Inilah Daftar Lokasi Karantina Virus Corona di 24 Negara

Virus corona yang semakin luas penyebarannya membuat beberapa negara terutama negara yang sudah dikonfirmasi terjangkit sudah menyediakan tempat karantina untuk warga yang terindikasi terjangkit virus corona atau hanya sekadar memastikan orang tersebut tidak tertular setelah bepergian keluar negeri terutama dari China dan negara-negara lain yang sudah terjangkit.

Setidaknya ada 24 negara yang sudah memiliki tempat khusus karantina penanganan potensi penyebaran virus corona. Bahkan tempat karantina penanganan virus corona dibeberapa negara terletak di pangkalan atau markas militer yang dilengkapi dengan pengawalan yang ketat.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Karantina di Indonesia

Suasana Karantina WNI di Pulau Natuna
Suasana Karantina WNI di Pulau Natuna via cnnindonesia.com

Sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) yang telah dievakuasi dari Provinsi Hubei, Tiongkok sedang menjalani di Hanggar Lapangan Udara Raden Sadjad, Ranai Kabupaten Natuna. Tiba pada 2 Februari 2020, WNI dari Wuhan akan dikarantina di Pulau Natuna ini akan berlangsung selama 14 hari.

Dilansir dari BBC Indonesia, Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan, mengatakan warga yang sedang dikarantina wajib mengenakan masker ke mana pun, dan akan mendapat teguran langsung bagi yang tidak mematuhi aturan tersebut.

Warga yang dikarantina wajib menjalani pemeriksaan kesehatan selama tiga kali dalam sehari untuk setiap harinya. Petugas yang berugas di lokasi karantina pun wajib menggunakan APD (alat pelindung diri) setiap akan melakukan kontak dengan warga yang tengah dikarantina.

Setiap pagi, WNI yang di karantina juga wajib kegiatan olahraga setiap paginya selama masa karantina. Setelah berolahraga, mereka pun boleh melakukan kegiatan lagi seperti belajar atau bermain kartu atau catur selama tidak keluar dari lokasi karantina.

Lokasi karantina di Natuna yang hanya berjarak 1,1 kilometer dari pemukiman warga ini pun sempat mendapatkan protes dari penduduk Natuna. Demo penolakan evakuasi WNI dari Wuhan, Tiongkok pun sempat dilakukan di depan gedung DPRD Natuna pada 3 Feburari 2020 kemarin.

Untuk menjamin keamanan dan mengusir keresahan penduduk sekitar lokasi karantina, perusahaan swasta yang mengangkut WNI yang dievakuasi dan mengantarkan mereka ke lokasi karantina pun diberikan cuti dari pekerjaan untuk tetap di rumah selama 10 hari.

Baca Juga: Fakta Penting Virus Corona, Gejala dan Tindakan Pencegahannya

Daftar Lokasi Karantina Virus Corona di Setiap Negara

karantina virus corona

Masa inkubasi virus corona yang diperkirakan berlangsung sampai 14 hari membuat setiap negara baik yang terjangkit atau terancam terjangkit secara cepat menyediakan tempat karantina sementara untuk warganya yang dikira terjangkit virus corona atau baru saja tiba dari negara yang terjangkit sebagai upaya untuk mencegah atau memperparah penyebaran virus.

Berikut lokasi karantina untuk pasien maupun orang yang diduga terjangkit virus corona di beberapa negara sebagaimana dilansir dari The Guardian dan beberapa sumber lainnya:

  1. 1. Inggris – Arrowe Park Hospital di Wirral
  2. Australia – Pulau Christmast
  3. Thailand – Pangkalan Angkatan Laut, Provinsi Chonburi
  4. Malaysia – Rumah Sakit Kuala Lumpur
  5. Myanmar – Rumah Sakit Kandawnadi, Mandalay
  6. Korea Selatan – Rumah Sakit di Kota Asan dan Jincheon, Seoul
  7. India – Rumah Sakit di New Delhi
  8. New Zealand – Pulau Whangaparāoa, Auckland
  9. Italia – Fasilitas Militer, Roma
  10. Prancis – Sekolah Pemadam Kebakaran di Aix-en-Provence dan Holiday Centre di Carry-le-Rouet, Bouches-du-Rhone.
  11. Jerman – Pangkalan Militer Jerman, Germersheim
  12. Turki – Rumah Sakit di Ankara
  13. Rusia - Sanatorium di wilayah Tyumen
  14. Amerika – March Air Reserve Base dan Travis Air Force Base, California, Fort Carson di Colorado; Pangkalan Angkatan Udara Lackland di Texas dan Camp Ashland di Nebraska.
  15. Kanada – Pangkalan Militer, CFB Trenton di Ontario
  16. Jepang – Kapal Pesiar Diamond Princess, Yokohama
  17. Vietnam - Pusat layanan kesehatan, Binh Xuyen
  18. Filipina – Athelete’s Village 2019 ASEAN Games, Manila
  19. Hongkong – Dua Holiday Camps dan Satu Markas Militer
  20. Singapura – Pulau Ubin
  21. Finlandia – Rumah Sakit Pusat Lapland, Rovaniemi
  22. Belgia – Rumah Sakit Militer, Brussels
  23. Indonesia – Pulau Natuna
  24. Tiongkok – Kota Wuhan, Hangzhou, Guangdao, Taizhou, Wenzhou, Ningbo, Heilongjiang, Zhumadian, Huanggang, Tianjin.

Baca Juga: Dari Anak Serigala Hingga Burung Merak, Inilah Penyebab Awal Virus Corona

Penyebaran Cepat, Hati-Hati Melakukan Perjalanan

Dilansir dari tirto.id, virus yang telah mendapatkan nama baru dari W.H.O (World Health Organization) menjadi Covid-19 ini sudah menjangkit 44.911 orang. Dengan belum ditemukannya vaksin khusus mematikan virus ini, tentu jumlah kasus terjangkit bisa terus bertambah.

Selain itu, negara yang dikonfirmasi terjangkit virus corona sudah bertambah menjadi 27 negara. Jumlah negara yang terjangkit bisa bertambah kapan saja. Untuk itu, bagi Anda yang akan berlibur keluar negeri berhati-hatilah, apalagi jika negara tujuan termasuk dari daftar negara yang terjangkit virus corona.

Bagi Anda yang baru saja sepulang dari luar negeri, walaupun negara yang dikunjungi tidak termasuk daftar negara yang terjangkit, tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi kesehatan di rumah sakit terdekat dengan tempat tinggal.

Baca Juga: Kabar Terbaru Penemuan Vaksin Virus Korona. Simak di Sini!