target, serta kesuksesan bersama.  

Siapa bilang menjadi seorang pemimpin itu gampang? Karena bukan sekadar memimpin sekelompok orang, loh. Tapi ini soal kemampuan si pemimpin untuk menyatukan setiap pikiran yang berbeda dari orang-orang yang dipimpinnya, sehingga tercipta satu visi dan misi yang sama.

Pemimpin idaman adalah pemimpin yang disenangi dan disegani anggota atau anak buahnya. Sosok pemimpin idaman adalah dia yang bisa menjadi panutan atau contoh bagi banyak orang. Setiap orang, mungkin termasuk Anda yang bermimpi menjadi seorang pemimpin, pasti ingin menjadi pemimpin idaman.

Ada beberapa ciri pemimpin idaman yang bisa Anda kenali. Mungkin saja ciri itu ada pada diri Anda.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Kejenuhan di Tempat Kerja

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bijaksana

loader
Bijaksana

Seorang pemimpin sejatinya harus memiliki sifat bijaksana. Sifat inilah yang paling penting untuk bisa memimpin sekelompok orang. Contoh kasus, pemimpin harus bisa berlaku bijak dalam mengambil suatu keputusan. Tidak boleh berat sebelah dan hanya menguntungkan satu pihak saja.

Sebenarnya makna bijaksana cukup luas. Berhati-hati dalam bertindak dan tidak mementingkan diri sendiri juga, termasuk dalam sifat bijaksana. Oleh sebab itu, seseorang yang bijaksana sangat disukai banyak orang. Jadi, apakah Anda termasuk dalam orang-orang yang bijaksana? Anda sendiri yang tahu jawabannya.

2. Mengetahui Keuangan Perusahaan

Pemimpin juga wajib mengetahui keuangan perusahaan yang dipimpinnya. Contoh mudahnya adalah seorang pemimpin harus bisa mengetahui laju kas perusahaan, antara pemasukan dan pengeluaran. Dengan begitu, dia akan mengetahui apakah bisnis yang dijalani untung atau malah rugi. Ini penting untuk mengatur rencana bisnis selanjutnya.

Apabila bisnis tersebut merugi, pemimpin harus bisa menanggulanginya dengan mengatur strategi baru di beberapa hal, seperti efisiensi, strategi pemasaran yang lebih jitu, dan lainnya sehingga bisnis kembali mencetak untung. Namun sebaliknya, jika bisnis mendulang untung, seorang pemimpin akan tetap melakukan cara agar bisnis atau perusahaannya terus berkemban dan keuntungan meningkat. Jadi, pemimpin itu harus terus berpikir yang terbaik untuk perusahaannya.

3. Mengenal Diri Sendiri dengan Baik

Pemimpin idaman harus mengenal dirinya dengan baik sebelum mengenal kepribadian anggota atau anak buahnya. Salah satu penerapan mudahnya adalah dengan melakukan analisis Strength, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT). Pendekatan ini bukan cuma dipakai untuk bisnis, tapi juga lebih dalam mengenal diri sendiri.

Dengan memakai teknik ini, Anda bisa menganalisis kekuatan dan kelemahan diri Anda. Peluang apa saja yang bisa digali dari diri Anda, termasuk ancamannya. Kalau sudah mengenal diri dengan baik, Anda sebagai pemimpin akan lebih mudah memimpin dan mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

Baca Juga: 7 Hal yang Membuat Karir Anda Cemerlang

4. Memiliki Relasi yang Luas

Seorang pemimpin tentu harus mempunyai relasi atau jaringan yang luas dengan orang-orang dari berbagai kalangan, termasuk orang-orang penting yang dapat berguna untuk kemajuan bisnis yang dijalani.

Tapi ingat jaringan yang dimiliki harus jaringan relasi yang berkualitas. Jangan hanya banyak relasi saja, tapi tidak ada yang bisa diandalkan. Ini karena siapa teman dan tempat bergaul Anda akan berpengaruh kepada kepribadian diri. Jika Anda berniat menjadi pemimpin idaman, mulailah memperluas relasi Anda dari sekarang.  

5. Mendorong Pengembangan Diri Timnya

loader
Mendorong Pengembangan Diri Timnya

Seperti halnya pemimpin yang ingin selalu berkembang, anggota atau bawahannya pun ingin hal yang sama. Salah satunya pengembangan kemampuan dan keterampilan yang akan berguna untuk perusahaan di masa depan. Dengan demikian, pemimpin dan tim dapat tumbuh kembang bersama.

Setiap pemimpin yang baik pasti ingin skill anggota atau anak buahnya meningkat. Itu namanya program peningkatan sumber daya manusia. Ujung-ujungnya, perusahaan yang akan diuntungkan dari ‘investasi’ tersebut. Sebagai pemimpin, cobalah untuk men-challenge setiap anggota tim. Tujuannya agar mereka berkembang.  

Sebarkan Hal-hal Positif Setiap Hari

Untuk mencapai target dan tujuan perusahaan, pemimpin yang baik atau pemimpin idaman harus rajin menyuntikkan semangat untuk seluruh timnya. Selain itu, rutin menyebarkan hal-hal positif yang dapat meningkatkan kinerja mereka. Percayalah, kerja sama yang baik antara pemimpin dan tim akan membuahkan hasil untuk perusahaan.

Baca Juga: 6 Cara Cerdas Hadapi Atasan yang Temperamental