Tak Banyak yang Tahu, Ini 10 Manfaat Pinjaman KTA untuk Segala Situasi

Kalau setiap orang ditanya kebutuhan, pasti jawabannya banyak. Apalagi jika sudah berkeluarga, kebutuhan yang harus dipenuhi bisa meningkat dua kali lipat atau lebih.

Sementara gaji atau penghasilan, naiknya bisa dihitung. Gak lebih dari inflasi ditambah pertumbuhan ekonomi. Paling banter 8% sampai 9% per tahun.

Tak heran, banyak orang terlilit masalah keuangan. Terlebih bagi mereka yang tak punya dana darurat, tabungan, maupun aset berharga yang bisa dijual atau digadai.

Kalau keuangan sudah minus, sementara dapur harus tetap ngebul, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan pinjaman. Kredit Tanpa Agunan (KTA) dapat dijadikan pilihan karena gak perlu jaminan barang berharga maupun surat-surat penting. Dana pun lebih cepat cair.

Sebetulnya mengajukan pinjaman KTA tidak selalu untuk kebutuhan dana darurat saja. Misalnya saat kepepet butuh duit mendesak untuk berobat ke rumah sakit atau dilanda krisis keuangan.

Fasilitas pinjaman KTA dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dan situasi:

Baca Juga: Pinjaman Modal Usaha Terbaik 2021 dan Cara Mendapatkannya

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Stres sama kerjaan dan butuh liburan

loader
Liburan untuk menyegarkan pikiran

Liburan bukan lagi kebutuhan tersier atau barang mewah. Liburan penting untuk mengurangi stres, suntuk, menyegarkan pikiran, dan mengembalikan semangat akibat bombardir pekerjaan di kantor yang tiada henti.

Ke manapun tujuan liburanmu, pasti perlu uang. Misalnya untuk ongkos transportasi, tiket masuk, kuliner, beli oleh-oleh, penginapan, dan lainnya.

Meskipun kamu sudah merencanakan jauh-jauh hari, menghitung kebutuhan anggaran, dan menyisihkan uang, kalau ternyata duitnya belum cukup, masa mau ditunda. Keburu makin spaneng sama kerjaan.

Atau mau liburan dadakan. Tiba-tiba muncul ide di kepala untuk liburan. Begitu lihat isi dompet sama tabungan, dananya kurang.

Gak perlu pusing, manfaatkan pinjaman KTA. Syarat pengajuan KTA biasanya sederhana. Cukup menyerahkan KTP, sudah bisa diproses. Lebih mudah karena dapat diakses online dan dana cair dalam waktu 2-3 hari saja.     

Hebatnya lagi kalau kamu bisa mengubah liburan konsumtif menjadi produktif. Liburan yang menghasilkan, seperti membuat konten video, tulisan, foto, dan lainnya. Uangnya bisa diputar untuk bayar cicilan KTA. 

2. Atap bocor ingin renovasi rumah

Pinjaman KTA juga bisa membantu pembiayaan renovasi rumah. Misalnya mau menyulap rumah menjadi istana idaman, atau punya masalah atap bocor maupun rusak akibat terjangan banjir setiap tahun.

Renovasi rumah membutuhkan dana tidak sedikit. Kalau renovasinya besar, malah hampir sama dengan harga rumah baru. Contohnya untuk membeli bahan bangunan, membayar pekerja.

Jika tidak diperbaiki, rumah yang tadinya rusak minor akan semakin parah. Biaya perbaikannya justru akan semakin mahal. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menunda renovasi rumah bila memang sangat dibutuhkan.

3. Membuat momen pernikahan berkesan

loader
Membuat momen pernikahan berkesan

Pernikahan merupakan momen penting dalam hidup seseorang. Berlangsung sekali seumur hidup, sehingga setiap pasangan pasti ingin membuat pernikahan yang berkesan.

Misalnya saja ingin ada pesta yang mengundang banyak tamu, mewujudkan pernikahan impian. Tentunya menikah dengan dana utang harus diperhitungkan, salah satunya kemampuan bayar. Jadi, sesuaikan besaran pinjaman dengan kondisi finansial.

4. Ingin merintis usaha dari nol

Plafon pinjaman KTA mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 300 juta. Suku bunganya mulai dari 0,59% hingga 2% per bulan dan sifatnya flat atau tetap.

Selain itu, kamu tidak perlu memiliki properti atau aset apapun sebagai jaminan pinjaman modal usaha. Jadi, pinjaman ini sangat cocok buat kamu yang ingin memulai usaha dari nol.

Baca Juga: Utang Lama Belum Lunas, Sudah Nambah Utang Baru. Boleh Gak Ya?

5. Meningkatkan produktivitas kerja dengan peralatan memadai

loader
Peralatan kerja yang memadai

Bekerja juga butuh peralatan memadai, seperti laptop, meja, kursi, gadget, atau lainnya. Jika kurang lengkap dan tak mendukung, tentu saja bekerja jadi kurang bersemangat.

Kalau tidak disediakan kantor, kamu bisa membeli peralatan-peralatan tersebut dengan pinjaman KTA. Toh, uangnya diputar untuk kegiatan produktif yang menghasilkan.

Dengan begitu, produktivitas semakin meningkat. Kenaikan gaji atau bonus akan mengikuti dengan sendirinya. Lumayan buat bayar cicilan utang.

6. Membayar biaya kuliah yang mahal

Emak-emak nih yang biasanya kebingungan bayar biaya kuliah anak, sampai harus jual emas perhiasan maupun rumah. Itu buat mereka yang punya aset. Bagaimana yang tidak?

Pinjaman KTA dapat membantu. Misalnya menutup uang tabungan yang kurang untuk bayar semesteran, biaya masuk perguruan tinggi, dan pendidikan lainnya.

7. Suntikan dana nonton konser

loader
Suntikan dana nonton konser

Konser musik bisa menjadi ‘obat’ ampuh mengatasi suntuk, bosan, dan stres. Fungsinya sama seperti liburan. Terlebih bagi kamu yang ngefans dengan penyanyi tertentu.

Dana KTA boleh dipakai untuk membeli tiket konser. Dengan catatan, kamu harus disiplin mengembalikan pinjaman tersebut.

8. Manfaatkan momentum mumpung harga mobil murah

Harga mobil saat ini lagi murah karena insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 0% dari pemerintah. Jangan sampai melewatkan kesempatan, beli mobil baru dengan dana KTA.

‘Tunggangan’ ini bisa kamu manfaatkan lagi untuk mencari penghasilan tambahan. Entah itu disewakan atau mendaftar taksi online sehingga menjadi aset aktif.

Baca Juga: Investasi Pakai Utang Boleh, Tapi Perhatikan 5 Hal Ini

9. Menyambut kelahiran sang buah hati

loader
Menyambut kelahiran buah hati

Kelahiran buah hati pasti disambut suka cita setiap pasangan. Bukan hanya cinta, tetapi juga harus dipersiapkan segala kebutuhannya.

Mulai dari biaya melahirkan, hingga perlengkapan bayi seperti pakaian, tempat tidur, hingga biaya lain seperti kontrol ke bidan atau rumah sakit.

Walaupun sudah menabung, tetap saja ada kebutuhan biaya tak terduga lainnya. Kamu dapat mengatasinya dengan dana pinjaman KTA. 

10. Diputar lagi untuk investasi

Siapa bilang pinjaman KTA tidak boleh dipakai untuk investasi? Sah-sah saja kok, apalagi investasi termasuk kegiatan produktif. Investasi mampu memberi keuntungan atau imbal hasil meski dibayang-bayangi risiko.

Salah satunya investasi tanah. Investasi aman dan menggiurkan, sebab harga tanah setiap tahun pasti naik. Berkisar 5% sampai 20% per tahun.

Besaran kenaikan juga tergantung lokasinya. Misalnya tanah dekat tempat strategis atau perkotaan, biasanya harganya lebih mahal dibanding pinggiran.

Tanah ini bisa kamu sewakan atau jual dengan harga lebih tinggi. Yang terpenting, balik modal, bisa melunasi utang, dan dapat keuntungan.

Mau Ajukan KTA? Wajib Perhatikan Ini 

Dana pinjaman KTA memang banyak kegunaannya untuk berbagai keperluan. Namun kamu harus fokus pada kebutuhan terpenting dan lihat juga kemampuan bayarmu.

Sebelum mengajukan, kamu juga harus cari tahu mengenai biaya-biaya yang mungkin timbul, seperti biaya provisi, penalti, denda keterlambatan, dan asuransi. Lakukan riset dan perbandingan antara produk KTA yang satu dengan lainnya, sehingga kamu dapat memilih produk yang tepat.

Baca Juga: Waspadai Penipuan dengan Modus Pinjaman Online