Kenalan Yuk Sama Teh Kombucha, Minuman Fermentasi yang Memiliki Kandungan Nutrisi Berkhasiat Tinggi

Tidak dapat dipungkiri jika teh menjadi salah satu jenis minuman yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, tak sedikit orang Indonesia yang sudah terbiasa untuk mengonsumsi jenis minuman tersebut setiap hari sembari menikmati waktu senggang bersantai di rumah. Penyebabnya tidak lain karena teh juga dapat memberikan efek relaksasi bagi siapa saja yang meminumnya. 

Jenis minuman teh yang biasa dikonsumsi oleh para penikmatnya pun sudah cukup beragam. Mulai dari lemon tea, milk tea, hingga teh hitam biasa telah banyak dijadikan sebagai pendamping dikala santai menonton televisi maupun sebagai pelega tenggorokan saat menikmati hidangan. Namun, di antaranya banyaknya jenis teh yang ada, pernahkah Anda mendengar tentang kombucha? 

Kebanyakan dari Anda mungkin baru pertama kali mendengar nama teh tersebut. Tidak mengherankan, sebab jenis teh ini terbilang masih belum banyak dijual di Indonesia, apalagi dikonsumsi oleh masyarakatnya. 

Padahal, jika melihat dari sisi manfaat yang diberikan, kombucha memiliki banyak khasiat yang mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi yang dimiliki oleh jenis teh tersebut amatlah penting dibutuhkan tubuh. 

Lalu, seperti apa sih teh kombucha itu? Juga, kandungan apa sajakah yang dimiliki dan manfaatnya bagi tubuh? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasannya berikut ini. 

Apa Itu Teh Kombucha?

loader

Sebelum membahas tentang khasiatnya, akan jauh lebih baik jika mengetahui tentang apa itu kombucha. Kombucha adalah jamur teh yang memiliki nama ilmiah, medusomyces gisevii. Jenis jamur teh itulah yang menjadi bahan dasar dari pembuatan teh kombucha walau kebanyakan disajikan dengan campuran teh hijau. 

Untuk teh kombucha sendiri adalah produk minuman yang berasal dari fermentasi jamur kombucha. Minuman berkhasiat tinggi ini pertama kali dikenal di Manchuria, daerah yang berada di bagian timur negara Rusia sejak sekitar 200 tahun lalu. Ciri utama dari teh kombucha adalah rasanya yang manis serta memiliki warna hijau kehitaman. 

Melalui cara fermentasi, teh kombucha dibuat dengan mengolah teh, gula, serta mikroba yang terkandung pada ragi. Hasil dari proses fermentasi inilah yang memunculkan berbagai jenis zat yang berguna bagi tubuh, seperti asam folat, asam asetat, asam amino esensial, serta vitamin juga alkohol. 

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Kaur & Singh di tahun 2017, ditemukan bahwa kombucha tergolong sebagai minuman yang memiliki khasiat tinggi. Hal tersebut juga membuka potensi pada teh kombucha sebagai minuman yang mampu membuat kesehatan tubuh lebih terjaga. Oleh karena itu, akan sangat disayangkan jika manfaat kombucha ini terlewatkan oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Cuka Apel, Rahasia Mendapatkan Tubuh yang Sehat dan Memaksimalkan Penampilan

Manfaat-Manfaat Kombucha Bagi Tubuh

  1. Mengandung Banyak Bakteri Probiotik

    Manfaat kombucha yang pertama adalah kandungan bakteri probiotik di dalamnya yang berlimpah.

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pembuatan teh kombucha berasal dari proses fermentasi teh. Pada proses tersebut, muncul bakteri probiotik pada teh kombucha tersebut. Jadi, tidak mengherankan jika kandungan bakteri probiotik pada jenis minuman teh tersebut tergolong cukup banyak.

    Bagi yang belum tahu, fungsi dari bakteri probiotik adalah untuk menjaga kesehatan usus. Dengan terjaganya kesehatan usus, sistem pencernaan juga akan menjadi lebih lancar. Hal tersebut secara tidak langsung juga turut menurunkan risiko terjadinya peradangan dalam sistem pencernaan serta mencegah terjadinya berat badan berlebih. 

  2. Terbuat dari Teh Hijau, Minuman Ini Baik untuk Membakar Kalori

    Meski di Indonesia belum terlalu populer, namun teh kombucha ini tengah banyak dibicarakan oleh masyarakat di luar negeri karena khasiatnya. Bahkan, teh kombucha telah dipadukan dengan berbagai jenis minuman lain agar memiliki khasiat yang lebih baik bagi tubuh. Salah satunya adalah dengan mencampurkannya dengan teh hijau.

    Teh kombucha yang dibuat dengan mencampurkan teh hijau mampu memberikan khasiat penuh yang dimiliki oleh minuman tersebut. Kandungan polifenol sebagai senyawa bioaktif pada teh hijau mampu berfungsi menjadi antioksidan yang kuat bagi tubuh. 

    Selain itu, teh kombucha yang terbuat dari green tea juga mengandung nutrisi yang sama serta menjanjikan khasiat kesehatan yang tidak jauh berbeda pula. Membakar kalori, menurunkan kandungan lemak di perut, serta pengontrol gula darah adalah beberapa khasiat dari perpaduan kombucha dengan teh hijau. 

  3. Kandungan Antioksidannya Berlimpah 

    Masih membahas tentang khasiat kombucha yang dicampur dengan teh hijau, minuman tersebut ternyata juga mengandung antioksidan yang berlimpah di dalamnya. Sudah banyak dipahami jika antioksidan dalam tubuh dapat menjadi penangkal utama radikal bebas yang mampu memicu munculnya sel kanker.

    Tak hanya itu saja, ada banyak ilmuwan yang percaya bahwa asupan antioksidan dari makanan ataupun minuman lebih berkhasiat ketimbang yang didapatkan dari suplemen antioksidan. Jadi, agar kandungan antioksidan dalam tubuh terjaga dan mengurangi risiko penyakit kanker, tidak ada salahnya untuk meminum teh kombucha

  4. Bersifat Anti Bakteri

    Terbuat melalui proses fermentasi, salah satu kandungan paling penting yang dimiliki oleh teh kombucha adalah asam asetat. Zat yang juga banyak terkandung pada cuka tersebut dikenal ampuh dalam membunuh mikroorganisme jahat yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. 

    Kandungan tersebut pulalah yang membuat teh kombucha bersifat anti bakteri kuat, khususnya pada fungsi candida serta bakteri yang menyebabkan infeksi. Sifat anti bakteri tersebut juga yang mampu menekan pertumbuhan fungi dan bakteri jahat dalam tubuh. 

    Meski begitu, teh kombucha tidak memengaruhi kinerja bakteri baik dalam tubuh, seperti probiotik, agar tetap bisa berkembang dan memberikan dampak baik bagi kesehatan. Jadi, mengonsumsi teh kombucha hanya mengurangi jumlah bakteri jahat di tubuh dan tetap menjaga bakteri yang baik untuk kesehatan. 

  5. Dapat Menurunkan Risiko Terjangkit Penyakit Jantung

    Penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Bahkan, penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan pada organ jantung tersebut digadang-gadang sebagai penyakit yang paling banyak memakan korban jiwa setiap tahun di dunia. 

    Dengan mengonsumsi teh, risiko terserang penyakit jantung akan menjadi lebih kecil. Pasalnya, minuman tersebut mampu mencegah proses oksidasi kolesterol LDL di dalam tubuh. 

    Tidak hanya itu, orang yang rutin meminum teh hijau mempunyai potensi 31 persen lebih kecil terkena serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak. Fakta tersebut kemungkinan besar juga berlaku bagi peminum teh kombucha. Oleh karena itu, agar terhindar dari risiko serangan jantung, jadikan teh kombucha sebagai konsumsi rutin harian Anda.

  6. Sebagai Minuman Pengatur Diabetes Type 2

    Khasiat selanjutnya adalah sebagai minuman pengontrol diabetes type 2. Diabetes tipe 2 ini adalah penyakit yang diderita oleh lebih dari seperempat miliar orang di seluruh dunia. Lebih tepatnya, pasien yang mengidap penyakit ini berjumlah lebih dari 300 juta. 

    Penyakit diabetes tipe 2 ditandai dengan adanya kadar gula darah yang tinggi serta resistensi insulin. Berdasarkan sebuah penelitian, pencernaan karbohidrat pada tikus yang menderita diabetes dapat diperlambat dengan mengonsumsi kombucha. 

    Hal tersebut membuat kadar gula dalam darah menjadi semakin berkurang. Tidak hanya itu, fungsi hati juga ginjal menjadi lebih baik saat mengonsumsi kombucha. Saat kombucha dibuat dengan teh hijau, khasiat tersebut juga akan didapatkan oleh peminumnya.  

  7. Ampuh Menjadi Penangkal Sel Kanker 

    Melalui penelitian tabung reaksi, pertumbuhan serta penyebaran tumor atau sel kanker dapat dicegah oleh kombucha. Penyebabnya adalah karena kombucha sarat akan kandungan polifenol serta antioksidan di dalamnya. 

    Dengan adanya polifenol, potensi terjadinya mutasi gen dan juga pertumbuhan sel kanker dapat diblokir. Tak sedikit pula penelitian yang membenarkan khasiat menurunkan risiko munculnya sel kanker dalam tubuh dari mengonsumsi teh. 

Baca Juga: Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Perpanjang Daftar Minuman Menyehatkan dengan Teh Kombucha  

Meskipun belum banyak dikenal di Indonesia, teh kombucha sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat di berbagai belahan dunia lainnya. Penyebabnya tidak lain karena khasiat yang dimiliki oleh minuman tersebut untuk kesehatan. Nah, agar tidak ketinggalan dan dapat merasakan manfaatnya secara langsung, jadikan teh kombucha sebagai salah satu pilihan konsumsi sehat Anda. 

Baca Juga: Beragam Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan