Inilah Manfaat Kencur untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Kencur biasa dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Tanaman herba yang tumbuh subur di wilayah tropis maupun subtropis seperti Indonesia ini memang telah luas dikenal oleh hampir seluruh kalangan masyarakat. Pasalnya, banyak yang percaya bahwa salah satu tanaman rimpang tersebut dapat memberi sejuta khasiat bagi kesehatan.

Di Pulau Jawa sendiri, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, kencur menjadi bahan dasar dalam membuat minuman tradisional, seperti jamu dan lain sebagainya. Seperti yang sudah banyak diketahui, jamu merupakan ramuan tradisional yang bahkan digadang-gadang memiliki manfaat ajaib dalam menyehatkan tubuh.

Pernyataan tersebut ternyata bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, dari mengonsumsi salah satu tanaman empon empon tersebut, tubuh bisa mendapatkan beragam manfaat kencur yang menakjubkan. Tak mengherankan jika kencur sering diolah dan dijadikan sebagai bahan pokok dari pembuatan obat tradisional di Indonesia.  

Tidak hanya bagian rimpangnya saja, namun daunnya juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, lho! Lantas, apa sajakah khasiat kencur? Berikut adalah ulasannya.

Nutrisi yang Terkandung

loader

Sebelum berbicara tentang khasiat kencur, alangkah baiknya jika memahami apa saja kandungan yang dimiliki oleh tanaman rimpang tersebut. Tentunya, segala manfaat kencur berasal dari nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Beberapa kandungan penting yang dimiliki adalah zinc, protein, serat, fosfor, kalium, magnesium, dan juga zat besi. Sudah umum diketahui jika semua nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan dapat beraktivitas seperti biasa. Tidak hanya itu, kencur juga memiliki kandungan nutrisi seperti pati, paraeumarin, ethyl ester, asam sinamat, kobalt, mangan, serta nikel. 

Kandungan tersebutlah yang menjadi alasan mengapa kencur banyak dijadikan sebagai obat tradisional dan mampu menyembuhkan beragam penyakit. Jadi, tak mengherankan sejak masa nenek moyang kencur menjadi bahan dalam pengobatan tradisional, khususnya di negara-negara Asia Tenggara. 

9 Manfaat Kencur yang Baik untuk Kesehatan

Khasiat yang dimiliki kencur tidak hanya bisa ditemukan di bagian rimpangnya saja. Namun, banyak orang percaya bahwa hampir seluruh bagian pada tanaman tersebut memiliki beragam manfaat yang berguna untuk tubuh. Namun, yang paling sering diolah sebagai campuran obat tradisional dari kencur adalah bagian daun dan rimpangnya. 

Penggunaan kencur sebagai obat herbal biasa dilakukan dengan cara mengonsumsinya secara langsung. Namun, dengan semakin modernnya teknologi, tak jarang kencur telah diambil ekstraknya menjadi bentuk serbuk maupun minyak. Alhasil, khasiat dari tanaman rimpang tersebut menjadi lebih mudah untuk bisa didapatkan.

  1. Mengurangi Rasa Kembung Pada Perut

    Manfaat ini bisa didapatkan dengan memakan sedikit kencur mentah yang sudah beri garam bersama dengan air hangat. Cara lain juga bisa dilakukan dengan merebus sekitar 3 sentimeter ruas kencur guna menghilangkan rasa kembung pada perut. Agar khasiatnya dapat dirasakan oleh tubuh, coba untuk mengonsumsinya dengan salah satu cara tersebut dua kali dalam sehari. 

  2. Meredakan Sakit Maag yang Kambuh

    Tidak hanya perut kembung, mengonsumsi kencur juga bisa meredakan sakit maag yang tiba-tiba kambuh. Pasalnya, kencur mampu menurunkan kadar asam pada lambung penyebab sakit maag. Jadi, saat asam lambung normal, sakit maag akan dapat diredakan rasa nyerinya. 

  3. Sensasi Hangat yang Dapat Mengatasi Pilek

    Saat dikonsumsi, kencur akan memberikan sensasi hangat pada tubuh. Hal inilah yang menjadi latar belakang khasiat kencur dalam mengatasi pilek dan rasa mual. Oleh karena itu, bagi Anda yang merasa mudah pilek, sediakan kencur di rumah setiap hari sebagai obat alaminya. 

  4. Penetralisir Batuk dan Badan Pegal

    Disamping mampu menghangatkan tubuh, terdapat bermacam kandungan dalam kencur yang mampu menjadi penetralisir batuk. Tidak hanya itu, tanaman akar tinggal tersebut juga telah lama dipercaya sebagai obat untuk meredakan rasa pegal akibat batuk-batuk. Alhasil, aktivitas sehari-hari tidak akan terganggu dan tetap bisa diselesaikan tepat waktu.  

  5. Membantu Tubuh Merasa Segar Kembali

    Pasca melakukan banyak aktivitas seharian atau baru saja menderita suatu penyakit, tubuh biasanya akan terasa lemas dan lesu. Nah, untuk mengembalikan kesegaran tubuh, khasiat kencur tidak kalah dengan jahe saat dikonsumsi. Jadi, sebagai alternatif saat tidak ada minuman jahe, Anda dapat mengonsumsi kencur agar tubuh terasa segar kembali. 

  6. Mengembalikan Tenaga Dalam Tubuh

    Selain membuat tubuh bugar kembali, kencur juga berkhasiat untuk meregenerasi energi yang telah hilang akibat beraktivitas. Cukup dengan merebus kencur secukupnya dengan segelas air dan meminumnya sebelum beristirahat. Dalam semalam, tubuh akan mendapatkan kembali tenaganya yang terkuras dan siap untuk berkegiatan lagi.  

  7. Obat Alternatif untuk Sakit Kepala

    Sakit kepala yang hebat bukan tidak mungkin menjadi sumber traumatis bagi penderitanya, terutama migrain. Meski sudah ada banyak obat umum yang bisa dipilih, namun, tak sedikit diantaranya yang memberikan efek samping berbahaya bagi penggunanya. Belum lagi obat yang memberikan efek ketergantungan dan tidak bisa dihentikan penggunaannya tiba-tiba. 

    Nah, sebagai alternatif, kencur dapat menjadi obat untuk meredakan sakit kepala yang menyerang yang aman untuk dikonsumsi. Dengan begitu, tubuh tidak akan menjadi lebih rentan terserang penyakit akibat efek samping dari obat-obatan kimia pereda sakit kepala.

  8. Menghambat Munculnya Jerawat

    Tidak selalu untuk kesehatan, kencur juga dapat menghambat munculnya jerawat yang seringkali menjadi alasan seseorang tidak percaya diri. Dengan mengonsumsi kencur, hormon yang memicu tumbuhnya jerawat pada wajah akan dicegah produksinya. Dengan begitu, jerawat yang baru saja muncul dapat segera sembuh dan tidak sampai membuat noda pada wajah. 

    Pada wanita yang sedang berada di masa haid, jerawat akan menjadi lebih rentan menyerang. Untuk mengatasi masalah tersebut, mengonsumsi kencur dapat menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan.  

  9. Sebagai Makanan Pendukung Diet

    Sedang ingin menurunkan berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih langsing namun sulit menjaga pola makan? Jalan keluarnya bisa dengan menjadikan kencur sebagai konsumsi rutin semasa diet.

    Bukan dengan cara membuat nafsu makan menurun, cara kerja kencur dalam melangsingkan tubuh adalah dengan adanya zat yang dimilikinya. Jadi, dengan mengonsumsi kencur, tubuh akan dapat secara alami mengalami penurunan berat badan dan menjadikan tubuh menjadi lebih ideal. 

Baca Juga: Meningkatkan Imunitas Tubuh, Kenali Jenis Empon Empon dan Khasiatnya

Khasiat yang Bisa Didapatkan dari Jamu Beras Kencur 

loader

Selain dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk ekstraknya, tanaman rimpang ini juga telah lama dijadikan sebagai bahan pokok pembuatan jamu. Khususnya di wilayah pulau Jawa, kencur menjadi salah satu produk jamu yang lumrah dikonsumsi karena khasiatnya yang amat berguna bagi tubuh. 

Salah satu jenisnya yang cukup populer diantara para penggemarnya adalah beras kencur. Dari bahannya, beras kencur terbuat dari kombinasi kencur, gula merah, beras, serta asam jawa. Khasiatnya pun bermacam-macam, tergantung dari masalah kesehatan yang diderita oleh penggunanya.

  1. Mengurangi Rasa Nyeri dan Bengkak

    Salah satu manfaat beras kencur adalah untuk mengurangi rasa nyeri dan juga bengkak atau edema karena keseleo. 

  2. Meningkatkan Nafsu Makan

    Selain itu, rutin mengonsumsinya juga dapat membuat nafsu makan meningkat serta menghilangkan rasa pegal dan lelah di tubuh. Alhasil, tubuh akan menjadi lebih berstamina untuk bisa beraktivitas seharian. 

  3. Meningkatkan Produksi Empedu

    Tidak hanya itu, tak sedikit kalangan masyarakat pula yang percaya bahwa jamu berbahan dasar kencur dapat meningkatkan produksi empedu pada tubuh. Cairan empedu tersebut yang bertanggung jawab dalam membantu proses penyerapan nutrisi serta menghilangkan toksin saat mengalir ke seluruh bagian tubuh. Saat semua asupan tubuh berhasil diserap secara tuntas, kadar kolesterol jahat juga pastinya akan semakin menurun.

Baca Juga:  Inilah Beragam Manfaat Jahe yang Juga Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh!

Jarang Menimbulkan Efek Samping, Tidak Ada Salahnya Jika Menggunakan Obat Herbal untuk Menyembuhkan Penyakit

Dewasa ini, popularitas obat herbal untuk dipilih sebagai penyembuh penyakit memang tengah naik daun. Selain telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, obat herbal juga tidak sulit untuk dicari, contohnya adalah kencur yang biasa dijadikan sebagai bahan masakan.

Namun, meski memiliki banyak manfaat, khasiat dari obat tradisional masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan kebenarannya. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan obat tradisional dan gunakan sesuai kebutuhan saja. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter agar penggunaannya tidak menimbulkan masalah kesehatan yang tidak diinginkan.  

Baca Juga: Ini Manfaat Madu Asli Bagi Kesehatan, Yuk Mulai Mengonsumsinya!