Inilah Deretan Obat Sariawan Alami, Dijamin Tidak Ada Efek Samping!

Dapat dipastikan jika hampir semua orang pasti pernah merasakan sariawan. Tidak dapat dipungkiri jika penyakit tidak menular yang terjadi di mulut ini menjadi salah satu masalah kesehatan yang seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Meski dapat sembuh dengan sendirinya, sariawan dapat memberikan rasa sakit dan perih bagi penderitanya. Saat menderita sariawan, kegiatan sepele seperti berbicara, makan, dan juga minum pasti akan terganggu.

Hal inilah yang membuat sang penderita berusaha dengan segala cara agar bisa sembuh dari penyakit tersebut. Salah satunya adalah dengan mencari obat sariawan yang mungkin saja memberikan efek samping. Bukan tidak mungkin efek samping dari meminum obat sariawan tersebut malah lebih mengganggu aktivitas yang tengah dilakukan.

Padahal, ada beragam cara alternatif yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit akibat jamur candida albicans tersebut. Berbagai jenis makanan pun acapkali dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasinya. Dilansir dari banyak sumber, inilah obat sariawan alami. 

Baca Juga:  Kenalan Yuk Sama Teh Kombucha, Minuman Fermentasi yang Memiliki Kandungan Nutrisi Berkhasiat Tinggi

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

loader

  1. Jaga Kebersihan Mulut dengan Tepat

    Saat sariawan melanda, menjaga kesehatan dan kebersihan mulut harus menjadi prioritas utama yang harus dilakukan. Namun, sariawan tentu membuat penderitanya susah untuk menyikat gigi karena akan sangat menyakitkan saat bulu sikat tidak sengaja terkena atau bahkan menusuk sumber sariawan. 

    Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, usahakan untuk sikat gigi dengan perlahan dan berhati-hati. Bila perlu, ganti sikat gigi dengan yang memiliki bulu sikat lembut agar tidak terlalu menyakitkan saat terkena sariawan. Yang pasti, jangan sampai tidak menjaga kebersihan mulut saat sariawan karena dapat memperparah atau memperlambat proses penyembuhan penyakit tersebut. 

  2. Hindari Makan Makanan Pedas atau Asam

    Makanan dengan rasa pedas yang tinggi serta terlalu asam tentu dapat membuat sariawan lebih iritasi dan terasa sakit. Jika dibiarkan terkena pedas dan asam, sariawan akan menyebabkan masalah yang lebih mengganggu lagi bagi penderitanya untuk bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, hindari makan makanan pedas atau asam saat terkena sariawan.

  3. Perbanyak Mengonsumsi Sumber Nutrisi Zinc

    Kekurangan zinc merupakan salah satu penyebab utama mengapa sariawan menyerang. Saat sariawan sudah terlanjur muncul, usahakan untuk mengonsumsi suplemen zinc sebanyak dua kali dalam sehari agar membantu proses penyembuhannya. 

    Bila perlu, jadikan suplemen zinc ini sebagai konsumsi rutin setiap hari agar mencegah penyakit ini kambuh kembali. Pastinya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosis konsumsi suplemen tersebut. Dengan begitu, sariawan tidak akan kambuh dan tidak terjadi efek samping akibat sembarangan mengonsumsi suplemen zinc tersebut.  

  4. Kumur Menggunakan Air Garam

    Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib dan pasti ada di setiap rumah. Dengan melarutkannya dengan air hangat, garam dapat menjadi obat sariawan alami yang tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Pasalnya, garam mengandung antiseptik serta pembersihan pada mulut. 

    Cukup berkumur selama kurang lebih 30 detik, air garam dijamin mampu meredakan rasa sakit akibat sariawan. Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali dalam sehari dan sariawan akan sembuh dalam waktu dekat. 

  5. Bukan Hanya Garam, Baking Soda juga Dapat Dijadikan Sebagai Obat Kumur

    Baking soda juga dapat digunakan sebagai obat kumur untuk meredakan sariawan secara alami. Sama dengan larutan garam, baking soda yang dilarutkan dengan air hangat dapat menyembuhkan sariawan dengan menetralkan kadar asam dalam mulut. Pasalnya, baking soda memiliki substansi alkalin yang mampu menumpas bakteri dan mempercepat proses penyembuhan penyakit ini.

    Menurut sebuah penelitian di tahun 2009, natrium bikarbonat atau baking soda cukup efektif dijadikan disinfektan bagi jamur penyebab sariawan. Berdasarkan penelitian inilah mengapa baking soda dipercaya sebagai salah satu obat alternatif rumahan yang bisa dicoba untuk menyembuhkan penyakit mulut tersebut. 

  6. Konsumsi Yoghurt

    Memiliki tekstur yang lembut, tak jarang penderita sariawan yang doyan mengonsumsi yoghurt karena tidak menimbulkan rasa sakit saat dimakan. Namun, manfaat olahan susu tersebut ternyata lebih dari itu. Lactobacillus yang terkandung dalam yoghurt dapat membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalannya. 

    Tak hanya itu, yoghurt juga dapat menyeimbangkan populasi bakteri baik dan buruk dalam mulut sehingga mempercepat penyembuhan sariawan. Jika gejala sariawan sudah mulai terasa, yoghurt dapat mencegah munculnya penyakit tersebut jika dikonsumsi. Pastinya, khasiat tersebut hanya bisa didapatkan saat mengonsumsi yoghurt yang tidak mengandung pemanis. 

  7. Minum Ramuan Kunyit

    Kunyit merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang memiliki kandungan kurkumin untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah sariawan. Kunyit dipercaya dapat menyembuhkan sariawan karena memiliki zat anti inflamasi yang juga berguna untuk meredakan peradangan. 

    Saat dicampurkan dengan senyawa piperin seperti yang terkandung dalam lada hitam, kunyit dapat menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan sariawan dan peradangan. Tidak sulit, cukup campurkan seperempat hingga setengah sendok teh bubuk kunyit dengan lada hitam secukupnya dan larutkan pada susu sebanyak 200 ml. Setelah dipanaskan ramuan tersebut dapat langsung diminum atau sekedar dijadikan obat kumur dan sariawan akan sembuh dengan segera. 

  8. Mengoleskan Minyak Cengkih 

    Sudah lama dipercaya bahwa minyak cengkih adalah obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan mulut. Bahkan, dokter gigi modern juga masih menggunakan minyak cengkih sebagai antiseptik alami dan pereda nyeri untuk para pasiennya. Mengandung eugenol, minyak cengkih memiliki khasiat yang bisa menghilangkan rasa sakit. 

    Cara memanfaatkan minyak cengkih juga sangat mudah. Dengan membubuhkannya pada kapas dan mengoleskannya ke titik sariawan, minyak cengkeh akan langsung memberikan reaksi dengan menghilangkan rasa perih. Akan tetapi, usahakan untuk tidak terlalu banyak atau terlalu lama mengoleskan minyak cengkih karena dapat menyebabkan mati rasa dan juga alergi.  

  9. Dapat Diobati dengan Cuka Apel

    Pemasangan kawat gigi membuat risiko sariawan muncul menjadi lebih tinggi. Jika tidak rutin dibersihkan, kawat gigi akan menjadi kotor dan memicu munculnya sariawan. Untuk mengatasi hal tersebut, pemakai kawat gigi dapat berkumur dengan larutan cuka apel agar jamur candida tidak tumbuh dan berkembang di dalam mulut.

  10. Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Mengonsumsi Vitamin C

    Sudah umum diketahui jika vitamin c memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin c, tubuh akan secara otomatis memproduksi lebih banyak sel darah putih dan melawan berbagai infeksi dan bakteri jahat dalam tubuh. Alhasil, tubuh juga akan melakukan pemulihan dari penyakit yang sedang melanda, termasuk sariawan.

  11. Meminum Teh Biji Fenugreek

    Biji fenugreek adalah salah satu rempah yang sering digunakan untuk memasak kari. Fenugreek luas dikenal memiliki khasiat untuk menyembuhkan masalah kesehatan, terutama yang terjadi di mulut. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang terkandung dalam biji fenugreek, Anda dapat mencampurnya dengan air dan berkumur menggunakan larutan tersebut.

  12. Konsumsi Teh Chamomile

    Teh chamomile merupakan minuman yang banyak dikonsumsi menjelang tidur karena menimbulkan efek menenangkan. Mengandung antiseptik, chamomile dapat membuat tubuh merasa rileks dan juga menyehatkan pencernaan. Dengan rutin mengonsumsi teh chamomile, sakit yang ditimbulkan sariawan akan berkurang dan proses penyembuhannya akan semakin cepat. 

  13. Kompres dengan Teh Celup

    Kantong teh yang telah terpakai biasanya akan langsung berakhir di tempat sampah. Padahal, kantong teh bekas memiliki sifat basa yang mampu menetralkan kadar asam dalam mulut sehingga tidak menyebabkan rasa sakit di pusat sariawan.

    Daun teh yang tersisa dalam kantong teh juga dapat meredakan infeksi serta peradangan akibat sariawan. Dengan begitu, proses penyembuhan penyakit mulut tersebut dapat berjalan dengan lebih pesat.

Baca Juga: Cuka Apel, Rahasia Mendapatkan Tubuh yang Sehat dan Memaksimalkan Penampilan

Prioritaskan Obat Alami untuk Menyembuhkan Sariawan

Berhubungan langsung dengan sistem pencernaan, pengobatan untuk sariawan hendaknya dilakukan dengan menggunakan bahan alami terlebih dahulu. Pasalnya, kebanyakan obat kimia pasti menimbulkan efek samping yang mungkin berbahaya bagi tubuh. 

Untuk itu, saat sariawan menyerang, coba untuk menyembuhkan dan meredakan rasa sakitnya dengan menggunakan cara yang telah disebutkan tersebut. 

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Celup