Investasi Properti yang Bisa Bikin Kamu Jadi Sultan

Properti menjadi salah satu investasi yang paling menguntungkan sejak dulu. Kenaikan harga properti mulai dari 5-10% per tahun, bahkan bisa lebih dari itu hingga 20% per tahun.

Semakin mahal harga properti yang kamu miliki, semakin besar pula keuntungan yang bisa didapatkan. Investasi properti sangat cocok untuk persiapan masa pensiun, mendapatkan passive income atau penghasilan tambahan tanpa harus kerja keras banting tulang.

Jenis properti apa yang bagus untuk investasi, cuan, dan bisa bikin jadi sultan? Berikut pilihannya dan yang mesti diperhatikan saat investasi properti.

Baca Juga: Investasi Properti: Pengertian, Keuntungan, dan Caranya

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Properti

loader
Investasi properti

1. Lokasi properti

Pertama adalah lokasi. Seperti yang kamu tahu, lokasi sangat berpengaruh pada harga properti. Semakin strategis lokasi suatu properti, maka semakin mahal harga jualnya.

Memang, harga beli properti di lokasi strategis ini juga mahal. Namun, properti di kawasan seperti ini lebih mudah dijual. Jika kamu memiliki modal besar, beli properti di pusat kota atau jantung kota.

2. Fasilitas yang ada di dalam properti

Ketertarikan pembeli untuk membeli suatu properti tidak lepas dari pengaruh fasilitas yang akan didapatkan. Misalnya furniture, akses, dekat dengan rumah sakit, pusat perkantoran, perbelanjaan, atau mesin ATM.

Fasilitas yang lengkap tidak akan menambah minat pembeli, tapi kamu juga punya peluang untuk menaikkan harga properti. Sesuaikan kenaikan harganya dengan persentase kenaikan properti di lingkungan sekitar, jadi harga jual properti kamu tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah.

Baca Juga: Mau Untung Investasi Properti? Kenali Macam Penentuan Harga Properti

3. Keamanan properti

Siapa coba yang mau tinggal di lingkungan yang tidak aman? Sudah pasti tidak ada, bahkan kamu sendiri pun tidak mau karena terlalu berisiko terhadap keselamatan diri sendiri dan keluarga.

Sebelum berinvestasi di properti, baiknya perhatikan seperti apa keamanannya. Apakah ada security, ronda malam atau siskamling, maupun CCTV. Sebab, tinggal di lingkungan yang aman pasti membuat siapa pun lega.

Jenis Investasi Properti yang Menguntungkan

loader
Jenis investasi properti yang menguntungkan

1. Rumah

Rumah selain bisa untuk tempat tinggal, juga bisa sebagai investasi. Menjual rumah bukan hal yang sulit, karena dapat dilakukan secara offline dan online. Ada saja pembeli rumah meski saat ekonomi sedang sulit sekalipun.

Untuk masalah lokasi, sebenarnya yang ada di lokasi strategis atau pinggiran sekalipun tidak masalah. Asal tidak terletak di daerah yang rawan banjir.

2. Kos-kosan

Membuka kos-kosan di kota metropolitan, seperti Jakarta adalah suatu investasi yang menguntungkan. Kamu tidak hanya punya bangunannya saja, tapi juga bisa menyewakan per unit kamar dan mendapat keuntungan.

Kunci investasi kos-kosan yang menguntungkan adalah lokasi. Pilih tanah yang letaknya di lokasi strategis, lalu bangun kos-kosan dua atau tiga lantai.

Pastikan kos-kosannya tidak terlalu sempit atau pengap, sehingga orang tertarik untuk sewa kos atau kontrakan kamu. Termasuk harga sewanya disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan.

3. Tanah

Selain dijadikan bangunan, lahan kosong sekalipun, seperti tanah juga tak kalah menguntungkan untuk investasi. Harga tanah cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. 

Apalagi tanah ini juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti pertanian, perkebunan, membangun ruko atau rumah. Investasi tanah juga jauh lebih murah dibandingkan membangun kos-kosan atau rumah. 

Khusus untuk tanah, sebaiknya pilih yang lokasinya berada di wilayah pinggiran. Tetapi, punya potensi untuk berkembang, seperti ada pembangunan jalan tol, bandara, dan infrastruktur lain karena dalam 5 atau 10 tahun mendatang, harga tanahnya pasti akan melonjak.

Baca Juga: Investasi Properti Syariah: Keuntungan dan Tips Suksesnya

4. Ruko

Investasi properti berupa ruko juga menguntungkan. Apalagi kalau lokasinya benar strategis, ruko yang kamu miliki pasti lebih cepat laku. Sebab, ruko ini bisa dimanfaatkan untuk komersial, seperti membuka usaha atau bisnis.

Kamu tidak perlu menjual ruko untuk mendapatkan keuntungan. Sebab, menyewakan ruko saja sudah bisa mengembalikan modal kamu. Serta akan mendatangkan penghasilan tambahan setiap bulan atau setiap tahun.

Sebelum membeli sebuah ruko, sebaiknya perhatikan konsep dari ruko itu. Jangan sampai terlalu banyak sekat, apalagi sempit karena dapat mengurangi daya tarik pembeli atau penyewa.

5. Apartemen

Khusus di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan, investasi di bidang properti pasti sangat menguntungkan. Sebab, lahan kosong atau tanah di kota-kota besar sudah semakin sedikit.

Mau tidak mau, orang beralih ke apartemen sebagai tempat tinggal. Untuk investasi apartemen, perhatikan lokasi agar apartemen cepat laku saat dijual maupun disewakan. Dan fasilitas di apartemen tersebut.

Harga apartemen umumya lebih mahal. Jika ingin beli apartemen untuk investasi, rajin kunjungi pameran properti agar mendapatkan harga yang lebih murah, terutama untuk apartemen yang baru akan dibangun.

Pilih yang Paling Menguntungkan untuk Kamu

Investasi properti pada dasarnya menguntungkan. Tapi, balik lagi ke selera masing-masing dan pola pikir kamu terhadap properti. Pilih yang paling menguntungkan dan sesuai kemampuan finansial.

Baca Juga: Ciri-Ciri Agen Properti Nakal yang Perlu Diwaspadai