Flashback Jajanan Kekinian yang Sempat Populer di Tahun 2021, Mana Favoritmu?

Di setiap pergantian tahun, tren yang muncul di masyarakat tentu akan ikut datang dan pergi, bahkan kembali, seiring berjalannya waktu. Kalau tidak mengikuti tren yang sedang meninggi di masyarakat, kamu mungkin akan dianggap ketinggalan zaman dan tidak up to date. Salah satu hal yang terus mengalami perubahan adalah tren jajanan kekinian yang digandrungi oleh para kawula muda. 

Sebagai contoh, camilan yang sempat naik daun di tahun 2020 tentu tidak sama dengan yang hits pada tahun 2021 lalu. Walaupun begitu, hal tersebut tidak serta merta berarti bahwa jajanan populer di tahun 2020 akan langsung menghilang karena tergerus zaman. Begitu pula jajanan kekinian di tahun 2021 yang mungkin masih akan terus dicari dan dinikmati di tahun 2022 sekarang ini.

Beberapa dari kamu mungkin juga saat ini merasa kangen dengan jajanan apa saja yang pernah digandrungi di tahun lalu dan ingin merasakannya lagi. Nah, tanpa panjang lebar lagi, simak aneka jajanan kekinian yang sempat trending dan banyak dicari di tahun 2021 berikut ini. Siapa tahu masih bisa dijadikan ide bisnis yang menjanjikan di tahun ini. 

Baca Juga: Daftar Minuman Kekinian yang Bisa Ubah Bad Mood Jadi Good Mood, Cobain Yuk!

Aneka Jajanan Kekinian yang Populer di Tahun 2021 

  1. Corn Dog atau Korean Hot Dog

    loader

    Buat kamu yang menggemari drama Korea pasti tidak asing dengan jenis jajanan kekinian satu ini. Ya, corn dog atau korean hot dog adalah makanan yang populer di Indonesia, atau bahkan di seluruh dunia, berkat salah satu drama Korea bertajuk “Start Up”. 

    Karena kepopuleran drama serial televisi tersebut, banyak orang mulai mencari dan mempraktikkan resep corn dog ini sendiri di rumah. Bahkan, tak sedikit bisnis makanan yang sukses dan berakhir membuka banyak cabang serta franchise dengan menjajakan jenis kuliner yang satu ini. 

    Corn dog sendiri tergolong sebagai jajanan yang dapat dibuat dan divariasikan dengan mudah. Tidak hanya itu, saus untuk menambah cita rasa dari makanan ini juga gampang diracik, serta dapat ditambahkan kentang agar menambah rasa dan membuatnya lebih mengenyangkan. Karena alasan inilah tak sedikit orang kepincut untuk mencoba menggeluti bisnis kuliner yang satu ini serta masih laris manis di pasaran. 

  2. Se’i Sapi untuk Kamu Para Pecinta Daging

    Se’i merupakan kuliner yang berasal dari wilayah Nusa Tenggara Timur. Jenis makanan tersebut pun telah banyak dikenal sebagai jajanan kekinian sebab tak sedikit restoran dan tempat makan spesialis daging yang menawarkan kuliner tersebut. Walaupun di tempat asalnya lebih identik dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging babi, tapi demi mampu menjangkau lebih banyak konsumen, se’i banyak dibuat menggunakan daging sapi.

    Se’i sapi sendiri merupakan daging asap dengan aroma serta rasa yang terbilang unik. Jajanan tersebut biasanya dinikmati bersama dengan berbagai macam sambal, serta ditambahkan dengan nasi. 

    Saat ini, restoran yang menjajakan se’i sapi pun sudah sangat menjamur, tapi tetap tidak pernah sepi peminat. Alasannya karena memang kuliner tersebut memiliki cita rasa ciamik, sehingga masih mampu membuat setiap penikmatnya merasa ketagihan. 

  3. Saus Mentai yang Creamy, Asam, Gurih, dan Sedikit Pedas

    Siapa yang tidak mengenal saus mentai? Jenis pelengkap makanan ini sebenarnya sudah populer dan banyak dinikmati oleh generasi muda sejak tahun 2020 lalu. Tapi, jumlah penikmat dari jajanan kekinian ini belum surut, bahkan masih terus bertambah hingga saat ini. 

    Di dalam negeri sendiri, saus mentai umumnya dibuat dengan mencampurkan beberapa bahan yang tidak sulit untuk ditemukan. Seperti, mayones dan saus tomat. Kamu juga bisa mencampurkan sedikit bubuk cabai atau saus sambal jika ingin menambahkan cita rasa pedas pada saus tersebut. 

    Racikan saus mentai yang biasa ditemukan di Indonesia sebenarnya sedikit berbeda dari tempat asalnya, yaitu Jepang. Sebab, mentai di Jepang dibuat dengan bahan dasar telur ikan kod, lalu dimarinasi, serta dicampur dengan berbagai macam bumbu. Oleh karena itu, jangan kaget jika kamu merasa ada perbedaan antara saus mentai yang ada di Indonesia dan Jepang. 

  4. Rasakan Kembali Kekenyalan Roti Ubi Korea yang Bikin Nagih

    Sempat viral pada tahun 2020 dan 2021 lalu, berapa banyak dari kamu pernah mencoba roti ubi khas Korea yang satu ini? Tidak hanya viral di Indonesia, jenis jajanan kekinian ini juga sempat menjadi tren di negara asalnya, Korea Selatan. 

    Penyebabnya tidak lain karena keunikan yang dimiliki oleh roti ubi yang identik dengan warna keunguan ini. Jika dilihat sekilas dari luar, roti ubi ini tampak selayaknya ubi ungu pada umumnya. Tapi, saat dikupas, baru terlihat bahwa jajanan tersebut merupakan roti dengan tekstur yang lembut dan juga kenyal, serta memiliki cita rasa manis yang khas dari ubi jalar. 

    Untuk variannya sendiri, jajanan ini biasanya diisi dengan ubi. Namun, untuk memberikan kesan premium, kamu juga bisa menjadikan mozzarella sebagai isiannya agar lumer saat disantap. 

  5. Saus Salted Egg Masih Menjadi Primadona Banyak Orang

    loader

    Setara dengan saus mentai, salted egg juga menjadi jenis jajanan kekinian primadona banyak orang di tahun lalu. Bahkan, sampai saat ini, banyak kuliner dan makanan yang masih menjadikan saus salted egg ini sebagai daya tarik utamanya. Alasannya tidak lain karena cita rasa yang dimilikinya sangat unik, serta mampu menggugah selera setiap orang yang menyantapnya. 

    Kepopuleran salted egg di Indonesia sendiri datang dari tren kuliner negara tetangga, Singapura. Banyak wisatawan Indonesia yang pulang dari Singapura dengan membawa camilan rasa salted egg ini. 

    Melansir dari beberapa sumber, jenis saus ini sebenarnya datang dari Tiongkok, dan telah ditemukan berabad-abad silam. Namun, hingga kini, salted egg ini masih terus diinovasikan serta disandingkan dengan beragam makanan guna memberikan pengalaman kulineran yang berbeda bagi para penikmatnya. Jadi, apakah kamu masih ngiler saat mengingat jajanan kekinian ini?

  6. Korean Sandwich yang Menggugah Selera Siapa Saja yang Lihat

    Selayaknya jenis sandwich pada umumnya, makanan ini juga dibuat dengan mengimpit banyak isian berbeda dan topping dengan 2 lapis roti. Yang membedakan adalah isian dari Korean sandwich begitu melimpah dan kaya akan cita rasa yang unik.

    Jenis jajanan ini pun alhasil banyak dipilih untuk sekadar mengisi perut dan mengganjal lapar di kala siang. Umumnya, isian dari Korean sandwich adalah telur, keju, olahan daging, dan juga berbagai macam saus dengan rasa manis dan juga asin. Di Indonesia sendiri, kamu tidak akan sulit menemukan korean sandwich karena ada banyak gerai yang menjualnya di setiap sudut kota. 

  7. Truffle, Bahan Makanan Mewah nan Bergengsi

    Dalam dunia makanan, truffle sebenarnya termasuk sebagai salah satu bahan makanan berkualitas dan biasanya dijual mahal di restoran mewah saja. Namun, seiring berkembangnya zaman, cita rasa dan aroma dari bahan makanan tersebut bisa dengan mudah ditemukan pada beragam jenis kuliner. 

    Alasannya karena saat ini minyak truffle dapat dijadikan alternatif untuk mendapatkan keunikan rasa dan aroma dari jenis jamur tersebut. Biasanya, minyak truffle tersebut digunakan pada jenis makanan yang telah siap saji, seperti, salad, pasta, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, tak mengherankan jika truffle semakin hari semakin banyak memiliki peminat, khususnya para pecinta makanan kekinian.

  8. Burger yang Terus Diminati Hingga Kini

    Siapa yang tidak kenal dengan burger? Hampir semua orang dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, tentu tidak asing dengan kuliner yang berasal dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat Ini. Bahkan, ada banyak brand dan merek kuliner dalam negeri yang berhasil meraih kesuksesan dengan menjajakan jenis junk food ini. 

    Isian dari burger pun bisa dengan mudah divariasikan sesuai keinginan dan selera. Selain itu, asal ahli dalam meracik sausnya, burger bisa menjadi makanan yang pasti digandrungi dan dicari oleh banyak orang.

Baca Juga: 10 Ide Jualan Kekinian, Dijamin Laris Manis!

Jadi, Apakah Kamu Masih Menggemari Jajanan Kekinian 2021 Sampai Kini?

loader

Hidangan yang Menggunakan Saus Mentai

Terlepas dari fakta tren jajanan kekinian yang akan terus berganti seiring berjalannya waktu, semua jenis kuliner yang sempat viral pasti memiliki keunikan dan kelezatannya tersendiri. Bahkan, cukup banyak jenis makanan yang tidak terlibas oleh zaman dan menjadi santapan favorit semua orang dari lintas generasi. Nah, dari daftar jajanan kekinian tahun 2021 di atas, adakah yang masih menjadi favoritmu hingga kini? 

Baca Juga: 5 Kuliner Lezat Kekinian Berbahan Kentang yang Wajib Kamu Coba