Intip Strategi Tepat untuk Bisnis Jualan Hewan Kurban

Hari Raya Idul Adha akan segera tiba, perayaan Idul Adha atau hari raya kurban bagi umat muslim identik dengan penyembelihan hewan kurban. Hewan yang dikurbankan umumnya di Indonesia ialah sapi, kambing atau kerbau.

Bagi peternak hewan, momen Idul Adha menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya sebab peternak bisa meraup sejumlah untung dari bisnis jualan hewan kurban ini, apalagi harga jual bisa tinggi oleh karena momen hari raya kurban dan permintaan pasar meningkat.

Bisa dibilang bisnis jualan hewan kurban adalah ide bisnis yang bagus. Peluang pasar hewan kurban tergolong besar dan menjanjikan keuntungan tinggi seiring dengan tingginya permintaan pasar. Meski terbilang bisnis musiman tapi bukan berarti Anda tidak bisa melanjutkan bisnis jual hewan ternak ini pada waktu-waktu lainnya di luar hari raya Idul Adha. Tak perlu khawatir sebab hewan kurban juga banyak dibeli untuk acara aqiqah anak, pernikahan dan acara besar lainnya.

Bagi Anda yang berminat berbisnis hewan kurban, alangkah baiknya sebelum memulai bisnis ini, Anda memiliki beberapa pengetahuan dan persiapan terlebih dahulu.

Berikut tips sukses berbisnis hewan kurban yang bisa Anda pelajari:

1. Pahami Seluk Beluk Hewan Kurban

loader

Memahami Kondisi Hewan Kurban dengan Baik via agribisnis.co.id

Hal wajib sebelum Anda memulai sebuah bisnis adalah memahami produk Anda. Pastikan Anda memahami dan mengetahui secara detail mengenai ketentuan dan aturan jual beli hewan kurban. Misalnya, dari sisi kesehatan, pastikan hewan kurban yang Anda jual adalah hewan yang layak/sehat secara fisik dan memenuhi syarat sebagai hewan kurban.

Tips: Pemahaman yang baik ini akan memudahkan Anda dalam berjualan dan meminimalisir kerugian adanya hewan kurban yang tidak layak untuk dikurbankan. Pastikan saat Anda membeli hewan dari tempat lain, Anda hanya memilih hewan-hewan yang terbaik dan memenuhi syarat agar Anda bisa memaksimalkan penjualan.

Baca Juga: Mau Bisnis Tanpa Modal? Ini Dia Caranya!

2. Tentukan Modal dan Jenis Hewan

Setelah memahami memilih hewan yang layak jual untuk kurban, Anda harus menentukan jenis hewan yang akan Anda jual dan modal yang Anda miliki. Jenis hewan berkaitan erat dengan jumlah modal usaha yang Anda siapkan. Apakah modal Anda cukup banyak untuk berjualan sapi yang harga seekornya bisa mencapai Rp15 juta? Logikanya, jika Anda ingin berjualan sapi, maka modal yang dibutuhkan jauh lebih besar dibandingkan dengan berjualan kambing, sebab harga kambing rata-rata Rp1,5 juta per ekor.

Tips: Tentukan jenis hewan dan sesuaikan dengan kemampuan modal Anda. Lakukan riset sederhana di lokasi Anda berjualan, apakah Anda memiliki kompetitor? Atau tidak? Apakah lokasinya strategis? di pinggir jalan misalnya?  Menurut Anda apakah kambing atau sapi hewan kurban yang paling banyak di minati masyarakat dan bisa terjual dengan cepat?

Solusi modal kurang atau Anda tak punya modal saat ini namun keinginan bisnis begitu kuat, tak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan kredit tanda agunan (KTA) untuk modal usaha yang Anda lakukan. KTA tergolong hutang produktif apabila dananya digunakan untuk bisnis, yang terpenting ialah Anda memiliki stategi manajemen keuangan yang baik sehingga angsuran kredit lancar nantinya dan bisnis yang dijalankan juga bisa meraup untung. 

3. Persiapkan Modal, Tempat dan Pakan 

  loader

Persiapkan Modal Bisnis Anda via teropongbisnis.com

 

Persiapkan modal bisnis Anda. Modal yang dibutuhkan termasuk hitungan untuk pembelian hewan, persediaan kandang hewan/tempat penampungan sementara, pakan dan perawatan hewan kurban. Lakukan perhitungan modal dengan baik. Lakukan pembelian hewan jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga terbaik, harga yang jauh lebih murah.

Selain itu, pastikan Anda memiliki tenaga dan persediaan pakan yang tepat bagi hewan kurban yang akan Anda jual kembali. Rawatlah dengan baik, pastikan hewan yang Anda beli sehat dan mendapatkan pakan dan kandang yang layak sehingga hewan-hewan tersebut sehat dan siap disembelih saat kurban nanti.

Tips: Anda sebaiknya membeli langsung hewan-hewan kurban dari peternaknya agar mendapatkan harga yang sangat kompetitif dan bisa memaksimalkan untung. Jika membeli dari pengepul, maka besar kemungkinan anda tidak akan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Membeli hewan kurban dari peternak juga akan jauh lebih terjamin kesehatan dan perawatannya hanya saja lokasi peternak hewan kurban itu umumnya ditemui di luar daerah dan sangat jarang ada di perkotaan. 

4. Lakukan Teknik Berjualan Langsung

Hal yang paling menentukan keberhasilan dalam bisnis ini adalah teknik berjualan. Bagi pemula, hal ini terasa sedikit sulit, tapi tetap bisa dipelajari. Gunakan beberapa pendekatan efektif yang bisa dilakukan untuk menjual hewan-hewan kurban Anda secara langsung. Misalnya, berjualan langsung kepada sanak saudara, teman/kerabat, tetangga dan pihak-pihak lainnya yang berpotensi untuk membeli hewan kurban dari Anda.

Tips: Jangan malu untuk menawarkan produk Anda secara langsung, semua orang berpotensi menjadi pembeli. Pelajari cara menawarkan barang jualan dengan baik, sopan, dan positif. Intinya, lakukan dengan cara yang baik agar bisnis ini berjalan dengan lancar dan tentunya menghasilkan untung yang maksimal.

Baca Juga: 6 Cara Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis

5. Maksimalkan Promosi Online

loader

Manfaatkan Promosi Gratis Social Media via rivaliq.com

Promosi yang tepat akan sangat membantu Anda untuk sukses berjualan dan berbisnis hewan kurban. Jangan pernah ragu untuk memulai sebuah promosi sebagai langkah awal dalam penjualan yang bisa mendukung Anda memaksimalkan sejumlah keuntungan. Promosi bisa secara online dan offline, maksimalkan semua cara untuk promosi, dan manfaatkan promosi yang gratis alias tidak membutuhkan dana besar.

Tips: Siapkan foto yang menarik seputar hewan-hewan kurban yang akan Anda jual. Anda juga bisa membuat desain yang mirip dengan selebaran brosur yang tertera lokasi jualan Anda dan harga hewan yang akan dijual, lalu informasi ini bisa Anda posting di sosial media Anda, grup WhatsApp, BBM, maupun Instagram.

Selain cara online, Anda juga bisa menginformasikan hal ini di masjid-masjid terdekat Anda hingga tempat lainnya yang berpotensi untuk mendukung penjualan. Jangan malu untuk mempromosikan dagangan Anda. Bergabung dan lakukan promosi di situs ecommerce jual beli seperti Tokopedia, Bukalapak, OlX, dan situs lainnya yang memungkinkan juga bisa Anda coba.

Pahami Strategi Bisnisnya  

Manfaatkan momen Idul Adha untuk berbisnis hewan kurban. Prospek bisnis hewan kurban sangat menjanjikan. Anda bisa memaksimalkan untung dengan cara mudah yakni memahami hal-hal dasar dan strategi sukses berbisnis.Pahami dengan baik seluk beluk bisnis ini, gunakan kesempatan lebaran Idul Adha untuk meraih keuntungan yang maksimal dari bisnis hewan kurban.

Baca Juga: Kisah Pengusaha Sukses dan Cara Mengikuti Jejak Mereka