Inilah Rekomendasi Kamera Mirrorless Murah dan Berkualitas yang Pemula Wajib Punya

Tak dapat dipungkiri jika dulu, orang yang memiliki hobi fotografi harus rela menggelontorkan modal banyak untuk membeli kamera. Pasalnya, tanpa memiliki kamera, hobi memotret tidak akan bisa disalurkan. Harga kamera yang terlampau cukup mahal juga membuat hobi fotografi hanya bisa dimiliki oleh kalangan berdompet tebal saja. 

Berbeda dengan sekarang, orang dapat dengan bebas berfoto menggunakan kamera yang terpasang pada ponsel pintar. Aplikasi untuk mengedit foto pun dapat dengan mudah dan gratis diinstall di smartphone. Alhasil, masyarakat yang memiliki hobi fotografer juga menjadi semakin banyak.

Berbicara soal fotografi, tahukah Anda jika dewasa ini, jenis kamera juga semakin banyak bermunculan. Setelah sempat dihebohkan dengan generasi kekinian yang gandrung mencari kamera DSLR. Sekarang muncul lagi jenis kamera baru yang dikenal dengan istilah kamera mirrorless. Para pecinta kamera DSLR pun kini mulai banyak yang beralih menggunakan kamera jenis ini. 

Namun, apa sih yang membuat kamera mirrorless banyak dicari oleh para fotografer kekinian? Nah, daripada penasaran, yuk simak kelebihan yang dimiliki oleh kamera mirrorless serta rekomendasi kamera mirrorless berkualitas dan ramah di kantong berikut ini.

Baca Juga: Tips Aman untuk Kredit Kamera DSLR

Mengapa Lebih Baik Pilih Kamera Mirrorless Ketimbang DSLR?

Sebelum membicarakan kelebihan kamera mirrorless daripada DSLR, akan jauh lebih baik jika memahami tentang apa itu kamera mirrorless. Sesuai dengan namanya, kamera mirrorless tidak memiliki cermin refleks. Padahal, fungsi dari cermin refleks tersebut adalah untuk merefleksikan cahaya yang ditangkap kamera ke viewfinder. 

Kelebihan Kamera Mirrorless

1. Terdapat Viewfinder Elektronik

Anda mungkin bertanya-tanya, “Kok kamera yang fiturnya dikurangi malah lebih banyak dipilih oleh fotografer?”. Jawabannya adalah karena di kamera mirrorless terdapat penggantinya yang lebih canggih, yaitu viewfinder elektronik. 

Dengan adanya teknologi tersebut, kamera mirrorless mampu mendapat sensor cahaya tanpa henti. Alhasil, hasil jepretan kamera mirrorless akan sama persis dengan yang dilihat di layar LCDnya. Jadi, tidak ada alasan lagi hasil foto kurang maksimal karena ‘ditipu’ oleh layar LCD yang seringkali terjadi di kamera jenis DSLR. 

Tak hanya itu, teknologi viewfinder elektronik di kamera mirrorless juga mampu membuat lensa lebih cepat mengambil fokus, terlebih di tempat dengan pencahayaan yang minimalis. Hal ini disebabkan kamera mirrorless memiliki fitur fokus otomatis yang amat membantu fotografer, terutama yang masih pemula. 

2. Ukuran Kecil, Nyaman Dipegang dan Dibawa Kemana-Mana

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kamera mirrorless adalah ukurannya yang lebih kecil sehingga gampang untuk digenggam. Berat yang otomatis juga menjadi lebih ringan membuat pemiliknya mampu berlama-lama mengabadikan momen seru bersama orang-orang terdekat. 

3. Menghasilkan Video Berkualitas

Kamera mirrorless juga banyak dijadikan pilihan oleh para pembuat video. Alasannya karena kamera jenis ini kebanyakan mampu merekam video dengan kualitas HD atau bahkan 4K sekalipun. Oleh karena itu, tak mengherankan jika kebanyakan vlogger terkenal saat ini mulai menggunakan kamera mirrorless. 

Namun, meski memiliki banyak kelebihan, kamera mirrorless juga memiliki kekurangan. Mungkin yang paling sering membuat pemiliknya geram adalah daya tahan baterai yang lemah. 

Jika diambil perbandingan, baterai kamera DSLR baru akan habis setelah mengambil sebanyak 600 hingga 800 gambar. Sedangkan pada kamera mirrorless, baterai akan habis saat baru dipakai mengambil gambar sebanyak 300 sampai 400 buah. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak keberatan dengan kelemahan kamera mirrorless ini sebelum membelinya. 

Baca Juga: Ini 5 Daftar Smartphone dengan Fitur Kamera Terbaik yang Bisa Dicicil

Rekomendasi Kamera Mirrorless Murah Terbaik

1. Fujifilm XA3, Kamera Mirrorless Murah Favorit Semua Orang

  loader

Sumber: prelo.co.id

Rekomendasi kamera mirrorless yang pertama adalah Fujifilm XA3. Kamera mirrorless ini memiliki tampilan klasik dan vintage bak kamera zaman dahulu. Meski begitu, kualitas yang ditawarkan oleh Fujifilm pada kamera mirrorless ini ketinggalan zaman, bahkan terkesan canggih.

Dihadirkan dengan 3 varian warna yang catchy, Fujifilm XA3 dilengkapi dengan LCD layar sentuh yang dapat membuat penggunanya merasa dimudahkan. Tak hanya itu, layar LCD di kamera mirrorless ini dapat dibalik menghadap ke depan yang membuat aktivitas selfie semakin mudah dilakukan.

Dengan memiliki resolusi 24,2 MP serta sensor APS-C,  Fujifilm XA3 memiliki kualitas yang tidak perlu ditanyakan lagi sebagai kamera mirrorless. Dibanderol dengan harga di kisaran 4,8 juta hingga 5 jutaan, kamera mirrorless ini tentu layak untuk dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin memiliki kamera baru dengan tampilan lama. 

2. Sony A6000, Kamera Mirrorless Paling Murah dari Sony

  loader

Sumber: dpreview.com

Sony memang menjadi salah satu perusahaan elektronik yang selalu menyuguhkan beragam inovasi menarik bagi pecinta teknologi. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan dikeluarkannya kamera mirrorless berjenis Sony A6000 yang menjadi kamera idaman banyak fotografer dalam negeri. 

Dengan harga yang terjangkau, Sony berani menyematkan kamera 24,3 megapixel pada produknya tersebut. Tak hanya itu, teknologi APS-C Exmor serta APS HD CMOS membuat kamera mirrorless ini tampak lebih garang di kalangan para pecinta seni gambar. Pengambilan gambar beresolusi tinggi serta video dengan kualitas Full HD pun bukan perkara yang mustahil dilakukan oleh Sony A6000. 

Di pasaran, kamera mirrorless keluaran Sony ini dibanderol dengan harga paling murah 5.8 juta Rupiah. Dengan kualitas yang dimiliki, Sony A6000 ini tentu bisa memenuhi segala kebutuhan dunia fotografi yang sedang dijejaki.  

3. Canon EOS M10, Kamera Mirrorless Murah yang Tidak Perlu Diragukan Lagi

loader

Sumber: gudangdigitalonline.com

Lanjut ke rekomendasi kamera mirrorless yang ketiga, Canon EOS M10. Kamera besutan brand ternama ini memiliki kelebihan berupa desainnya yang ramping dibanding kamera mirrorless buatan pesaingnya. Karena kelebihannya tersebut, Canon EOS M10 gampang untuk dibawa kemana pun pemiliknya pergi dan banyak dipilih sebagai teman liburan oleh traveler untuk membuat vlog perjalanan.

Dilengkapi dengan spesifikasi berupa kamera 18 MP serta APS-C CMOS, kamera mirrorless ini mampu mengambil gambar dengan tajam. Pengambilan gambar di ruangan minim cahaya pun bukan masalah bagi pemilik Canon EOS M10. 

Dengan kualitas yang mumpuni, Canon EOS M10 ini dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. cukup merogoh kocek sekitar kurang dari 5 juta Rupiah, Anda sudah bisa menjadi pemilik kamera mirrorless canggih ini. Pastinya, hobi fotografi pun dapat disalurkan dengan lebih nyaman.  

4. Nikon J5, Kamera Mirrorless Murah yang Tak Kalah Bagus

loader

Sumber: tokocamzone.com

Berbicara soal kamera, tentu kurang lengkap jika tidak memasukkan produk dari brand Nikon. Para pecinta dunia fotografi tentu tidak asing dengan merek yang menjadi rival dari Canon ini. seakan tak mau kalah dengan para pesaingnya, Nikon juga meluncurkan kamera mirrorless berkualitas namun dengan harga terjangkau. 

Bernama Nikon J5, kamera mirrorless ini memiliki bentuk super ramping dan nyaman saat digenggam. Jadi, jelas terlihat jika kamera mirrorless ini ditujukan bagi fotografer yang hobi jalan-jalan dan mengabadikan momen di jalanan mereka. 

Berteknologikan lensa sensor 20.8 MP CX-Format serta sensor BSI CMOS, Nikon J5 memiliki kemampuan untuk merekam dengan kualitas Full HD. Dengan harga di kisaran hanya 4.6 jutaan, kamera mirrorless ini tentu patut untuk dijadikan pilihan nomor wahid oleh fotografer yang masih bingung memilih kamera. 

5. Kamera Mirrorless dengan Harga Terjangkau - Xiaomi Yi M1

  loader

Sumber: wired.com

Rekomendasi kamera mirrorless yang terakhir adalah produk keluaran dari Xiaomi. Brand tersebut ternyata tidak gencar memberikan produk berkualitas dengan harga terjangkau pada berupa smartphone saja. Terbukti dengan mengeluarkan Xiaomi Yi M1 di tahun 2016 lalu, merek asal Tiongkok tersebut juga mampu bersaing di industri kamera mirrorless.

Spesifikasi yang dimiliki oleh kamera mirrorless besutan Xiaomi ini juga tidak kalah garangnya dengan produk pesaing. Memasang sensor micro 4/3 20 megapixel, Yi M1 tentu dilirik oleh para fotografer handal sekalipun. Dengan berat hanya 280 gram, kamera mirrorless ini tentu sangat nyaman untuk dibawa kemana saja. 

Dengan harga jual di pasaran sekitar 4.9 jutaan saja, Yi M1 mampu membuat video dengan kualitas mencapai 4K. Hal tersebut tentu membuat para pecinta dunia fotografi takjub dengan kemampuan yang dimiliki oleh kamera mirrorless dari Xiaomi tersebut. 

Salurkan Hobi Fotografi dengan Kamera Mirrorless Murah yang Canggih

Hobi fotografi saat ini memang dapat dimiliki oleh siapa saja karena adanya smartphone. Namun, seni tersebut tentu kurang lengkap jika dilakukan dengan tanpa kamera sungguhan. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menekuni hobi tersebut menjadi sesuatu yang menghasilkan, tidak ada salahnya untuk membeli kamera mirrorless sebagai media untuk mengakrabkan diri dengan dunia fotografi.

Baca Juga: Beberapa Barang Bekas yang Layak Jual dan Tempat Menjualnya