Jadul tapi Ampuh, 7 Cara Menabung di Celengan Ini Bisa Kamu Coba!

Jika kamu mengenang masa kecil, kebanyakan orang tua pasti mengajarkan kebiasaan untuk menabung. Tidak memakai cara modern seperti dompet digital atau membuka rekening bank, orang tua zaman dulu atau bahkan sekarang masih membiasakan buah hatinya untuk menabung melalui celengan.

Celengan adalah sebuah wadah yang biasanya terbuat dari plastik, kaleng, tanah liat, atau bahan lainnya dengan beraneka ragam bentuk. Tujuannya semata-mata untuk menarik perhatian anak-anak agar lebih semangat dalam menyisihkan uang.

Namun, tahukah kamu jika manfaat celengan ini tidak hanya berguna untuk membiasakan anak kecil dalam menabung? Jika dilihat dari fungsinya dalam menyimpan uang, celengan masih bisa digunakan sebagai sarana untuk menabung yang efektif dan bisa dimanfaatkan oleh orang dewasa pula, termasuk di zaman yang sudah modern ini. 

Berbeda dengan menabung di bank, kamu masih bisa dengan mudah mengambil uangnya dengan ATM atau melakukan transfer. Sedangkan saat menabung menggunakan celengan, kamu tidak akan bisa mengambil uang yang tersimpan di dalamnya selain dengan membuka atau memecahkan wadahnya. 

Oleh karena itu, cara menabung di celengan ini masih dianggap efektif untuk dilakukan karena uang yang tersimpan di dalamnya tidak gampang diambil atau digunakan. Nah, buat kamu yang tertarik dan ingin mencobanya, simak penjelasan berikut ini. 

Baca Juga: Hai Pemalas! Ini 7 Tips Keuangan yang Cocok Buat Kamu

7 Cara Menabung di Celengan

loader

Hasil menabung di celengan

  1. Pilih Jenis Wadah yang Sesuai

    Jenis celengan dapat dibagi berdasarkan ukuran, bahan, dan juga bentuknya. Walaupun tidak secara langsung memengaruhi atau menumbuhkan kebiasaan menabung, memilih jenis wadah celengan berkaitan dengan harga beli, kapasitas isi, kemungkinan untuk digunakan kembali, dan jenis uang yang bisa disimpan. 

    Sebagai contoh, bentuk yang paling sederhana adalah celengan kaleng. Biasanya, celengan kaleng memiliki lubang di bagian atas sebagai tempat untuk memasukkan uang koin atau uang kertas. Uniknya, jenis celengan ini bisa dengan mudah dibuka dan ukurannya tidak terlalu besar, sehingga lebih cocok digunakan untuk aktivitas menabung jangka pendek saja.

    Selanjutnya ada celengan tanah liat yang masih banyak dipertahankan sampai saat ini. Bentuknya beragam dan biasanya dibuat secara menggemaskan seperti binatang dan buah agar menarik perhatian anak kecil. Dengan ukuran dan harga yang bervariasi, kamu bisa memilih jenis celengan ini jika ingin menyimpan uang dalam jumlah yang lumayan banyak.

    Ada pula celengan keramik yang lebih ringan dan kuat ketimbang tanah liat. Selayaknya celengan dari bahan tanah liat, kamu juga bisa menyimpan uang dengan jumlah cukup besar, sekaligus bisa menjadikannya sebagai penghias ruangan. 

  2. Tentukan Nominal Uang yang Harus Dimasukkan

    Ada kebiasaan yang terbilang unik di tengah maraknya ajakan untuk menabung di masyarakat baru-baru ini, yaitu, menabung dengan nominal uang tertentu saja. Sebagai contoh, kamu bisa menentukan untuk menabung setiap uang lembaran dengan nominal 5 ribu yang didapatkan dari aktivitas berbelanja sehari-hari. Jadi, setiap melakukan aktivitas pembelian dan mendapatkan uang kembalian berupa uang nominal 5 ribu, kamu harus memasukkannya ke dalam celengan. 

    Dalam kata lain, uang yang tersimpan pada celengan tersebut hanyalah uang dengan nominal 5 ribu saja. Hal ini juga dapat memicu kamu untuk lebih konsisten dan terus menumbuhkan kebiasaan menabung. Walaupun terkesan kecil dan sepele, hasil dari menabung di celengan dengan nominal yang telah ditentukan ini bisa terasa besar di kemudian hari.

  3. Mulai dengan Nominal Kecil

    Tidak harus langsung dengan nominal yang besar, kamu bisa membiasakan diri untuk menabung di celengan dengan nominal uang yang kecil saja. Jika memutuskan untuk melakukan cara di atas, kamu bisa menabung uang lembaran 2 ribu atau seribu, bahkan uang receh sekalipun. 

    Yang terpenting adalah batasi atau sesuaikan nominal uang yang ingin ditabung dengan kondisi keuangan. Jangan paksakan untuk menabung dengan nominal uang yang terlalu besar hingga ada kebutuhan pokok yang tak bisa terpenuhi. 

    Namun, hindari juga untuk terlalu memanjakan diri hingga pengeluaran untuk kebutuhan konsumtif, hiburan, maupun jajanan yang terkesan murah cukup deras. Pasalnya, tanpa disadari, pengeluaran kecil tersebut seringkali menjadi penyebab pengeluaran membengkak dan menghambatmu untuk bisa menabung dengan lancar.

  4. Tulis Tujuan Keuangan yang Ingin Dicapai dari Aktivitas Menabung Tersebut

    Menabung uang akan terasa hampa jika tidak ada tujuan keuangan yang ingin dicapai atau kebutuhan yang ingin dibeli. Tanpa adanya tujuan tersebut, menabung hanyalah menjadi aktivitas menimbun harta, dan sering kali kandas di tengah jalan karena minimnya motivasi untuk menjalankannya. 

    Oleh karena itu, agar semangat untuk menabung tidak mudah pupus, kamu bisa menuliskan tujuan finansial atau menempel gambar dari barang yang ingin dimiliki dari jerih payah menabung tersebut. Dengan begitu, setiap kali tergiur untuk mengambil uang yang ada di celengan, kamu akan mengingat kembali pada tujuan awal melakukan aktivitas menabung tersebut. 

    Selain mampu menjadi sumber motivasi untuk terus berusaha menabung, uang di dalam celengan juga akan tetap aman. Maka, tulislah tujuan keuangan di tempat yang mudah dilihat dan berdekatan dengan tempat celengan tersebut tersimpan agar potensi untuk khilaf tidak sampai terjadi.

  5. Letakkan Celengan di Tempat yang Tersembunyi dan Sulit Diakses

    Hal tersebut berguna agar kamu lupa bahwa sebenarnya memiliki tabungan dan tak khilaf membelanjakannya untuk kebutuhan yang tidak sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. 

    Tidak harus sampai menggali lubang dan mengubur tabungan dalam-dalam, kamu bisa menyembunyikan celengan di atas lemari yang hanya bisa diraih dengan menggunakan tangga, di ujung kolong kasur yang tidak mudah digapai, dan sebagainya. Menempatkan celengan di lokasi yang sulit dijangkau akan membuatmu enggan untuk mengambil uang di dalamnya sehingga tabungan akan tetap aman dari hasrat konsumtif yang mungkin saja muncul tiba-tiba. 

  6. Jangan Remehkan Uang Receh yang Ditabung secara Rutin

    Kebanyakan dari kamu mungkin tidak begitu menghargai uang receh nominal 500 atau 200 Rupiah dan sering melupakan atau mungkin tak sengaja membuangnya. Padahal, uang receh tersebut jika dikumpulkan dan ditabung secara rutin bisa menggunung pula. Bahkan, jika konsisten disisihkan dan ditabung, nominalnya bisa digunakan untuk membeli barang yang kamu incar atau idam-idamkan. 

    Sesuai kata pepatah, sesuatu yang dikumpulkan sedikit demi sedikit, jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang, lama kelamaan akan menjadi bukit juga. Itulah hal yang bakal terjadi padamu saat konsisten menabung uang receh yang didapatkan setiap hari. Ketimbang hilang dan terbuang secara tidak sengaja, bukankah lebih baik jika uang receh tersebut masuk ke dalam celengan?

    Jika dibiasakan dalam waktu lama, celengan akan terasa berat juga dan uang receh tersebut bisa menjadi dana tambahan untuk memenuhi apapun kebutuhanmu. 

  7. Jadikan Kisah Orang-Orang yang Berhasil Menabung di Celengan Sebagai Motivasi

    Kamu mungkin pernah melihat postingan yang sempat viral di internet beberapa waktu lalu tentang seorang wanita yang mampu mendapatkan cukup banyak uang hasil dari kebiasaan menabungnya selama bertahun-tahun. Ya, momen tersebut sukses membuat heboh jagat maya dan membuat iri netizen karena uang yang berhasil dikumpulkan di dalam celengan tersebut juga lumayan melimpah dan bisa digunakan untuk membeli barang impian pemiliknya.

    Cerita lainnya, seseorang di Yogyakarta juga pernah membagikan momen serupa di tahun 2018 lalu. Lebih menakjubkan, ia berhasil membeli sepeda motor hanya dengan menggunakan uang receh pecahan 1000 Rupiah yang dikumpulkan di dalam 3 galon air. Setelah dihitung-hitung, ternyata jumlah uang yang berhasil ditabungnya tersebut mencapai nominal 14 juta.

    Nah, kisah-kisah seperti inilah yang mampu menjadi bukti bahwa menabung di celengan masih efektif dilakukan untuk mengumpulkan uang. Karena wadahnya kebanyakan sulit untuk dibuka selain dengan dihancurkan dan bisa dimasukkan uang dengan nominal apapun, celengan terbukti mampu menjadi sarana menabung yang cocok dipilih oleh kamu yang mungkin merasa kesulitan untuk membangun kebiasaan tersebut. 

Baca Juga: Mau Menabung di Dua Rekening Berbeda? Ikuti Tips Berikut!

Jadi, Masih Meragukan Celengan Sebagai Sarana untuk Membiasakan Diri Menabung?

Sudah sejak lama sekali celengan dimanfaatkan sebagai media untuk menyimpan uang sementara dan membiasakan seseorang untuk menabung. Asal tekun dan konsisten, menabung di celengan bisa membantumu untuk lebih mudah meraih tujuan keuangan jangka pendek atau membeli barang impian. Yang terpenting, usahakan untuk rutin memindahkan uang dari celengan tersebut ke rekening bank jika nominalnya sudah cukup besar agar tingkat keamanannya lebih terjamin.

Baca Juga: Jangan Samakan Menabung dengan Investasi, Ini Hal yang Perlu Diketahui