Intip Bedanya Strategi Investasi Pria dan Wanita

Saat ini, antara pria dan wanita sudah makin melek investasi. Meskipun dalam hal ini, kaum adam dan hawa memiliki karakteristik dan selera berbeda untuk menanamkan uangnya.

Mungkin, baik pria dan wanita sepakat berinvestasi demi masa depan keuangan. Investasi adalah jalan untuk meningkatkan kekayaan karena keuntungannya dapat mengalahkan laju inflasi.

Walaupun tujuannya sama, tetapi antara pria dan wanita mempunyai strategi atau jurus yang berbeda. Mulai dari pemilihan instrumen investasi hingga pengambilan keputusan yang bisa mempengaruhi imbal hasil berbeda.

Baca Juga: Masih Muda dan Single, Begini Cara Kelola Gaji Rp5 Juta Biar Bisa Investasi Reksadana

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

loader
Wanita berbeda dengan pria untuk urusan investasi

Berikut bedanya strategi investasi antara pria dan wanita:

  • Porsi investasi dalam keuangan

Tahu dong hobinya kaum hawa, yaitu belanja. Maka tak jarang wanita yang menganggarkan bujet khusus untuk kebutuhan satu ini.

Ada yang memasukkan alokasi anggaran ini pada pos hiburan, atau di pos kebutuhan sehari-hari. Sah-sah saja sebenarnya.

Toh wanita kalau belanja juga tidak asal. Mereka termasuk yang jeli dan cenderung hati-hati dalam membelanjakan uangnya.

Jika ada barang dengan kualitas sama harga murah, kenapa harus beli yang mahal. Oleh karenanya, wanita sering memanfaatkan momen diskon atau promo lainnya. Baik itu dari dompet digital, kartu kredit, atau lainnya untuk menghemat uang.

Sementara pria sebaliknya. Memang jarang belanja, tetapi kalau untuk barang-barang yang sudah mereka incar atau menjadi hobinya, tak segan-segan mengeluarkan banyak uang. Misalnya untuk beli jam tangan, sepatu, bahkan modifikasi mobil atau motor.

Perbedaan kebiasaan menggunakan uang tersebut, pantaslah jika wanita dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk investasi ketimbang pria.

Kendati demikian, kebiasaan tersebut bisa berubah. Apalagi pria yang sudah mulai memikirkan masa depan, seperti menikah, pasti berusaha mengerem pengeluaran salah satunya untuk hobi mahal mereka.

Kemudian mengalihkannya untuk kebutuhan yang lebih penting, seperti kebutuhan istri dan anak-anaknya, seperti biaya pendidikan anak, beli susu, dan lainnya.

Baca Juga: Bedanya Pinjaman KTA Wiraswasta dan Karyawan, Jangan Keliru!

  • Kepercayaan diri dalam berinvestasi

Sebetulnya percaya diri atau tidak dalam segala hal tergantung pribadi masing-masing orang, tak terkecuali dalam investasi. Ada yang kurang percaya diri, biasa-biasa saja, bahkan over pede.

Namun biasanya dalam urusan keuangan, pria lebih percaya diri ketika memiliki banyak uang. Sedangkan wanita biasa-biasa saja.

Hal ini akan mempengaruhi pria dalam melakukan investasi. Mereka jadi percaya diri untuk mencoba berbagai instrumen investasi meski punya risiko tinggi.

Bukan tanpa alasan. Sebab, dengan investasi pada instrumen yang tinggi risiko, maka sebanding dengan keuntungannya.

Tidak demikian dengan wanita. Kaum hawa justru lebih cari aman dengan memilih instrumen investasi yang pasti dan rendah risiko. Tak apa jika keuntungannya sedikit, yang penting tetap dapat untung tanpa harus jantungan.

Perbedaan gaya investasi ini tentu saja akan memberi dampak berbeda pada kondisi keuangan mereka ke depan.

loader
Pria lebih senang investasi berisiko tinggi, sedangkan wanita cari yang aman

  • Jangka waktu investasinya

Pria biasanya agak kurang sabaran dalam menjalankan investasi. Apalagi kalau waktunya jangka panjang. Dapat untungnya lama.

Mereka lebih suka investasi jangka pendek. Senang untuk terlibat langsung dalam transaksi investasi dan sering mengubah atau memindahkan investasi dari satu instrumen ke instrumen lain.

Mana yang lebih menguntungkan, disikat. Padahal cara ini punya risiko yang lebih besar dan banyak biaya transaksi yang timbul dan justru merugikan mereka.

Sementara para wanita cenderung berpikir jauh ke depan, mempertimbangkan banyak hal terkait masa depan keuangannya.

Mereka merencanakan investasi jangka panjang untuk kebutuhan keluarga di masa mendatang, seperti dana pensiun dan dana pendidikan.

Baca Juga: Gaji di Bawah UMR Mau Investasi, Harus Mulai Dari Mana?

Tetap Pertimbangkan dengan Matang

Antara pria dan wanita boleh punya strategi berbeda dalam investasi. Namun satu yang harus mereka ingat, tetap mempertimbangkan dengan matang sebelum mengambil keputusan.

Hindari sikap terburu-buru yang akan membawamu pada keputusan yang salah. Selalu pelajari terlebih dahulu untung rugi instrumen investasi yang akan dipilih, termasuk segala risikonya.

Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Sebab ini adalah pertaruhan uangmu. Hasil jerih payahmu bekerja untuk masa depan.

Pastinya tidak mau kan uang yang kamu sisihkan setiap bulan dari gaji menguap begitu saja karena kesalahanmu. Investasi sejatinya mau untung, bukan buntung sehingga malah membuatmu melarat di hari tua.  

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 10 Manfaat Pinjaman KTA untuk Segala Situasi