Mengenal Insecure: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Insecure merupakan perasaan cemas maupun rasa kurang percaya diri pada seseorang, sehingga membuat orang tersebut merasakan kondisi yang tidak aman dan nyaman bagi dirinya sendiri. insecure adalah kondisi yang cukup banyak dialami, bahkan oleh hampir semua usia.

Jika melihat arti insecure di atas, maka seseorang yang mengalaminya bisa saja merasakan banyak hal yang sulit, seperti: merasa cemburu kepada orang lain, mempertanyakan pendapat orang-orang terhadap dirinya, bahkan membandingkan diri sendiri terhadap orang lain. 

Pada dasarnya, insecure merupakan hal yang terbilang normal. Artinya insecure bisa dialami oleh siapa saja. Namun jika kondisi tersebut berlangsung secara terus-menerus dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka insecure juga bisa menimbulkan berbagai gangguan lainnya, termasuk dalam lingkungan kerja dan juga kehidupan sosial yang bersangkutan. 

Insecure artinya perasaan cemas dan tidak aman yang bisa muncul karena banyak hal. Masing-masing orang bisa saja mengalami insecure karena alasan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, begitu juga dengan tingkat keparahan dan juga gejala yang dirasakan. 

Penyebab Insecure

loader

Arti dari insecure adalah perasaan cemas maupun tidak aman yang dirasakan seseorang. Artinya, insecure bisa saja terjadi karena berbagai hal, seperti: mendapatkan penilaian buruk dari orang lain, mengalami sebuah kegagalan, punya sifat perfeksionis, dan yang lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa penyebab insecure yang kerap dialami oleh orang-orang: 

1. Merasakan Kegagalan maupun Penolakan 

Penyebab pertama ini menjadi salah satu yang paling sering membuat seseorang menjadi insecure. Penolakan dari orang lain, kegagalan untuk mencapai sebuah hal, atau bahkan kehilangan pekerjaan merupakan hal yang bisa menyebabkan hal tersebut. 

Berbagai kondisi di atas seringkali membuat seseorang melihat dirinya maupun orang lain menjadi negatif. Bukan hanya itu saja, kondisi ini juga bisa saja membuat yang bersangkutan enggan untuk mencoba kembali, seperti untuk mendapatkan pekerjaan atau pasangan yang baru. 

2. Mendapatkan Penilaian yang Buruk dari Orang-Orang 

Penilaian yang buruk dari orang lain juga bisa menimbulkan rasa tidak aman pada seseorang. Hal ini tentu akan membuat yang bersangkutan merasa insecure dan enggan untuk datang maupun mengikuti kegiatan sosial yang terjadi di sekitarnya. 

3. Punya Sifat Perfeksionis 

Seseorang dengan sifat perfeksionis akan selalu mengharapkan semua hal berjalan dengan sempurna. Orang seperti ini juga biasanya akan merasa insecure saat sebuah hal tidak sesuai dengan yang diharapkannya. Bukan hanya itu saja, yang bersangkutan bahkan bisa merasa kecewa dan selalu menyalahkan dirinya atas kondisi tersebut.

Baca Juga:  Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

Faktor-Faktor Risiko Insecure

insecure adalah kondisi yang lazim terjadi, sehingga insecure artinya bisa dialami oleh siapa saja. Namun meski begitu, ada sejumlah faktor yang bisa menimbulkan risiko yang lebih tinggi bagi seseorang untuk mengalami kondisi tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa membuat seseorang lebih berisiko mengalami insecure:

1. Gangguan Mental

Arti insecure adalah perasaan cemas dan tidak aman pada seseorang. Hal ini juga dapat menjadi indikasi maupun gejala berbagai gangguan mental pada seseorang, seperti:

  • Depresi
  • Gangguan makan
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan kepribadian narsistik
  • Gangguan kepribadian ambang
  • Gangguan kepribadian paranoid

2. Kejadian Traumatis

Insecure adalah kondisi yang kerap terjadi terhadap seseorang yang pernah merasakan kejadian yang bersifat traumatis, seperti: 

  • Kegagalan saat menjalani hubungan dengan orang lain.
  • Kehilangan seseorang yang disayangi.
  • Kehilangan pekerjaan.
  • Menderita penyakit tertentu.
  • Mendapatkan tekanan dari keluarga atau orangtua. 

Gejala-Gejala Insecure

Arti dari insecure adalah kondisi di mana seseorang merasa cemas dan tidak aman. Hal ini bisa ditunjukkan dalam berbagai gejala yang berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa menunjukkan seseorang memiliki rasa insecure di dalam dirinya: 

1. Berusaha Membuat Seseorang Merasa Insecure 

Seseorang dengan perasaan insecure pada umumnya akan berupaya untuk membuat orang lain maupun orang yang menjadi lawan bicaranya merasakan hal yang sama (insecure). Biasanya hal ini dilakukan dengan cara menonjolkan kelebihan dirinya sendiri, sehingga terlihat hebat di depan lawan bicaranya. 

2. Memamerkan Diri Sendiri dengan Terselubung 

Orang yang merasa insecure pada umumnya senang menyombongkan atau memamerkan diri sendiri, di mana hal ini bisa saja dilakukan dengan merendahkan diri maupun mengeluhkan sesuatu. Misalnya, mengeluhkan kondisi keuangan yang sedikit memburuk, padahal yang bersangkutan baru saja belanja barang mewah

3. Menceritakan Pencapaiannya Sepanjang Waktu 

Arti dari insecure bisa saja berupa perasaan rendah diri kepada orang lain (Inferior). Namun perasaan ini justru membuat yang bersangkutan cenderung selalu menceritakan berbagai hal yang pernah dicapainya. 

Misalnya, menceritakan berbagai hal tentang gajinya yang begitu besar dan bisa mendukung gaya hidupnya yang mewah. Hal ini biasanya ditujukan untuk membuat orang lain yakin tentang kehidupan mereka yang sempurna. 

Baca Juga: Metode Self Healing untuk Menjaga Kesehatan Mental, Ini Caranya

4. Menyalahkan Diri Sendiri 

Memiliki hidup yang sempurna dan diakui oleh orang lain merupakan keinginan besar orang yang Insecure. Kondisi ini membuat yang berkaitan akan sulit menerima kegagalan dan bahkan selalu menyalahkan diri sendiri ketika ada sesuatu hal yang tidak bisa dicapainya dengan baik. 

5. Punya Kepercayaan yang Minim Pada Orang Lain 

Insecure artinya merasa cemas dan tidak aman, sehingga kerap menimbulkan rasa curiga. Orang yang insecure juga memiliki kepercayaan yang minim terhadap orang lain, bahkan terhadap orang-orang terdekatnya sekalipun. Hal ini juga kerap membuat yang bersangkutan sulit untuk membangun hubungan yang panjang dengan orang lain. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Cara Mengatasi Insecure

loader

Jika dilihat dari arti insecure, banyak yang beranggapan jika gangguan ini memang cenderung tidak terlalu berbahaya. Artinya insecure seringkali dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan tepat, baik itu oleh yang mengalaminya maupun orang-orang yang berhubungan dengannya. 

Padahal jika ditilik lebih dalam lagi, insecure adalah kondisi yang sangat mengganggu dan bisa saja membuat seseorang memiliki kepribadian yang negatif, bahkan sepanjang hidupnya. Artinya insecure memang bukan sesuatu yang harus dibiarkan terjadi selama berkepanjangan. 

Saat merasakan gejala insecure, akan sangat baik untuk segera mengunjungi dokter dan mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memilih cara yang paling tepat untuk mengatasi kondisi tersebut dengan cara yang tepat. 

Arti dari insecure adalah di mana seseorang mengalami kecemasan dan rasa tidak aman. Sehingga kondisi ini bisa saja berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, begitu juga dengan cara penanganannya. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insecure

Penanganan Mandiri 

Insecure adalah kondisi di mana seseorang merasa tidak percaya diri dan aman. Untuk mengatasi hal tersebut, membangun harga diri merupakan salah satu cara terbaik. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini: 

  • Melawan pikiran negatif yang kerap muncul dan mengganggu. 
  • Membiasakan diri untuk menerima hasil yang tak sesuai dengan apa yang diinginkan. 
  • Mengubah kegagalan yang dirasakan menjadi sebuah motivasi positif. 
  • Meluangkan waktu untuk bersama dengan orang-orang tercinta. 
  • Membangun harga diri serta keyakinan yang lebih besar pada diri sendiri. 

Pengobatan Medis 

Arti dari insecure adalah kondisi di mana seseorang merasa tidak aman. Seseorang yang mengalami insecure artinya bisa saja mengalami kondisi gangguan mental dan membutuhkan pertolongan seorang dokter untuk mengatasi hal tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa tindakan medis yang kerap dilakukan dokter untuk mengatasi insecure: 

  • Penanganan dengan psikoterapi, di mana metode ini bisa dilakukan dengan cara terapi bicara dan juga terapi perilaku kognitif.
  • Pemberian obat-obatan untuk meredakan gangguan mental yang menjadi penyebab terjadinya insecure itu sendiri. Ada beberapa obat yang lazim diberikan, antara lain: antidepresan, antimania, antipsikotik. 

Pahami Arti insecure dan Atasi dengan Cara yang Tepat

Insecure artinya kondisi di mana seseorang mengalami gangguan kecemasan dan rasa tidak aman. Hal ini akan sangat mengganggu dan bahkan bisa saja menjadi semakin memburuk seiring dengan berlalunya waktu. Penting untuk memahami dan mengatasi insecure dengan cara yang tepat, agar hidup menjadi lebih nyaman dan selalu tenang kedepannya. 

Baca Juga: Konsultasi Gratis Kesehatan Mental dengan BPJS Kesehatan, Bisa? Ini Caranya