Fakta dan Biodata Irene Red Velvet, Pemeran Lee Hyun Ji dalam Film Double Patty

Nama Irene Red Velvet telah populer di industri entertainment dunia sejak tahun 2015. Wanita kelahiran Buk, Daegu, 29 Maret 1991 ini adalah leader dari girlband Red Velvet yang tersohor.

Selain apik bernyanyi dan menari bersama Red Velvet, Irene yang bernama asli Bae Joo Hyun ini juga dikenal sebagai aktris dan pemandu acara di layar kaca. Dengan visual yang menawan serta tinggi tubuh mencapai 158cm, Irene kerap tampil memukau dan menghipnotis para penggemarnya.

Baca Juga: Profil Wendy Red Velvet, Pernah Gagal Audisi hingga Tak Direstui Jadi Idol

Gagal? Coba Sekali Lagi dengan Lebih Baik

View this post on Instagram

A post shared by IRENE (@renebaebae)

Kini bersinar dan sukses besar, siapa yang mengira jika dulunya Irene pun pernah gagal. Ternyata, putri sulung dari dua bersaudara ini sempat ditolak SM Entertainment ketika mengikuti gelaran SM Global Audition.

Sebelumnya, Irene pernah menjadi trainee di YG Entertainment. Namun karena satu dan lain hal, ia terpaksa mundur dari agensi yang telah membesarkan nama BLACKPINK itu.

Kendati sempat mengalami kegagalan, Irene nyatanya tak pantang menyerah. Ia pun resmi mengikuti training di SM Entertainment. Berselang lima tahun kemudian, Irene selaku trainee paling lama tersebut akhirnya berhasil melakukan debut perdananya bersama Red Velvet.

Menapaki Popularitas dengan Red Velvet

Irene merupakan member dengan usia paling tua di Red Velvet. Para Reveluv (fans Red Velvet) bahkan menyebut Irene sebagai best leader lantaran sikapnya yang mengayomi dan memperhatikan detail personil Red Velvet yang lainnya.

Selain Red Velvet Irene, girlband pelantun lagu Peek-A-Boo ini juga beranggotakan Seulgi, Joy, Wendy, dan Yeri. Adapun Irene tak hanya ditunjuk menjadi leader. Ia menempati posisi penting lainnya, yakni Visual Center, Main Rapper, Sub Vocalist, serta Lead Dancer.

Adapun nama panggung Irene  sendiri berasal dari “Eirine” yang berarti “perdamaian”. Irene Red Velvet memilih name stage ini karena terinspirasi dari mitologi Yunani.

Sementara itu, nama Red Velvet juga mengandung makna yang menjadi konsep dari girlband tersebut. Warna red merupakan lambang dari gairah dan semangat yang menyala. Sedangkan velvet cocok untuk melambangkan image lembut dan feminin. Dualitas inilah yang kemudian tercermin dalam fashion style serta komposisi musik Red Velvet yang apik. 

Di tahun 2015, Red Velvet mengeluarkan single pertama mereka yang bertajuk Happiness. Sejak itu, nama mereka semakin populer sebagai salah satu girlband kenamaan Korea Selatan. Lagu lainnya seperti Psycho, One of These Night hingga Ice Cream Cake pun kian melambungkan nama Red Velvet di seluruh dunia.

Uniknya lagi, Red Velvet menjadi satu-satunya girlband Korea Selatan yang pernah pentas di Korea Utara. Pada tahun 2018, mereka membawakan lagu Bad Boy dan Red Flavor langsung di hadapan Kim Jong Un, pemimpin Korut.

Disorot karena Terlibat Kontroversi

View this post on Instagram

A post shared by IRENE (@renebaebae)

Irene Red Velvet pernah menghebohkan publik lantaran sebuah kontroversi sengit. Skandal ini pun dikabarkan hampir membuat karier Irene meredup lantaran banyak fans yang kecewa. 

Awalnya, ada seorang stylist serta editor ternama menyebut sang bintang sebagai idol dengan bad attitude dalam unggahan di media sosial. Sosok yang bernama Kang Kook Hwa tersebut mengaku telah diperlakukan secara kasar oleh Irene Red Velvet

Selama 20 menit, Kang Kook Hwa menerima sikap tak ramah Irene. Ia dimarahi lantaran sang bintang merasa stylist tersebut telah melakukan kesalahan. Kabarnya, Irene bahkan mengomel seraya menunjuk-nunjuk Kang Kook Hwa dengan menggunakan ponsel. 

Merasa martabatnya direndahkan, stylist itu pun jadi tersinggung. Ia pun curhat di media sosial. Tak disangka, unggahan tersebut membuat stylist lainnya terpicu ikutan menanggapi dengan curhatan serupa. 

Mereka pun jadi berani angkat suara. Rupanya, beberapa stylist lainnya juga pernah merasakan pengalaman yang serupa.

Baca Juga: Profil Yeri Red Velvet, Maknae Cantik yang Andal Akting dan Mencipta Lagu

Kembali Bersinar Lewat Mini Album Queendom

Alhasil, Irene dan pihak SM Entertainment memberikan pernyataan maaf mereka kepada publik. Sang artis berjanji ia akan lebih bersikap hati-hati dan menghindari ucapan yang ceroboh di kemudian hari. Ia pun mengakui, dirinya tak akan mengecap puncak kesuksesan tanpa bantuan dari berbagai pihak, termasuk stylist.

Sementara itu, SM Entertainment yang juga meminta maaf lantas berjanji agar hal serupa tidak terjadi lagi. Pihak mereka akan mengevaluasi skandal menghebohkan tersebut. Agensi besar itu juga menyatakan penghargaannya kepada seluruh pihak yang selama ini telah bekerja keras untuk kesuksesan SM Entertainment

Meski sempat terpuruk, Irene belakangan kembali masuk dapur rekaman bersama Red Velvet. Dengan formasi yang lengkap, mereka lantas merilis mini album bertajuk Queendom. Saat itulah Irene baru kembali ke hadapan publik setelah skandal menggegerkan yang pernah menimpanya.

Queendom sendiri telah menuai sukses dengan menempati posisi iTunes Top Chart 50 negara. Termasuk Belanda, Amerika Serikat, Sri Lanka, Brunei Darussalam, dan Uni Emirat Arab.

Semakin Eksis di Layar Kaca

View this post on Instagram

A post shared by IRENE (@renebaebae)

Di sepanjang kariernya, Irene telah menjajal sejumlah variety show serta menjadi pembawa acara. Kilas balik ke tahun 2016, ia hadir sebagai Fixed Panelist dalam Trick & True yang ditayangkan di KBS. Di tahun yang sama, ia pun muncul dalam Knowing Brother yang tayang di JTBC.

Kemudian memasuki tahun 2017, Irene muncul sebagai bintang tamu dalam Running Man. Ia tampil di sejumlah episode acara seru tersebut, yang kemudian ditayangkan di saluran Seoul Broadcasting System.

Berkat popularitasnya yang tinggi, kemunculan Irene Red Velvet di berbagai acara TV kerap dinantikan para penggemar. Sehingga di tahun 2018, ia hadir dalam We Will Channel You yang diputar di SBS.

Adapun sebagai Host, Irene memandu Music Bank selama setahun (2015-2016). Bersama Park Bo Gum, ia menjadi host untuk acara yang tayang di KBS2 dan KBS World tersebut.

Selain itu, Irene juga memandu Laundry Day sebanyak 12 episode di tahun 2016-2017. Setelahnya, ia kembali membawakan acara Musik Bank World Tour: Singapore (2017), yang ditayangkan oleh KBS2

Masih di tahun 2017, ia juga menjadi host untuk Music Bank World Tour: Jakarta dengan Park Bo Gum. Karena eksistensinya ini, nama Irene pun sempat dinominasikan dalam Best Newcomer (Variety) dari KBS Entertainment Awards 2015 karena acara Music Bank.

Sukses Berkecimpung di Dunia Akting

Irene tak hanya eksis di dunia musik, ia pun sukses merambah hingga ke dunia akting. Di tahun 2015, Irene muncul dalam film dokumenter besutan SM Town, yakni SMTown: The Stage.

Kemudian Irene muncul sebagai cameo dalam Descendants of the Sun (2016). Tayangan tersebut hadir di saluran TV KBS2. Ia pun hadir memerankan tokoh utama bernama Ah Reum dalam Women at a Game Company (2016) yang tayang di Naver TV Cast

Memasuki tahun 2020, Irene berkesempatan mengisi suara untuk tokoh Baby Bun dalam film animasi Trolls World Tour. Adapun di tahun 2021, ia menjadi pemeran utama dalam film layar lebar Double Patty

Model Iklan Sejumlah Brand Kenamaan

View this post on Instagram

A post shared by IRENE (@renebaebae)

Di sela kesibukannya yang padat, Irene juga kerap berlangganan menjadi model iklan. Tak tanggung-tanggung, ia pun membintangi beragam iklan dari brand besar dunia. Alhasil, kiprahnya sebagai model di ranah fashion pun kian jadi sorotan.

Seperti diketahui, Irene memiliki kecantikan visual yang menarik bak Dewi Yunani. Tak heran, ia pun dijuluki sebagai Baephrodite. Julukan tersebut diambil dari gabungan marganya yakni Bae dan Aphrodite, Dewi Cinta asal Yunani.

Tak hanya itu, rupanya sejak SMA Irene telah dijuluki The Daegu Ulzzang. Karena berparas ulzzang, sebutan cantik mempesona seperti boneka, banyak remaja pria yang datang ke kelas hanya demi melihatnya.

Dengan kecantikannya yang memikat, Irene pun kerap didapuk menjadi model untuk berbagai brand berkelas.

Makin Beken dan Laris Manis di Industri Hiburan

Kini, nama Red Velvet telah menjadi salah satu girlband paling beken lagi laris manis di ranah K-Pop dan mancanegara. 

Diperkirakan, kekayaan mereka mencapai 20 juta Dollar AS (setara Rp280 miliar). Angka yang terbilang fantastis bukan?

Baca Juga: Jadi Member Paling Tajir, Begini Sepak Terjang Joy Red Velvet di Panggung Hiburan