Inilah Rahasia Kepintaran dan Harga Burung Beo yang Luar Biasa!

Siapa yang tidak kenal dan kagum saat melihat dan bermain dengan jenis burung yang satu ini? Ya, burung beo adalah satu dari beragam jenis burung yang populer, tak hanya di kalangan para pecinta hewan kicau, namun juga masyarakat pada umumnya. Penyebabnya tak lain karena burung beo terkenal karena mampu menirukan suara yang dikeluarkan oleh manusia. 

Burung beo juga bisa menirukan beragam suara yang keluar dari TV, radio, dan jika diajari dengan tepat, mereka bahkan dapat bernyanyi layaknya penyanyi profesional. Kelihaian yang dimiliki inilah yang membuatnya banyak dicari oleh banyak orang dan dibanderol dengan harga yang menakjubkan.

Ada juga sebuah kisah tentang seekor burung beo yang menjadi saksi kasus kriminal di pengadilan. Pada kasus di tahun 2015 tersebut, burung beo peliharaan keluarga Duram diampu sebagai saksi karena mampu menirukan suara korban kejahatan tersebut. Kisah ini tentu dapat membuat siapa saja yang mendengarnya merasa takjub dengan kemampuan yang dimiliki oleh burung beo.

Nah, kepintaran dalam meniru suara tersebut tentu bukan tanpa alasan. Ada rahasia tersendiri yang membuat burung tersebut mampu menirukan suara manusia dengan sangat mirip. Tak perlu penasaran lagi, inilah rahasia mengapa burung beo mampu menirukan banyak suara dan membuat harga jualnya fantastis.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Asuransi untuk Hewan Peliharaan, Benefit dan Cara Klaimnya

Rahasia Dibalik Kepintaran dan Suara Burung Beo 

loader

  • Memiliki Struktur Otak yang Unik Membuat Burung Beo Jago Menirukan Suara Manusia

    Tahukah Anda jika ada penelitian oleh Duke University tentang burung beo yang menjelaskan bahwa unggas tersebut memiliki struktur utama otak yang berbeda? Seperti yang dilansir dari National Geographic, perbedaan pada struktur otak inilah yang membuat burung itu memiliki ciri khasnya yaitu bisa menirukan suara manusia dengan sempurna. 

    Otak burung beo memiliki bagian inti yang mampu mengatur dan mengolah kemampuan vokalnya dengan baik. Bahkan, dibandingkan dengan jenis burung lain yang juga mampu bernyanyi, seperti burung songbird dan kolibri, otak dari burung beo ini memiliki struktur yang berbeda pula. Oleh karena itulah mengapa burung beo lebih dikenal sebagai burung yang cerdas menirukan suara yang didengarnya.

  • Rahasia Burung Beo Pandai Mengolah Vokal Adalah Adanya Jaringan Cincin Luar di Otaknya

    Selain struktur inti yang berbeda dengan jenis burung lain, burung beo juga pandai menirukan suara karena di dalam otaknya terdapat jaringan cincin luar. Nah, fungsi utama dari jaringan cincin luar ini adalah sebagai pengolah vokal yang dimiliki oleh burung tersebut.

    Namun, tidak semua burung beo memiliki ukuran jaringan cincin luar yang sama. Hal inilah yang membuat ada burung beo yang lebih pandai menirukan suara manusia dibanding yang lainnya. Pasalnya, semakin besar ukuran jaringan cincin luar yang dimiliki, semakin pintar pula burung tersebut menirukan suara manusia.

    Fakta yang mencengangkannya lagi, jaringan dalam otak tersebut adalah hasil evolusi burung beo sejak 29 juta tahun yang lalu. Tepatnya dari nenek moyang jenis burung tersebut, yakni burung Kea yang berasal dari Selandia Baru. Jadi, kemampuan burung beo dalam menirukan suara didapatkan dari evolusi jaringan cincin luar ini.

  • Tak Hanya dari Kemampuan Otak, Organ Syrinx Burung Beo Mirip dengan Manusia

    Rahasia burung beo dalam menirukan suara manusia ternyata tidak datang dari kemampuan otaknya saja yang berbeda. Organ vokal burung atau Syrinx burung beo juga menjadi alasan mengapa burung tersebut mampu mengeluarkan suara seperti manusia. Jika suara manusia dihasilkan melalui bagian laring, dari organ syrinx inilah burung dapat mengeluarkan suaranya yang merdu.

    Walau memiliki letak yang berbeda, laring manusia dan syrinx burung beo mampu menjalankan fungsi vokalnya dengan baik. Laring manusia berada di atas atau sebelum batang tenggorokan dan syrinx burung beo berada di bawah batang tenggorokannya, tepatnya di atas organ paru-parunya. 

    Dilansir dari sebuah penelitian oleh Harvard University, organ vokal pada burung beo memiliki kombinasi otot yang rumit. Otot-otot yang mengelilingi organ syrinx inilah yang membuat suara burung beo yang dikeluarkan sangat baik. 

  • Mampu Mengontrol Suara dengan Mulut dan Lidah Selayaknya Manusia

    Tak berhenti sampai di situ, suara burung beo yang dihasilkan melalui organ vokalnya dapat dikontrol dengan lebih akurat karena paruh dan lidahnya dapat melafalkan intonasi. Dengan membuka dan menutup paruhnya, burung beo mampu mendapatkan nada yang tepat dari suara yang dikeluarkan oleh manusia. 

    Lidah yang dimiliki juga sedikit banyak memiliki kesamaan dengan lidah manusia. Jadi, inilah alasan mengapa tidak sulit untuk mengajarkan burung beo melafalkan kalimat yang dikeluarkan manusia. Pasti seru jika melihat burung peliharaan yang tiba-tiba berbicara dan mengelabuhi teman yang datang ke rumah. 

  • Sering Ikut Menari Saat Mendengar Musik, Ternyata Juga Ada Penjelasan Ilmiahnya

    Saat melihat burung beo bernyanyi, ada kalanya burung tersebut ikut menari atau menggerakkan tubuhnya mengikuti alunan musik yang didengarnya. Hal ini ternyata juga dapat dijelaskan secara ilmiah dari penelitian yang dilakukan oleh banyak pihak.

    Selain jaringan yang telah disebutkan sebelumnya tentang jaringan otak burung beo, ada juga satu bagian yang berfungsi untuk mengatur pemahaman vokal, yang juga mengatur gerakan. Artinya, saat vocal learning mendapatkan masukan, secara otomatis tubuh dari burung tersebut juga akan ikut bergerak. 

    Penemuan inilah yang dijadikan dasar atau alasan mengapa burung pintar ini terlihat ikut menari saat mendengarkan musik. Jadi, tak mengherankan mengapa burung tersebut banyak dikenal sebagai burung cerdas karena memang jaringan otaknya jauh lebih kompleks dibanding burung pada umumnya.  

Baca Juga: Inilah Jenis Burung Kicau Paling Populer Diikutkan Lomba dan Dibanderol Hingga Belasan Juta Rupiah

Penasaran dengan Harga Burung Beo? Inilah Beberapa Jenis Burung Beo Paling Mahal di Indonesia

loader

Selesai membahas tentang rahasia suara burung beo, saatnya untuk melihat harga jual burung tersebut. Bagi yang telah lama berlalu-lalang di dunia burung kicau dan burung hias pasti sudah tidak kaget saat melihat harga burung beo di pasaran. Namun, bagi masyarakat awam, harga dari salah satu jenis burung kicau populer tersebut tentu sangat mencengangkan.

Penyebab mahalnya harga jual burung beo tidak lain karena kepintaran yang dimilikinya serta kelihaiannya dalam menirukan suara manusia. Karena memang dapat dilatih, burung beo yang telah mahir berbicara akan memiliki harga jual yang lebih mahal dibanding yang belum pernah diajari berbicara. Jenis dari burung beo juga turut memengaruhi harga jualnya di pasaran.

Salah satu jenis yang paling terkenal di Indonesia adalah burung beo Kalimantan. Sesuai dengan namanya, burung beo jenis ini banyak ditemui di Pulau Kalimantan yang memang masih banyak memiliki lahan hijau. Tak disangka-sangka, harga jual dari burung beo Kalimantan ini mencapai 3 juta Rupiah per ekornya. 

Tak kalah mahal, ada pula burung beo dari wilayah Sumatera, yakni Medan, yang memiliki harga jual paling murah 1.5 juta Rupiah untuk yang baru berusia 4 hingga 6 bulan saja. Bisa dibayangkan harga jual burung beo jenis ini jika telah mencapai usia dewasa dan telah mahir berbicara bahasa manusia. Bukan tidak mungkin harganya bisa membuat dompet jebol.

Ada lagi burung beo Papua yang tentunya memiliki harga jual yang fantastis pula. Identik dengan ragam faunanya yang eksotis membuat burung beo jenis ini juga memiliki harga jual yang melejit. Untuk satu ekor burung beo dari Papua yang berumur 10 bulan saja, pecinta burung harus rela merogoh kocek hingga 2.5 juta Rupiah.

Lanjut ke jenis lainnya, burung beo yang ditemui di wilayah Nias pun memiliki harga jual mencapai jutaan Rupiah. Tepatnya untuk burung beo Nias yang masih muda, harganya dipatok di kisaran 1.5 jutaan Rupiah, lho! Pastinya, jangan lupa untuk menjaga kondisi keuangan keluarga terlebih dahulu sebelum membeli salah satu jenis burung beo ini.

Baca Juga: Karakter Seseorang Bisa Dilihat dari Hewan Peliharaannya. Yuk, Cek Disini!

Kemampuan Bicara Burung Beo Mampu Membuat Takjub Siapapun yang Mendengarnya

Memiliki kemampuan untuk menirukan suara yang didengarnya membuat burung beo banyak digemari oleh banyak orang. Hal inilah yang membuat harga jual dari burung cerdas ini tak pernah turun dan seringkali membuat dompet terkuras. Namun, harga jual yang fantastis tersebut tentu setara dengan kelihaian dan kebiasaan burung beo menghibur para pemiliknya.