Tentang Invisible Friends NFT, Ini Pengertian, Kisaran Harga, Hingga Cara Mendapatkannya

NFT tak bisa dipungkiri memiliki popularitas yang cukup tinggi dan kerap dijadikan sebagai koleksi oleh kolektor aset digital maupun investor. Menjadi salah satu bagian dari dunia crypto, NFT yang merupakan singkatan dari non fungible token ini memang sering kali dijadikan sebagai sarana trading agar bisa mendapatkan keuntungan. Hingga sekarang, proyek NFT juga sudah sangat banyak dengan ciri khas dan karakteristiknya sendiri. 

Salah contohnya adalah proyek NFT yang bernama Invisible Friends. Selayaknya dengan beragam jenis aset NFT lainnya, Invisible Friends juga kerap dijadikan sebagai koleksi yang mampu menarik minat dari investor dan kolektor. Tak hanya soal nilai ekonomi asetnya yang menjanjikan, tapi NFT ini juga menawarkan konsep yang tak biasa dan menjadi daya tarik tersendiri terhadap minat investor atau kolektornya. 

Lalu, seperti apa sih proyek NFT bernama Invisible Friends ini? Juga, bagaimana pergerakan dan kisaran harganya terkini, serta cara untuk mendapatkannya sebagai sarana koleksi ataupun investasi? Nah, untuk menjawab sederet pertanyaan tersebut, simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Selengkapnya tentang Apa Itu NFT Invisible Friends

loader

Invisible Friends NFT, sesuai namanya, adalah proyek NFT yang memiliki konsep animasi berwujud manusia yang tak terlihat atau invisible. Ketika melihat karya animasi NFT ini, tidak butuh waktu lama kamu akan langsung menyadari kenapa proyek ini diberi nama Invisible Friends NFT atau invisible man. 

Koleksi gambar dan karya dari proyek NFT ini menunjukkan sejumlah aset karakter tidak kasat mata yang dibalut dengan pakaian, lengkap dengan beragam jenis aksesoris. Tentunya, bagi orang-orang yang melihatnya, karya NFT dari proyek tersebut terlihat keren dan menarik serta layak untuk dijadikan sebagai koleksi. 

Para karakter atau model yang muncul pada setiap koleksi NFT tersebut juga didesain dengan gaya yang kekinian dan modern. Bahkan, tidak sedikit tren fashion atau modis yang digunakan oleh karakter dari Invisible Friends NFT ini merupakan hasil kolaborasi dengan merek dan brand apparel ternama dunia. Cara inilah yang digunakan untuk membedakan tiap karya NFT pada koleksi ini yang sesuai dengan ciri khas dan citra brand pakaian mereka. 

Pada awalnya, proyek NFT ini memiliki koleksi awal sebanyak 5 ribu NFT dan merupakan karya dari seniman digital serta animator populer asal Swedia, yaitu Markus Magnusson. Pada kolaborasinya dengan brand Kith, NFT Invisible Friends NFT kembali mengeluarkan sebanyak 12 aset yang bisa dikoleksi secara eksklusif. 

Memiliki tagline yang berbunyi “ nice to unsee you”, proyek koleksi NFT ini merupakan upaya ambisius agar bisa menjembatani aset fisik dan aset digital. CEO dan Direktur Kreatif dari Kith, yaitu Ronnie Fieg, telah menjalin kerja sama dengan founder Invisible Friends NFT, Markus Magnusson dalam merancang aset koleksi NFT yang bisa disebut dengan Kith Friends. Pemilik dari produk NFT eksklusif ini akan diberi seluruh barang fisik dari segala pakaian dan aksesoris yang terdapat di karakter NFT Kith Friends miliknya. 

Dengan keunikan dan ciri khasnya tersebut, tak mengherankan jika produk dan karya dari Invisible Friends NFT mampu menarik minat cukup banyak investor dan kolektor. Selain itu, konteks nilai ekonominya juga tak terbatas dari karya seni digital dalam bentuk aset NFT saja. Melainkan juga produk fisik yang bisa dikenakan oleh pemilik aset Invisible Friends NFT yang eksklusif, yaitu Kith Friends.

Baca Juga: Cara Cek Kelangkaan NFT dengan Rarity Tools NFT, Ini Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Kisaran Harga dari Invisible Friends NFT

Dikarenakan rilis awal dari aset Invisible Friends NFT telah lama habis terjual, kolektor dan investor aset digital bisa membelinya melalui pasar sekunder. Salah satu contoh pasar sekunder untuk jual beli NFT, termasuk Invisible Friends NFT, adalah OpenSea. Pada marketplace NFT tersebut, Invisible Friends dibanderol dengan harga yang bisa dibilang fantastis. 

Melalui konsep profile picture atau PFP NFT, karakter dan model dari Invisible Friends amat laku terjual di pasaran. Ciri khas dan daya tarik dari avatar tersebut pun mampu melonjakkan kisaran harga transaksinya di pasaran dengan cukup signifikan. 

Hingga bulan Maret 2023 lalu, melihat data di platform marketplace OpenSea, nilai terendah dari aset NFT ini adalah sekitar 1,9 ETH, di mana jika dirupiahkan setara dengan 23 juta rupiah. Jumlah volume perdagangan atau transaksi dari NFT Invisible Friends NFT ini pun sudah mencapai nilai 50,561 ETH. 

Jika melihat dari desainnya, NFT keluaran dari Invisible Friends merupakan koleksi yang tak hanya terlihat keren dan kekinian, tapi juga sifatnya sangat inklusif. Produk NFT tersebut berguna sebagai mercusuar atau acuan atas keragaman pada ruang sosial. 

Pada bentuk manusia tak terlihat atau tidak kasat mata, NFT keluaran proyek ini mengandaikan jika semua orang terlepas dari segala hal yang mampu memicu diskriminasi. Hal tersebut mencakup latar belakang warna kulit, ras, dan juga tampilan fisik dari dirinya sendiri. 

Cara untuk Mendapatkan Produk Invisible Friends NFT

loader

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk saat ini, produk atau karya Invisible Friends hanya bisa didapatkan dari pasar sekunder yang menjadi platform marketplace aset digital seperti NFT. Hal ini dikarenakan rilis awal dari Invisible Friends NFT ini telah habis terjual dan masih belum ada rilis lanjutan dari pihak pemilik proyeknya hingga saat ini. 

Lalu, bagaimana cara untuk bisa mendapatkan produk NFT keluaran dari Invisible Friends ini? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah yang dapat kamu lakukan agar bisa membeli karya Invisible Friends NFT di pasar sekunder atau platform marketplace NFT. 

  • Pastikan untuk telah mempunyai aplikasi dompet digital tertentu dan juga saldo ETH dengan nominal sesuai dengan harga dari karya NFT yang ingin dibeli. Pada dasarnya, ada banyak pilihan platform dompet digital atau digital wallet legal dan terpercaya. Namun, sebagai rekomendasi, ada baiknya untuk memilih aplikasi MetaMask sebagai pilihan platform bertransaksi NFT karena pembelian produk Invisible Friends bisa langsung diarahkan pada marketplace OpenSea. 
  • Lalu, setelah masuk pada laman marketplace OpenSea, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghubungkan akun digital wallet dengan akun OpenSea. Caranya dengan mengeklik ikon “Line” atau “Garis” pada bagian kanan atas aplikasi, lalu pilih “MetaMask”.
  • Selanjutnya, masuk pada laman koleksi NFT Invisible Friends pada marketplace OpenSea. Selain itu, kamu juga bisa mencari koleksi NFT Invisible Friends ini dengan memasukkan kata kuncinya di bagian pencarian. 
  • Kemudian, kamu akan melihat sejumlah pilihan aset atau karya yang sedang dijual.
  • Pilah dan tentukan produk atau aset NFT mana yang terbaik dan paling menarik untuk dibeli sesuai dengan keinginan serta budget yang tersedia. 
  • Setelah memilih item atau karya NFT yang ingin dibeli, selanjutnya kamu dapat melakukan penawaran kepada pihak penjual agar bisa membelinya dengan harga yang lebih rendah. Sebaliknya, jika harga NFT telah sesuai dengan budget dan dirasa layak, kamu bisa langsung mengajukan pembelian atas produk tersebut. 
  • Langkah yang terakhir, masukkan produk atau item NFT yang ingin dibeli pada keranjang lalu lanjutkan pada halaman checkout, dan lakukan konfirmasi pada platform dan tunggu sistem melakukan pemindahan data. Jika proses konfirmasi telah selesai dilakukan, notifikasi transaksi telah selesai dilakukan akan muncul dan aset NFT yang kamu beli tersebut telah resmi dan legal menjadi milikmu.

Pada dasarnya, Invisible Friends NFT merupakan salah satu jenis aset digital yang kerap dijadikan sebagai sarana investasi dan juga koleksi oleh sejumlah pihak pada pasar NFT. Jika tertarik untuk menjadi salah satu pemilik dari aset NFT yang sifatnya unik dan inklusif ini, kamu bisa mengikuti cara membelinya seperti yang telah dijelaskan di atas. 

Baca Juga: Manfaat dan Resiko yang Bisa Didapatkan dari NFT

Keunikan dan Ciri Khas Proyek NFT Adalah Kunci Penting yang Tentukan Kesuksesannya

Itulah penjelasan tentang apa itu Invisible Friends NFT, kisaran harga, dan cara untuk membelinya. Menjadi nilai penting yang tentukan kesuksesan dan pertumbuhan harganya di masa depan, setiap proyek NFT perlu memiliki keunikan dan ciri khas yang mampu menarik minat investor dan kolektornya. Nah, setelah memahami penjelasan di atas, apakah menurutmu proyek NFT Invisible Friends ini memiliki keunggulan tersebut sehingga layak untuk dibeli dan dikoleksi?

Baca Juga: Sebelum Beli NFT PFP, Simak Dulu 9 Tips Berikut Ini agar Tak Merugi